Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Kenapa Anak Teknik Wajib Belajar Kalkulus?

Pertanyaan umum anak teknik diseluruh dunia. Ngapain belajar kalkulus kalau, waktu kerja kan juga nggak kepakai?

Untuk semester awal (kebanyakan) kita sudah dihadapkan dengan kalkulus, mata kuliah yang berkutat pada differensial dan integral. Mata kuliah ini menjadi kuburan kebanyakan anak teknik. Kalkulus juga nantinya nggak mempengaruhi tugas akhir. Jika nggak ngaruh ke tugas akhir kenapa kita harus belajr kalkulus?

Yang harus diketahui adalah kalkulus merupakan cara bantu untuk melatih berpikir seperti seorang insinyur. Kalkulus sendiri merupakan alat bantu pengembangan dari aplikasi matematika, khususnya bidang teknik.Maka dari itu, kita harus memahami bagaiman cara kerja kalkulus. Proses suatu perancangan teknik nggak bisa lepas dari kalkulus. Memang nanti wujudnya berbentuk aplikasi software. Apalagi jika kamu berancana membuat alat untuk tugas akhir, kalkulus masih dibutuhkan jasanya.

Pada akhirnya, suka tidak suka, mau tidak mau kita sebagai anak teknik harus belajar kalkulus. Pasalnya waktu berkarier nanti dituntut memiliki pola pikir yang terasah. Kalkulus membantu kinerja analisa perseneling dalam kepala kita. Pemahaman ini akan berhasil jika kita memiliki pola pikir sama dengan permasalahan tersebut.

Sekali lagi, namanya juga anak teknik, kita harus mempelajari kalkulus. Jadi jangan sampai alergi dengan aljabar, trigonometeri, differensial dan integral. Walaupun waktu kerja nggak akan ditanya tentang turunan parsial tetapi pola pikir kalkulus selalu nyantol kapanpun.

Sumber : gineersnow.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”