Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Masih Sedikit yang Paham Soal Ini, 14 Simbol pada Dashboard Mobil Beserta Artinya

Pada dashboard mobil terdapat indikator lampu bermacam-macam. Setiap lampu yang menyala memiliki artinya masing-masing. Apa sajakah arti dari setial lampu tersebut?

Ketika kita sedang menyalakan mesin mobil, beberapa indikator warna akan menyala. Mula-mula kita cenderung mengabaikan indikator simbol pada mobil. Namun pada saat tertentu kita merasa terganggu karena indikator terebut terus menyala dan tanpa sadar performa mobil jadi berkurang.

Lampu indikator pada dashboard merupakan tanda pengingat bahwa mobil kita sedang bermasalah. Apalagi ketika menggunakan mobil keluaran terbaru maka sistem peringatan telah disediakan oleh pabrikan. Tujuan dibuat indikator tersebut adalah mengingatkan pengemudi bahwa ada bagian tertentu pada mobil yang harus diperiksa.

1. Oil pressure

bramanhonda.com

Simbol oil pressure menunjukan bahwa ada masalah pada tekanan oli. Permasalahan tersebut bisa berupa pompa nggak dapat bekerja dengan baik atau kehabisan oli sehingga tidak terjadi proses pelumasan. Akibat dari kekurangan oli adalah mesin menjadi mudah aus karena kurang pelumasan.

2. Tire pressure warning

autoweek.com

Simbol tire pressure warning mengindikasikan jika ada ban yang memiliki tekanan terlalu tinggi atau rendah. Kendaraan dengan kondisi tekanan ban terlalu tinggi atau rendah sangat nggak bagus dan meningkatkan kerusakan pada mobil. Dianjurkan tekanan ban berkisar 30 sampai 35 psi.

3. Engine temperature warning

carfromjapan.com

Simbol engine temperature warning memperingatkan terdapat mesin yang mengalami overheat. Terkadang tersedia pendingin supaya panas yang dihasilkan mesin dapat dikurangi namun ada hal-hal lain yang membuat mesin tetap panas. Dapat berakibat fakat apabila mesin terus beroperasi dalam kondisi overheat.

4. Traction control

oards.com

Sistem traksi merupakan salah satu bagian dari ABS untuk menunjukan jika ada salah satu roda yang berakselerasi lebih cepat dari roda lainnya. Jika ditemukan ada roda yang tergelincir, sistem akan mengerem sampai kembali ke traksi semula. Sistem ini sangat cocok jika berada di medan lumpur, salju dan berpasir.

5. Anti-lock brake warning

norlangauto.ca

ABS berfungsi apabila ada sistem dalam mobil yang nggak beres. Sistem ABS membuat pengemudi dapat berkendara dengan aman. Indikator lampu ABS menyala ketika ada sistem yang rusak, jika nggak menyala dalam jangka waktu lama maka sistem dalam mobil bekerja dengan baik.

6. Traction control malfunction

carbibles.com

Pada saat lampu traction control malfunction menyala maka terdapat sistem kendali yang rusak atau patah karena suatu hal. Untuk beberapa mobil, pengingat ini sudah tersambung dengan ABS sehingga menjadi satu kesatuan dengan indikator ABS.

7. Engine warning (check engine light)

whichcar.com.au

Lampu ini menyala untuk berbagai indikasi kerusakan atau masalah yang terjadi pada mobil. Indikasi tersebut dapat berupa tekanan oli rendah atau terlalu panas, disisi lain lampu akan menyala jika terdapat tutup gas terbuka, longgar atau retak sehingga gas fluida menguap ke udara.

Apabila menemukan indikasi tersebut, segeralah menepi dan periksa saluran gas serta sistem lainnya. Jika diperlukan bawa ke bengkel untuk diperiksa lebih lanjut dan dicari penyebabnya.

8. Battery alert

motortrend.com

Apabila terdapat masalah pada pengisian baterai kendaraan maka indikator ini akan menyala. Jika diselidiki, permasalahan utama bukan terdapat pada baterai melainkan kabel longgar atau rusak. Dengan kata lain sabuk alternator mengalami kerusakan.

Baterai bisa juga bermasalah jika lampu, jam digital menyala redup. Kalau nggak diberesin bisa-bisa lampu depan mati total.

9. Low fuel indicator

itstillworks.com

Sederhana dari indikator ini adalah ingin ngasih tahu kalau kapasitas bensin sudah menipis. Segeralah mengisi bensin jika bedekatan dengan SPBU.

10. Automatic shift lock / Engine start indicator

paktales.com

Indikator ini menandakan apabila sedang menggeser perseneling atau starter tanpa ngerem. Sistem kunic otomatis akan mengunci kendaraan sampai netral dan menggunakan rem.

11. Seat belt reminder

zoo.com

Tanpa penjelasan lanjut tentu saja indikator ini menyala ketika belum menggunakna sabuk pengaman.

12. Airbag indicator

whichcar.com.au

Airbag berfungsi untuk melindungi pengemudi pada saat kena benturan sehingga memgurangi risiko. Indikator ini akan menyala apabila ada yang nggak beres dengan sistem airbag.

13. Fog lamp indicator

andystransmissionservice.ca

Lampu kabut sangat disarankan pengunaannya apabila jarak pandang kurang dari 100 meter. Lebih dari itu, pengunaan lampu kabut dapat menganggu pengguna jalan lainnya. Indikator ini akan menyala apabila lampu kabut digunakan.

14. Washer fluid indicator

yourmechanic.com

Washer fluid indicator menyala ketika pasokan air telah habis. Dengan demikian perlu dilakukan pengisian ulang pada resevoir yang tersedia.

Simbol-simbol pada indikator mobil bermanfaat ketika kita tahu apa arti dibalik tanda tersebut.

Sumber : vatire.com | mentalfloss.com | newparts.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”