Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Gandeng Ubisoft, Google Merilis Aplikasi Penerjemah Huruf Hierograf Bernama Fabricus

Sukses menyediakan Google Translate, Google menjajal membuat aplikasi penerjemah Hierograf dengan mengandeng Ubisoft. Kabarnya sih sebagai ucapan terima kasih untuk Assassin Creed Origins

Hierogrif merupakan huruf yang digunakan oleh penduduk Mesir Kuno dalam konteks penulisan. Tulisan tersebut biasa dijumpai pada dinding-dinding piramid atau bangunan lainnya. Hierogrif berasal dari kata 'hieros' berarti suci sedangkan 'glypho' berarti mengukir, dan sudah ada sejak tahun 500 SM.

Kunikan dari huruf hierogrif membuat Unisoft dan Google berkolaborasi membuat kamus terjemahan huruf hierograf. Pada tahun 2017, Ubisoft Hieroglyphs Initiative menjalin kerja sama dengan Google's Arts and Culture dan meluncurkan program tersebut di British Museum. Namun pada tahun ini, Ubisoft memberi pembaharuan terkait alat penerjemahan.

1. Menggunakan machine learning sebagai sarana terjemahan

ancient-origins.net/

Tujuan dari proyek ini adalah mengeksplor kemungkinan penggunaan alogoritma machine learning sebagai penerjamah logograf Mesir Kuno. Beberapa kontributor yang terdibat dalam proyek ini antara lain Berlin-Brandenburg Academy of Sciences and Humanities, Brown and Harvard Universities, Université du Québec à Montréal, Macquarie University serta para ahli sejarah Mesir Kuno lainya yang tersebar di seluruh dunia.

"Proyek ini dibuat sebagai bentuk apresiasi kepada para ahli dan akademisi dalam proses pembuatan gim Assassin Creed Origins sehingga hasilnya sungguh realistis, serta membantu mengembangkan fitur Discovery Tour pada jalan cerita. Kata Ubisoft

Discovery Tour adalah mod yang dibuat agar pemain mendapatkan pengalaman tur interaktif dan edukatif. Mod ini dibuat atas permintaan dari akademisi serta para ahli sejarah.

2. Tersedia juga software penerjemah yang bisa digunakan oleh khalayak ramai

thenational.ae

Terdapat software yang digunakan untuk menerjemahkan bernama Fabricius. Adanya aplikasi ini memungkinkan pengguna bisa upload gambar hierograf dan mencari kecocokan dengan bermacam interpretasi berabad-abad silam berdasarkan basis datanya.

Walau dalam penerapannya untuk aplikatif sederhana, Dr. Alex Woods dari Pusat Australiaologi Mesirologi menambahkan "Mendigitalkan bahan teks yang hingga saat ini hanya ditulis tangan lewat buku akan mengubah persepsi ahli Mesir Kuno sepenuhnya dalam berbisnis"

Harapan dari aplikasi ini adalah agar mempercepat proses pengolahan data. Google berharap kontribusi dari warga dunia agar dapat memperluas basis data mereka untuk aplikasi yang kompeten dengan AutoML mereka.

3. Lebih dari 80.000 gambar hierograf telah diterjemahkan

smalltechnews.com

Menurut Ubisoft, fase akhir dari proyek ini telah direncanakan untuk merilis alat dan permodelan ke komunitas open source supaya dapat berkembang dan semakin akurat dari waktu ke waktu. Selama proyek ini berlangsung, gambar hierograf yang berhasil diterjemahkan mencapai lebih dari 80.000 data pelatihan.

Sumber : interestingengineering.com | hieroglyphicsinitiative.ubisoft.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”