Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Diprediksi Ramai Peminat Hingga 2024, 6 Lulusan Teknik Ini Paling Banyak Dicari

Lulusan ini masih dibutuhkan diberbagai perusahaan hingga tahun 2024. Faktor gaji, pertumbuhan lapangan kerja dan prospek kerja menjadi faktor yang menentukan ramainya lowongan.

Keinginan semua mahasiswa di Indonesia adalah memiliki pekerjaan setelah lulus kuliah. Ditambah dengan pertumbuhan infrasturktur semakin baik, membuat lulusan teknik banyak dicari perusahaan baik negeri atau swasta. Tentu saja disesuaikan dengan spesialisasi dan kebutuhan.

U.S. News menggunakan data Biro Statistik Tenaga Kerja A.S untuk melakukan metode seleksi. Tujuan dilakukan ini adalah untuk memberikan gambaran pada mahasiswa teknik perbandingan intuitif dari profesi berdasarkan faktor-faktor seperti gaji, jumlah lowongan, peluang karier berkembang dan pemenuhan karier.

Dari daftar yang sudah masuk, bidang tersebut dianalisis untuk dimasukan ke kategori pekerjaan terbaik pada tahun 2016. Pemberian peringkat dengan menggunakan tujuh indikator berserta persentasenya : gaji (30%), tingkat pekerjaan (20%), volume pertumbuhan 10 tahun (15%), persentase pertumbuhan 10 tahun (15%), prospek kerja (10%), tingkat stres (5%), dan work-life balance (5%).

Berikut 6 lowongan kerja teknik yang masih favorit sampai 2024. Apakah program studimu salah satunya?

1. Kartografer

Kartografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang pembuatan peta. Orang yang melakukan adalah kartografer. Sebagain orang bertanya, kenapa kartografer masih dicari sedangkan sekarang sudah ada Google Maps?

Kenyataannya justru bidang teknik masih membutuhkan jasa kartografer untuk membuat peta interaktif zaman now, layanan berbasis cloud, sumber daya open source, dan peningkatan antar muka dengan pengalaman pengguna desain. Pekerjaan ini membutuhkan kemampuan anasisa dan kreativitas. Yang pertama adalah menuangkan data dalam menemukan tren dan pola, sedangkan yang terakhir adalah mengvisualisasi data dengan desain.

Berdasarkan statistik, dari 2014 sampai 2024, pertumbuhan pekerjaan mencapai 29% dengan membuka 3.600 lowongan pekerjaan dan gali rata-rata sebesar $60,930 per tahun.

2. Teknik Biomedis

Teknik biomedis mempelajari tentang hubungan biologis dengan medis. Pelaku akan mencari solusi masalah biologi dan medis. Pengaplikasian yang beragam, seringkali tumpang tindih dengan pekerjaan dokter dan terapis.

Produk yang dihasilkan dari insinyur biomedis adalah bagian tubuh protestik, perangkat dan sistem bedah, perangkat implan, diagnostik, metode pencitraaan, dan perangkat terapi fisik. Dari tahun 2014 sampai 2024, teknik biomedis berpeluang membuka lapangan pekerjaan sebanyak 5.100 pada tingkat 23% seperti data dari Biro Statistik Tenaga Kerja A.S. Gaji rata-rata lulusan ini mencapai $86,950 per tahun.

3. Teknik Mesin

Teknik mesin masih menjadi primadona walau merupakan keilmuan teknik tertua. Semua mesin di pabrik, sistem pemanas dan pendingin, pesawat terbang, mobil, adalah hasil pekerjaan tangan-tangan insinyur mesin. Mereka melakukannya dalam berbagai tahap, dari perencanaan, perancangan, analisa, pembuatan dan pengujian hingga perawatan bisa dilakukan karena memiliki bekal mekanika, kinematika, termodinamika, dan ilmu material, sambil menggunakan alat-alat seperti AutoCAD dan manajemen siklus hidup produk.

Dimasa sekarang, teknik mesin sudah masuk kepada inovasi pencetakan 3D dan komposit serat karbon, yang mana memperluas wilayah teknik mesin. Dengan melihat pertumbuhan yang mencapai 5% dengan lapangan pekerjaan sebanyak 14.600 lowongan, dtiambah gaji rata-rata mencapai $83,060 per tahun.

4. Teknik Lingkungan

Teknik lingkungan sering dikaitkan dengan pecinta lingkungan. Walau begitu, kerjaannya bukan sekedar tentang hari bumi dan sekadaran lingkungan semata. Pekerjaan teknik lingkungan adalah untuk mencegah, mengendalikan atau memulihkan segala bahaya ke segala aspek lingkungan dengan pendekatan engginering.

Pekerjaan teknik lingkungan meliputi pembuangan limbah, erosi, polusi air dan udara, dll. Biro Statistik Tenaga Kerja memperdiksi adanya 6.800 lowongan yang dibuka dengan persentase pertumbuhan 12,4 %. Gaji rata-rata yang diperoleh  $83,360 per tahun.

5. Teknik Sipil

Teknik sipil merupakan salah satu ilmu tertua dan memiliki wilayah yang luas. Lulusan sipil banyak mencangkup struktural, geoteknik, ilmu material, lingkungan, gempa bumi, sumber daya air, survei, transportasi, perencanaan kota dan manejemen konstruksi. Gampangnya adalak teknik sipil banyak bermain "fisik".

Lulusan teknik sipil bisa mendapatkan pekerjaan dengan berbagai bidang. Diantaranya adalah posisi administratif, desain dan konstruksi, menjadi akademisi hingga masuk instansi pemerintah.

Pertumbuhan lapangan kerja mencapai 8% dari rentang tahun 2014 sampai 2024, dan membuka 23.600 lowongan untuk lulusan teknik sipil dengan rata-rata pemasukan $82,050 per tahun. Selama masih ada permintaan untuk merancang bangunan, maka teknik sipil masih terus dibutuhkan.

6. Arsitektur

Secara teknis artitektur bukan bagian dari engginering, pekerjaan arsitek masih aka kaitannya dengan bangunan dan desain. Tugas mereka adalah menbuat desain yang memiliki nilai estetika dan aman.

Diperkirakan pertumbuhan lapangan kerja arsitek mencapai 7% untuk rentang 2014 sampai 2024, 7.800 lowongan kerja dan gaji rata-rata $74,520 per tahun.

Itu tadi enam bidang yang hngga 2024 masih ramai lowongan. Dari keenam bidang tadi, kamu ada dimana?

Sumber : gineersnow.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”