Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Dear Anak Elektro, 10 Skill yang Harus Kalian Kuasai

Supaya nggak jadi anak elektro kaleng-kaleng, Anak Teknik ada tips tentang apa saja skill yang wajib kalian miliki.

Untuk menjadi seorang teknik elektro bukan hal yang mudah. Dalam realitanya dihadapkan dengan permasalahan yang kasat mata, bicara tentang rangkaian listrik, jarangan dan sejenisnya. Karena kita ketahui pekerjaan insinyur adalah merencanakan, merancang, mengembangkan aplikasi untuk masyarakat.

Belum lagi era sekarang adalah masuk era IoT, yang mana kebutuhan lulusan elektro akan bertambah. Semua aktivitas akan terdigitalisasi. Jika kamu merasa adalah anak elektro, maka sudah jadi kewajiban untuk memiliki keahlian berikut.

1. Berpikir Kritis

Nantinya lulusan teknik dituntut untuk memecahkan masalah dan mencari solusinya. Salah satu syaratnya adalah apabila memiliki kemampuan berpikir kritis. Anak elektro diharuskan melihat permasalahan dan mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan serta solusi yang dapat digunakan untuk pengembangan lanjut.

2. Dapat membaca dan membuat desain sirkuit

Membaca dan membuat papan sirkuit bagi anak elektro adalah keharusan. Sama halnya dengan anak sipil yang harus bisa membuat dan menggambar dengan AutoCAD. Nantinya pada perkuliahan akan diajarkan cara membuatnya.

Maka sudah layak dan sepantasnya selama kuliah harus menguasai tentang PCB, desain yang digunakan untuk membuat sistem kelistrikan. Jadi pastikan sebelum wisuda kuasai tentang PCB.

3. Mengetahui karakteristik komponen kelistrikan

Selain menguasai PCB, mengetahui sifat dan karakteristik komponen kelistrikan dapat menambah nilai tersendiri. Dapat memapulasi masukan dan keluaran arus adalah salah satu dari jobdesk yang harus dikerjakan.

Manfaat dari mengetahui sifat dan karakteristik komponen kelistrikan adalah dapat mengatisipasi apabila ada kerusakan pada sirkuit. Sehingga memudahkan teknisi untuk memperbaiki atau merakit benda kerja yang diinginkan.

4. Aktif mempelajari hal baru

Insinyur lulusan manapun harus selalu memperkaya dirinya, baik semasa kuliah atau diluar perkuliahan. Sudah bukan rahasia kalau perkembangan teknologi saat ini sangat cepat. Jika nggak cepat tanggap, bisa-bisa tertinggal.

Jika aktif mempelajari hal baru, bukan hanya kita mendapat banyak pengetahuan. BIsa saja mempermudah jenjang karir yang lebih baik serta meningkatkan rasa percaya diri didepan orang lain.

5. Komunikasi interpersonal

Kemampuan komunikasi adalah hal krusial dalam segala aktivitas. Karena waktu kuliah atau kerja kita harus berkomunikasi dengan orang lain, beda cerita jika ngobrol dengan mesin.

Maka dari itu penting untuk berlatih ngobrol dengan orang lain. Kita harus bisa bedain ketika sedang ngomong dengan teman, dosen, atasan, klien serta orang yang baru kita temui. Memiliki keahlian komunikasi adalah senjata yang banyak dicari di perusahaan manapun.

6. Kemampuan mengorganisir

Hidup berorganisasi mengharuskan setiap orang dapat mengatur waktu, membuat prioritas dan menrencanakan apa saja yang hendak dikerjakan. Jika sudah hidup dalam organisasi maka yang terjadi adalah setiap saat selalu berada di bawah tekanan.

Ada baiknya sewaktu masih kuliah mulailah belajar untuk mengorganisir segala kegiatan baik akademik maupun non akademik. Hal pertama yang dapat dilakukan adalah membuat timeline apa saja yang dikerjakan selama seminggu.

7. Problem solving

Dimanapun tempat kita berada, kita perlu dapat mengindentifikasi masalah dan mencari solusinya, apalagi yang berurusan dengan teknik. Khususnya pada teknik elekto akan dihadapkan dengan permasalahan kelistrikan yang terkadang sulit terselesaikan.

8. Matematika dan Fisika

Setelah menyelesaikan kuliah teknik elektro, matematika dan fisika harus dibawa sampai kapanpun. Bukan hanya berurusan dengan angka-angka saja, nantinya lulusan elektro harus mampu menyelesaikan permasalahan praktis dengan matematika dan fisika.

9. Mampu berinovasi

Sebagai seorang insinyur elektro haruslah haus dengan inovasi. Melihat perkembangan teknologi yang masif menjadi salah satu penyebabanya. Jika nggak mampu melahirkan inovasi, bisa-bisa kalian tertinggal sama yang lain.

Enaknya berinovasi di dunia engineering adalah nggak ada batasan desainnya harus sempurna. Yang terpenting adalah rancangan yang dibuat dapat berfungsi dengan baik. Pada akhirnya desain akan menyesuaikan ketika kita sudah menjadi lebih baik dari sebelumnya.

10. Bisa coding

Ternyata bukan hanya anak IT yang harus bisa coding, anak elektro juga bernasib serupa. Pasalanya nanti waktu ngerjain proyek akan dihadapkan dengan coding seperti C/C++ atau menggunakan MATLAB buat penggunaan analisa sistem, data dan merancang sirkuit dan sejenisnya.

Kalo diperhatiin, kelihatannya berat banget. Tapi nggak usah khawatir selama mau belajar perlahan-lahan dan bertahap. Nantinya kerasa sendiri manfaatnya.

Sumber : careeraddict.com | electronicslovers.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”