Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Jika Terpaksa Keluar, Lakukan 5 Cara Ini untuk Menghindari Penyebaran Covid-19 Ketika Berada di Tempat Umum

Selama Covid-19 melanda, pemerintah menutup beberapa tempat demi mengurangi penyebaran virus dan menyuruh untuk tetap di rumah. Tapi jika kamu terpaksa harus keluar karena satu-dua hal. Ada baiknya kamu perhatikan 5 hal ini.

Untuk mengatisipasi penyebaran wabah corona, pemerintah pemberitahuan untuk lebih banyak melakukan aktivitas di dalam rumah. Baik itu belajar, kerja dan melaksanakan ibadah. Tetapi ada sebagian dari kita yang harus pergi keluar rumah karena satu dua hal.

Demi keselamatan bersama, WHO telah meningkatkan resiko penyebaran dan penularan menjadi sangat tinggi. Dan ini berlaku di seluruh dunia, khususnya negara yang memiliki pasien positif corona.

Mengingat penyebaran dapat melalui kontak fisik dan udara, ada baiknya perlu waspada agar dapat mengurangi penyebaran virus tersebut. Hal ini juga membantu pemerintah mengatasi pandemi dunia ini. Jadi apa yang harus dilakukan?

1. Mengurangi kontak fisik dengan orang lain

indiatoday.in

Meminimalisir kontak fisik ketika sedang berada di tempat umum merupakan langkah sederhana untuk mengurangi risiko penyebaran virus. Karena penyebaran virus bsia terjadi lewat kontak fisik tanpa kita sadari. Sebisa mungkin, atur jarak ketika hendak berkomunikasi dengan seseorang.

Menurut Center for Disease Control (CDC) yang merupakan badan dari Departemen Kesehatan dan Layanan Masyarakat Amerika Serikat, untuk mengurangi dampak corona dengan melakukan social distancing. Social distancing diberlakukan sampai kondisi mereda.

2. Selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan

workingmums.co.uk/

Menjaga kebersihan adalah anjuran dari WHO untuk pencegahan virus Covid-19. Bisa dimulai dari mencuci tangan, membersihkan meja dengan desifektan dan area-area lain yang sering dilalui manusia. Untuk saat ini, banyak tempat umum menyediakan hand sanitizer untuk mencuci tangan.

Kebersihan juga harus dilakukan secara berkala demi mengurangi populasi virus. Selalu membersihkan diri sebelum dan sesudah melakukan aktivitas di luar. Sediakan juga kain untuk mengelap meja, kursi dan pintu.

3. Sedia masker dan tisu

axios.com

Masker dan tisu adalah bawaan yang harus ada selama wabah ini berlangsung. Selalu sedia walau kamu dalma kondisi sakit maupun sehat karena kita nggak tahu kapan benda tersebut dibutuhkan. Hal ini karena Covid-19 dapat menular lewat udara.

Selain udara, cairan ini bisa menular lewat benda cair. Air liur dan bersin yang menyentuh di bagian luar tubuh merupakan cara penyebarannya. Maka ketika kamu menemukan air liur di tempat umum segera hindari atau bersihkan dengan tisu.

4. Jangan paksakan diri ketika badan sakit

personneltoday.com

Ketika merasa badan kurang fit, jangan memaksakan diri untuk keluar. Penularan Covid-19 bisa terjadi lewat batuk. Begitu kamu merasa kelelahan atau badan kurang fit, jangan paksakan untuk keluar rumah dan istirahat sampai kondisi kamu kembali fit.

5. Bawa ke ruangan terisolasi jika menemukan gejala corona

foreignpolicy.com

Mengetahui ada orang yang mengidap gejala corona, segera bawa ke ruang yang sepi dari orang lalu hubungi dinas kesehatan agar segera ditangangi. Selama proses berlangsung, perlakukan dia sewajarnya dan jangan berlebihan.

Penangangan virus corona nggak ada bedanya dengan virus lainnya yang sempat menghebohkan dunia. Tetapi karena vaksin belum terdistribusi secara massal, makanya pemerintah dan WHO hanya bisa melakukan pencegahan.

Yang pernting adalah selalu menjaga kebersihan diri selama berada di luar rumah. Karena penyebarannya bisa lewat udara.

Sumber : idntimes.com | glints.com | liputan6.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”