Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Ketahui Dahulu 4 Hal Ini Sebelum Mengambil Jurusan Teknik Kimia

Teknik kimia sangat berbeda dengan kimia murni. Dari mata kuliah, prospek kerja dan penempatannya sudah berbeda. Maka dari itu, kenali dulu jurusan teknik kimia sebelum kuliah dimulai

Bagi kalian yang menyukai pelajaran kimia ada tiga pilihan yang bisa dipilih antara lain Teknik Kimia, Kimia Murni dan Pendidikan Kimia. Tetapi kali ini kita akan membahas tentang teknik kimia.

Teknik Kimia masih kalah pamor dengan teknik mesin, teknik industri, teknik elektro, teknik informatika dan teknik pertambangan yang banyak peminatnya. Namun jangan meremehkan teknik kimia, karena banyak bidang industri yang membutuhkan jasa teknik kimia. Lalu seperti apakahg teknik kimia dan starter pack menjadi anak teknik kimia.

1. Teknik Kimia Merupakan Ilmu Rekayasa Yang Memperhatikan Aspek Kimiawi

Sebelum menjadi mahasiswa teknik kimia, kalian perlu memahami apa itu teknik kimia. Teknik Kimia adalah ilmu rekayasa yang mempelajari proses memgolah barang mentah/ senyawa kimia menjadi barang jadi yang memiliki nilai lebih dengan memperhatikan proses-proses kimia. Ini berbeda dengan kimia murni yang hanya menitikberatkan aspek penelitian ilmiah.

Selama kuliah, mahasiswa teknik kimia diharapkan mampu merancang, mengoperasikan, mengendalikan serta melakukan pengembangan pada suatu produk industri.

2. Perkuliahan Teknik Kimia Didominasi oleh Fisika dan Matematika

Menariknya dari teknik kimia adalah mata kuliah bukan didominasi oleh kimia, melainkan fisika dan matematika. Lalu timbul pertanyaan, Kok bisa teknik kimia nggak ada 'kimia'? Sebenarnya nanti tetap diajarkan tentang kimia, tetapi hanya dasarnya saja, itu aja cuma pas awal-awal semester.

Sedangkan matematika dan fisika akan kalian jumpai sampai lulus. Karena mau bagimanapun matematika dan fisika selalu ada di semua jurusan teknik, khusus teknik informatika ada pengecualian di fisika.

Selain matematika dan fisika, teknik kimia juga mengajarkan tentang penerapan dan pengaplikasian kimia serta kelimuan industri.

3. ITB dan UI Menjadi Favorit Peminat Jurusan Teknik Kimia

Berdasarkan QS Top Universities, ITB dan UI masih menjadi favorit untuk jurusan teknik kimia. Maka tidak heran jika nantinya banyak peminat teknik kimia memilih ITB dan UI. Walau begitu masih ada perguruan tinggi lainnya yang memiliki jurusan teknik kimia.

UNDIP, UNS, UB, UGM, ITS, UPN Veteran Yogyakarata bisa menjadi pilihan dikala terlempar dari ITB dan UI. Sedangkan untuk perguruan tinggi swasta yang bisa menjadi rekomendasi adalah UNPAR, UII, UAD atau UBAYA.

4. Prospek Kerja Jurusan Teknik Kimia Bisa di Segala Lini Industri

Lapangan kerja bagi lulusan jurusan teknik kimia sangat luas pada industri kimia seperti industri pertambangan, industri migas, industri makanan, industri semen, industri polimer, industri semen serta industri limbah. Selain sebagai profesional, lulusan teknik kimia bisa menjadi penelliti, dosen, konsultan atau pegawai negeri.

Gaji yang didapat oleh lulusan teknik kimia juga nggak kalah besar dengan jurusan lainnya. Jika bekerja di industri kimia pendapatan perbulannya kisaran 4-8 juta rupiah, sedangkan di industri migas gajinya dapat menyentuh 12-15 juta rupiah per bulan.

Sumber : idntimes.com | youthmanual.com | hotcourses.co.id

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”