Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Ilmuwan China Membuat Emas Dari Tembaga, Emang Bisa?

Ini tujuannya buat keperluan industri lho ya, bukan buat memperkaya diri. Tembaga dipilih karena ia menyerupai emas.

Ilmuwan China membuat gebrakan dengan mengubah tembaga menjadi emas. Hal ini sudah diterbitkan di jurnal Science Advances. Tujuan dari penemuan ini untuk mengurangi pengurangan logam pada industri dan mengurangi biaya produksi.

Professor Sun JIan dan rekan dari Dalian Institute of Chemical Physics, di Chinese Academy of Sciences di Liaoning, melakukan percobaan dengan menembak target tembaga dengan jet gas argon panas bermuatan listrik. Partikel mengalami ionisasi bergerak cepat melepas atom tembaga dari target. Atom-atom akan dingin dan mengembun di permukaan alat pengumpul yang menghasilkan lapisan pasir tipis.

Setiap butir pasir memiliki diameter berukuran nanometer, atau seperseribu ukuran bakteri. Para peneliti menempatkan bahan tersebut di ruang reaksi dan menggunakannya katalis untuk merubah batu bara menjadi alkohol, proses kimia yang rumit hanya bisa ditangani oleh logam mulia secara efisien.

"Partikel tembaga mencapai kinerja katalitik yang menyerupai emas atau perak" kata Professor Sun Jian

"Hasilnya... membuaktikan setelah diproses, tembaga logam dapat berubah dari 'ayam' menjadi 'burung phoenix' " Kata Sun

Alasan memilih tembaga karena berat dan fisiknya menyerupai emas. Selama berabad-abad menjadi hal yang menarik bagi ilmuwan yang melihatnya sebagai jalan pintas menuju kekayaan. Walau begitu, bahan ini tidak bisa untuk membuat uang emas palsu. Karena kepadatannya masih sama dengan tembaga biasa.

Menurut para peneliti, hasil penelitian ini dapat memberikan keuntungan dan dorongan signifikan bagi industri di China. Tembaga tidak dapat berfungsi sebaik emas pada aplikasi industri, terutama karena ada sedikit elektron, partikel subatomik dengan muatan negatif, yang berdengung di sekitar nukleus.

Elektron in cenderung tidak stabil sehingga tembaga cenderung bereaksi lebih mudah ketika digabungkan dengan bahan kimia lainnya. Metode yang dikembangkan Sun Jian dapat menyuntikkan sejumlah energi ke dalam elektron tembaga dan membuat elektron lebih padat dan stabil.

Menurut peneliti, hasilnya adalah material baru yang memiliki ketahanan suhu tinggi, oksidasi dan erosi.

sumber : businessinsider.com | thesun.co.uk | techexplorist.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”