Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Demi Lingkungan Bebas Emisi, 9 Negara yang Melarangan Penggunaan Kendaraan Diesel

Beberapa negara telah menggalakan pengunaan kendaraan listrik. Salah satunya adalah perlakuan denda bagi orang yang ketahuan membawa kendaraan diesel.

Penggunaan mobil diesel mulai diberitakan di berbagai belahan negara di dunia. Namun sebagian negara hanya memberlakukan larangan mobil diesel jenis baru, bukan jenis jadul. Bahkan ada yang memberi denda bagi yang mengunakan kendaraan beremisi.

Di masa depan nanti, beberapa negara sudah mencanangkan pelarangan penggunaan mobil diesel. Hal ini bertujuan untuk mengurangi emisi yang dihasilkan dan menciptakan daerah yang ramah lingkungan.

1. Britania Raya

merdeka.com

Britania Raya telah menegaskan diri untuk melarang penggunaan mobil diesel dan gasoline pada tahun 2040 nanti. Pada tahun 2050, Britania Raya merencanakan agar negaranya bebas dari emisi kendaraan. Dengan kata lain, kendaraan yang boleh melintas adalah kendaraan bebas emisi.

Sejak tahun 2016, 2 juta lebih mobil baru telah teregistrasi dan akan berdampak pada pada penjualan mobil domestik. Hal ini tentu saja dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan bebas emisi di Britania Raya. Sehingga warga Britania Raya dapat menghirup udara segar.

2. Prancis

techcrunch.com

Serupa dengan Britania Raya, Pemerintah Prancis berupaya untuk meninggalkan kendaraan berbahan bakar minyak pada tahun 2040. Tujuan mereka adalah untuk memerangi perubahan iklim.

Setelah 2040, produsen mobil hanya diizinkan membuat kendaraan beremisi rendah seperti kendaraan listrik dan bahan bakar alternatif lainnya. Setelah pemberitahuan ini dipublikasikan, penjualan kendaraan bahan bakar alternatif naik 25% pada kuartal pertama di tahun 2017.

3. Jerman

getbybus.com

Kanselir Jerman, Angela Merkel telah menutup penjualan kendaraan bahan bakar minyak pada tahun 2017 silam. Bahkan beberapa kota di Jerman telah memberlakukan larangan pengunaan mobil jadul dan berpolusi dari jalan.

"Saya belum bisa menyebutkan pasti kapan, tetapi pendekatannya tepat karena jika kita cepat berinvestasi dalam infrastruktur dan teknologi pengisian daya yang lebih untuk mobil listrik, pergantian umum akan memungkinkan secara struktural," katanya kepada tabloid mingguan Super Illu.

4. India

thepienews.com

India merencakan untuk menghapus keberadaan kendaraan diesel pada tahun 2030 nanti. Sebagai gantinya, pemerintah India menganjurkan menggunakan kendaraan listrik dan alternatif lainnya.

Salah satu alasan India memberlakukan aturan tersebut karena kualitas udara yang memburuk dan banyak kota dengan populasi terpadat di dunia. Tentu hal ini dapat terlaksana ketika perekomonian India semakin membaik.

5. Norwegia

adventurous-travels.com

Norwegia juga salah satu negara yang ingin melarang penggunaan mobil diesel. Rencananya Norwegia ingin bebas dari mobil beremisi pada tahun 2025. Sebagai bukti keseriusan pemerintah Norwegia, sebanyak 40% mobil listrik dan hibrida telah dijual sejak tahun 2016 silam.

Tahun 2018. sebanyak 135.000 kendaraan listrik telah terdaftar di sana. Pada tahun 2020, negara tersebut menargetkan memiliki 400.000 kendaraan listrik yang seliweran di jalanan.

6. China

nzte.govt.nz

Chine telah mengumumkan pelarangan pengunaan mobil berbahan bakar minyak pada tahun 2017. Namun pemberlakuan ini belum merata, beberapa wilayah telah memberlakukan mobil listrik. Provinsi Hainan merupakan salah satu wilayah yang nggak menjual mobil berbahan bakar minyak.

Dikutip dari thefuturescentre.org "Hainan, dengan populasi lebih dari 9 juta penduduk, bertujuan untuk sepenuhnya menghilangkan ICE di provinsi itu pada tahun 2030 dan dengan cepat memasang infrastruktur pengisian EV untuk mencapai tujuannya."

7. Taiwan

straitstimes.com

Taiwan adalah negara yang berencana menghentikan penjualan kendaraan berbahan bakar minyak pada tahun 2035 untuk motor, dan 2040 untuk mobil. Hal ini dikarenakan membebaskan dari emisi kendaraan berbahan bakar minyak.

Dikutip dari roadtraffic-technology.com "Pada tahun 2018, pemerintah menekankan bahwa larangan itu tidak akan mempengaruhi kendaraan bertenaga bahan bakar fosil yang ada, dengan itu hanya diberlakukan untuk mobil dan sepeda motor baru. Diperkirakan bahwa sepeda motor dan skuter terdiri dari dua pertiga dari kendaraan terdaftar negara itu, yang berdiri di lebih dari 20 juta. "

8. Belgia

fullsuitcase.com

Walau belum memberlakukan pelarangan, beberapa kota di Belgia telah melakukan inisiatif pembatasan pengunaan kendaraan berbahan bakar minyak. Brussels, salah satu kota di Belgia mengumumkan jika melarang semua kendaraan diesel pada taun 2020.

Brussels telah memberlakukan zona emisi rendah dan memberlakukan denda sebesar 350 Euro bagi yang melanggar. Namun kebijakan ini belum diberlakukan di seluruh Belgia.

9. Jepang

en.japantravel.com

Untuk menciptakan lingkungan bebas emisi, Pemerintah Jepang berkerja sama dengan Toyota, Nissan dan Honda untuk memproduksi kendaraan listrik demi menciptakan negara bebas emisi pada tahun 2050.

Kerjasama ini juga bertujuan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca kendaraan hingga 90% dari level 2010 di tahun 2018.

Sumber : interestingengineering.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”