Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Demi Ekspedisi ke Bulan, NASA Membuat Kompetisi Membuat Toilet dengan Hadiah Mencapai 500 Juta Rupiah!

NASA mengumumkan akan melakukan ekespedisi ke Bulan pada tahun 2024. Salah satu persiapannya adalah membuat toilet untuk awak kru astronot. Nggak tanggung-tanggung NASA berani bayar 500 juta bagi siapa saja yang bisa bikin toilet

NASA berencana melakuakan pengiriman manusia ke Bulan pada tahun 2024. Berbagai hal dipersiapkan NASA supaya pengiriman berjalan dengan lancar. Salah satu persiapannya adalah membuat toilet untuk astronot.

Buang air di luar angkasa menjadi masalah tersendiri karena berada dalam kondisi tanpa gravitasi. Untuk makan saja sudah kesulitan, apalagi urusan kencing.

Pada tahun 1970, NASA telah membuat tolilet dengan memakai tabung namun pada awalnya didesain untuk laki-laki. Alat itu digunakan untuk kencing. Sedangkan buang air besar menggunakan kantong plastik dengan cincin dan nempel dibagian lubang pembuangan.

1. NASA mengundang semua orang untuk mengikuti kompetisi memdesain jamban

herox.com

NASA membuat kompetisi bernama Lunar Loo Challenge untuk membuat toilet yang rencannya akan dipakai astronot ketika mendarat di bulan, bekerja sama dengan  HeroX. Nggak terbatas usia, siapapun boleh mengikuti kompetisi ini. NASA telah menyiapkan uang sampai 500 juta Rupiah untuk pemenang kompetisi.

Syarat utama toilet ini adalah harus bisa dipakai ketika berada di Bulan. Hal ini mengingat NASA merencanakan para astronot akan tinggai selama beberapa hari di Bulan.

2. Toilet harus ramah untuk laki-laki dan perempuan

aworkstation.com

Mengingat misi ini melibatkan astronot perempuan dan laki-laki maka toilet yang dibuat harus ramah lintas gender. Biar bagaimanapun cara laki-laki dan perempuan menggunakan toilet sedikit berbeda, sehingga perlu ada wadah yang dapat memfasilitasi kebutuhan mereka.

"Para astronot ngotot nggak mau memakai kantong Apollo untuk menampung urin dan kotoran lainnya" Ujar Mike Interbartolo, tim pendaratan bulan dari NASA.

Pembuatan toilet harus memperhatikan massa dan gaya, pasalnya toilat harus tahan terhadap mikrogravitasi luar angkasa dan gravitasi Bulan. Dengan kata lain, pada karakteriskit Bulan dengan tetap berada pada dasar permukaan. Hal ini karena gravitasi Bulan sebesar 1/6 dari Bumi.

3. Syarat lainnya adalah harus ringan, mudah dipakai, dan mudah dibersihkan

businessinsider.com

NASA memiliki dua opsi penggunaan toilet bagi astronot. Opsi pertama ialah kencing di dalam cangkir yang telah dipasang kipas, dan mampu menghisap cairan menuju selang. Untuk opsi kedua, mereka harus jongkok di tempat yang tersedia, dan menggunakna kipas untuk memastikan kotoran dapat tersaring dengan baik.

Mengingat hal tersebut, NASA menginginkan toilat yang mudah dipakai, ringan dan mudah perawatannya. Massa toileh sekurang-kurangnya 15 kilogram dengan kapasitas penampungan mencapai 0,12 meter kubik. Dan dapat dibersihkan selambat-lambatnya 5 menit. Mengingat astronot harus menghemat air ketika aroma tak sedap muncul.

NASA melakukan penelitian tentang masalah buang air astronot di luar angkasa. Dari hasil riset mengharuskan desain toilet mampu menampung kencing sebanyak 1 liter per pemakaian dan 500 gram feses per pemakaian. Ia juga harus mampu menerima segala jenis cairan seperti darah menstruasi, muntahan hingga diare apabila ada anggota yang sakit.

"Kami ingin memastikan agar memiliki redundansi yang cukup sehingga ada masalah pada toilet, nggak mengakibatkan kotoran atau urin ke seluruh kabin berceceran dan mencemari hal-hal," kata Interbartolo.

4. Terakhir harus minim bising dan memiliki konsumsi daya yang rendah

travelandleisure.com

Keterbatasan sumber daya mengharuskan toilat yang dirancang mampu beroperasi dengan daya rendah. Konsumsi daya yang dianjurkan kruang dari 70 Watts, dengan tingkat kebisingan kurang dari 60 desibel.

"Walau buang air bukan prioritas pada misi pengiriman ke bulan tetapi jangan sampai menjadi hal yang menyedihkan bagi awak kru yang menjalankan tugas. Kami hanya ingin awak kru tetap nyaman walau jauh dari rumah" Kata Interbatolo

Apakah ada yang tertarik menerima tantangan dari NASA membuat toilet untuk perjalanan luar angkasa? NASA memberi deadline sampai tanggal 17 Agustus 2020.

Sumber : businessinsider.com | space.com | heverge.com | herox.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”