Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Destinasi 10 Negara yang Terbaik Untuk Kuliah Teknik

Di luar negeri banyak perguruan tinggi yang bagus dibidang teknik. Di antaranya merupakan dedengkot dari perkembangan ilmu teknik

Engineer merupakan penggerak perubahan teknologi dan kehidupan sosial. Perubahan dari benda yang sederhana sampai dengan kompleksitas tinggi. Tidak dipungkiri bahwa engineer merupakan pondasi dari peradaban manusia. Jika ingin jadi penggerak kehidupan maka belajar adalah kewajiban.

Untuk menjadi engineer, maka memilih tempat studi yang tepat dan terakreditasi. Apalagi jika mendapat kesempatan belajar ke luar negeri. Faktor-faktor seperti akreditasi, reputasi dan jaringan alumni yang luas menjadi alasan utama. Terutama kampus yang memiliki publikasi ilmiah terbaik.

Dari 195 negara, ada 10 negara dengan perguruan tinggi bidang teknik terbaik dunia. Siapa tahu setelah belajar disana, kamu bisa jadi Tony Stark

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat merupakan salah satu negara dengan ladang inovasi teknologi. Apple dan Microsoft adalah segelintir dari inovasi dari negaranya Donald Trump. Apalagi sistem pendidikan di Amerika Serikat sudah disesuaikan dengan kebutuhan industri. Sistem pendidikan yang kuat membuat hubungan baik antar universitas dengan industri.

Berdasarkan QS World University Rankings, untuk bidang teknik, Massachusetts Institute of Technology (MIT) merupakan destinasi belajar teknik terbaik saat ini. Selain MIT disusul oleh Universitas Stanford, Universitas Harvard, University of California (Berkeley), Universitas Michigan dan CalTech.

2. Inggris Raya (UK)

Rumah dari Pangeran Charles juga masuk dalam negara dengan pendidikan teknik terbaik. Inggris terkenal dengan studi teknik di bidang otomotif dan aerospace. Pergurruan tinggi yang terkenal diantaranya Universitas Cambridge, Imperial College London dan Universitas Oxford.

3. Singapore

Untuk daerah asia tenggara, Singapore merupakan daerah favorit untuk belajar teknik. Hal ini karena negara Singapore sedang gentol mencari dana untuk sektor sains dan teknologi. National University of Singapore dan Nanyang Technological University adalah pergoruan tinggi favorit di bidang teknik.

4. Jerman

Jerman masih menjadi tempat favorit pemburu beasiswa studi. Berkaca dari sejarah, Jerman adalah rumah bagi perkembangan sains. Mulai dari Einsten, Oppenhimer, hingga mesin-mesin industri yang berasal negara tersebut. Jerman memiliki tempat dengan fasilitas teknik terbanyak di dunia.  RWTH Aachen University merupakan tempat terbaik untuk studi baik tingkat sarjana atau master.

5. Jepang

Selain terkenal dengan bintang bokepnya, Jepang bisa dibilang sebagai surga teknologi dan inovasi. Negara kecil tanpa sumber daya alam ini mampu mengangkat perekonomian dengan teknologi dan jadi pusat perkembangan teknologi dunia. Toyota, Sony, Honda adalah beberapa brand dari Jepang yang dikenal dunia.

Sistem pendidikannya terkenal memiliki etika dan etos kerja tinggi. Alasan itulah yang mampu melahirkan teknologi diberbagai bidang seperti otomotif, robotika dan lain-lain. Perguruan tinggi yang terbaik dibidang teknik adalah Universitas Tokyo.

6. Swiss

Swiss terkenal karena teknik mesin dan elektro yang bagus. Swiss Education jadi salah satu tempat kuliah favorit disana. Uniknya lagi, Swiss merupakan peleburan karena menggunakan 4 bahasa resmi yaitu jerman, perancis, italia dan romansch. Kampus favorit falkutas teknik disana adalah ETH Zurich (Swiss Federal Institute of Technology) dan Ecole Polytechnique Federale de Lausanne.

7. China

Chna menjadi tujuan untuk studi bidang teknik karena banyaknnya pabrik dan industri yang naik pesatChina menjadi tujuan tepat untuk belajar Metalurgi, Otomotif, Konstruksi, Pertambangan dan Manufaktur. Tsinghua University merupakan tempat favorit karena masuk 20 besar QS World University Rankings di bidang teknik.

8.Itali

Itali sudah menjadi penggerak revolusi teknologi pada era Renaissance, era dimana perkembangan sains dan teknologi berkembang pesat. Dampak dari Renaissance adalah Itali menjadi motor revolusi industri di Eropa. Itali juga memiliki fasilitas studi teknik terbaik untuk penelitian. CERN dan Politecnico di Milano adalah segelintir tempat terbaik untuk belajar teknik.

9.Australia

Australia terkenal dengan sektor pertambangan dan manufaktur terbaik. Sistem pendidikan disana lebih menekan pada penelitian, pelatihan dan pengalaman magang. Australia juga menjadi rumah state-of-art dalam menghasilkan insinyur. Tempat terbaik untuk belajar teknik di Austraia adalah University of Melbourne dan the Monash University.

10. Korea Selatan

Selain terkenal dengan negara oplas, Korea Selatan juga jadi kompetitor teknologi negara-negara barat. Macan Asia ini adalah rumah bagi perkembangan teknologi, inovasi global. Samsung, LG dan Hyundai adalah brand asal Korea Selatan yang sudah mendunia. Tempat terbaik di Korea Selatan untuk belajar teknik adalah  Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) dan Seoul National University.

https://gineersnow.com/engineering/10-best-destinations-study-engineering-abroad

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”