Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Mau Tahu Isi Tas Mahasiswa Teknik? 10 Benda Ini Yang Pasti Ada Didalamnya

Standart mahasiswa disebut rajin untuk tiap falkutas berbeda-beda. Inilah standart mahasiswa teknik disebut rajin

Barang bawaan mahasiswa teknik dengan yang lainnya saat ngampus sangat kontras. Jika mahasiswa tetangga kebanyakan nenteng buku tebal, mahasiwa teknik justru terlihat sebaliknya.

Walau dari luar terlihat kopongan, bukan berarti isi tasnya kosong. Setiap mahasiswa punya keperluan yang berbeda-beda, apalagi mahasiswa teknik. Maka dari itu, apabila kamu membawa 10 barang berikut.

1. Kalkulator

Mahasiswa teknik aliran apapun selalu butuh namanya kalkulator, khususnya kalkulator scientific. Kalkulator scientific bisa melakukan perhitungan yang tidak bisa dilakukan kalkulator pada umumnya. Permasalahan persamaan panjang hingga bilangan kompleks bisa diselesaikan dengan kalkulator ini.

Kalkulator scientific tidak hanya dipakai saat kuliah saja. Sewaktu-waktu, ketika kerja kalkulator ini digunakan ketika tidak ada laptop.

2. Alat tulis

Semalas-masalnya mahasiwa teknik, selalu butuh yang namanya alat tulis. Meskipun hanya satu saja. Fungsinya tentu saja untuk mencatat materi kuliah atau hal-hal lain yang dirasa perlu.

3. Catatan dan fotokopian materi

Mahasiswa teknik juga membutuhkan catatan materi perkuliahan. Kalaupun ujung-ujungnya malas nyatet, minimal punya fotokopian catatan temen atau dari dosen. Fungsinya untuk penyelaman ketika ada kuis dadakan atau ujian dengan sistem buku terbuka.

4. Laptop

Untuk sebagian dari kita selalu membawa laptop ketika kuliah. Kadang-kadang waktu dosen ngajar materinya makai e-book. Sedangkan liat pake smartphone bikin mate pegel. Alhasil, buka dari laptop biar enak ngeliatnya. Dengan laptop juga, bisa langsung cepat cari tau apa yang diomongin sama dosen.

5. Penggaris, busur dan jangka

Untuk mata kuliah tertentu dosen selalu mewajibkan membawa penggaris, busur dan jangka. Mata kuliah yang berhubungan dengan grafik dan gambar pasti butuh tiga alat tadi. Contohnya adalah gambar teknik dan matematika. Karena untuk menggambar sudut dan diameter tidak bisa asal gambar.

6. T-square

T-square kebanyakan dipakai ketika kelas gambar teknik saja. Baik itu teknik arsitektur, sipil hingga mesin. Kegunaan t-square sangan membantu ketika membuat skeksa perencanaan untuk suatu rancangan. Karena t-square sedikit ribet, jadinya hanya ditempel di tas asalkan nggak jatuh.

7. Kertas gambar

Kertas gambar juga salah satu barang bawaan wajib untuk mengikuti kelas gambar teknik. Walau sudah ada AutoCAD, SOLIDWORKS dan Autodesk Revit tetapi dosen perlu mengambil penilaian menggambar dengan tangan.

Maka dari itu sebelum main software, dosen akan mengajarkan gambar manual dan melakukan pengambilan nilai.

8. Buku panduan praktikum

Perkuliahan teknik tidak bisa lepas dari praktikum. Buku praktikum berisi tentang langkah kerja, teori dan panduan praktikum. Hasil praktikum tadi akan dibuat dalam bentuk laporan, yang setiap kampus beda-beda standartnya.

9. Buku Materi Kuliah

Buku materi kuliah juga hal krusial yang harus dimiliki mahasiswa teknik. Pasalnya kebanyakan dosen mengacu pada buku engineering yang sudah ada. Jadi mahasiswa hanya perlu mencari di perpustakaan atau download.

Hebatnya dari buku ini adalah terdapat tabel yang isinya kumpulan konstanta dari materi tertentu. Jika kamu tidak punya buku ini maka kamu kesulitan memahasi apa yang dosenmu terangkan.

10. Sampah

Pikiran yang berantakan dapat diartikan isi tasnya juga berantakan. Terkadang mahasiswa teknik tidak keberatan kalau didalam tasnya penuh sampah. Sampah-sampah tadi bisa berupa bungkus makanan, sisa contekan hingga fotokopian materi semester lalu.

Dari 10 barang tadi, manakah yang ada didalam tas kamu. Jika ada semuanya maka kamu adalah mahasiswa yang rajin versi teknik.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”