Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Mengapa Anak Teknik Perlu Belajar MATLAB?

MATLAB merupakan software pemrograman dengan pendekatan matetatika.. Penggunanya beragam mulai dari kelompok akademis hingga professional, khususnya orang teknik. Dan kebutuhan akan MATLAB juga banyak

Selain belajar AutoCad dan SolidWork, Matlab merupakan salah satu software yang jarang dilirik namun punya potensi besar untuk penggunanya. Keutungan dari belajar Matlab adalah kamu dapat menyelesaikan masalah komputasi dengan pendekatan visual dan pemrograman.

Matlab sendiri adalah singkatan dari MATrix LABoratory, karena pemakaiannya menggunakan dasar matriks. MathWorks mengembangkan aplikasi ini dengan lingkungan komputasi matriks.

Baik ilmuwan maupun insinyur dapat menggunakan Matlab karena memiliki berbagai tools yang dapat memebri solusi permasalahan industri. Ditambah dengan banyaknya library mampu membantu menyelesaikan permasalahan dengan pendekatan matamatika.

1. MATLAB dibuat untukl membantu permasalahan teknis

thelocal.com

Program studi seperti teknik, matamatika terapan dan fisika sering memasukan MATLAB sebagai materi kuliah praktikkum. Bahkan dalam ranah kerja mereka sering membutuhkan insinyur dan ilmuwan dengan kompetensi MATLAB.

Walau berbasis program, MATLAB dirancang dapat membantu menyelesaikan masalah lapangan. Sangat berbeda dengan lulusan informatika yang berfokus pada teori pemrograman, sedangkan para insinyur dan ilmuwan menggunakan untuk mencari solusi permasalahan di lapangan.

2. Memiliki ribuan referensi belajar MATLAB

pexels.com/@pixabay

Mengingat pemakainnya banyak diterapkan pada industri, sehingga beberapa universitas memasukan MATLAB sebagai salah satu mata kuliah. Hal ini juga dibuktitan dengan lebih dari 1500 buku referensi untuk kamu belajar.

Setiap buku referensi nggak hanya menyajikan teori semata, namun ada latihan soal dan contoh penggunaan dalam bidang industri. Tak jarang kumpulan referensi digunakan untuk peneliti dan pelaku industri sebagai rujukan untuk penelitian dan problem solving.

3. Alur kerja (workflow) telah terintegrasi

pexels.com/@divinetechygirl

MATLAB bisa melakukan tindakan otomatisasi jalur dari tahap penelitian hingga produksi pada sebuah industri, hal ini dapat mengurangi kesalahan dan faktor lain yang menghambat pekerjaan seperti miskomunikasi pada saat mengutarakan ide perancangan pada berbagai divisi.

4. Toolboxes dikembangkan secara professional

mathworks.com

Pengujian tollboxes pada MATLAB dilakukan dengan ketat, dengan harapan semua komponen dapat bekerja dengan baik serta berfungsi sebagai mana mestinya. Hadirnya toolboxes mampu mempelajari dan menerapkan teknologi tertentu, serta mampu mengintegrasikan lingkungan komputer paralel, GPU dan pembuatan kode C.

Contoh dari toolboxes yang tersedia antara lain, Neural Network Toolbox, Financial Toolbox, Control System Toolbox, dan Signal Processing Toolbox.

Terdapat pula program dengan user interface dengan mengotomasikan pekerjaan atau kalkulasi. Contoh dari penerapan aplikasi interaktif ialah Matematika, komputasi keuangan, coding, visual komputer dan pemrosesan gambar, serta desain dan sistem kendali.

5. Telah dipercaya oleh banyak kalangan

pexels.com/@buro-millennial-636760

Masalah pekerjaan di Tesla, Amazon, dan Facebook dapat terselesaikan, salah satunya dengan bantuan MATLAB. MATLAB juga dipercaya untuk berbagai macam tugas mulai dari pengiriman pesawat luar angkasa hingga tugas-tugas laporan perkantoran.

Mengingat reputasinya cukup tinggi maka Anak Teknik melalui Anak Teknik Academy memberikan kesempatan untuk kamu belajar dan mengembangkan skill MATLAB untuk bekal di dunia industri.

KENAPA HARUS IKUT TRAINING INI:

- Salah satu Online Training Terbesar di Indonesia !

⁣⁣- Tempat berkarya dan menjual karya !

⁣⁣- Tempat Networking dan komunitas belajar yang baik

⁣⁣- Sertifikat nasional

⁣⁣⁣⁣- Bebas konsultasi bersama expert

⁣⁣- LIVE Training selama 2 hari dan Support SELAMANYA!

FASILITAS TRAINING :

- LIVE Training selama 2 Hari (Total durasi 6 jam)

⁣⁣- WA Group Support

⁣⁣- Ebook Exclusive

⁣⁣- Konsultasi dan Bimbingan

⁣⁣- Challenges Berhadiah

⁣⁣- Kesempatan mendapat project

Apa saja yang akan kamu pelajari?

- Pengenalan MATLAB (Fitur, toolbar, window tampilan)

⁣⁣- Membuat program sederhana (Basic Command dengan variabel sederhana)

⁣⁣- Operasi matematika ( Menggunakan variabel berbentuk vektor dan matriks pada MATLAB

⁣⁣- Operasi relasional (<,>,>=~) dan logika (and, or) pada matlab

⁣⁣- Membuat program iterasi sederhana dengan if/else, while, dan for

⁣⁣- Membuat plot grafik 2D pada MATLAB (line, bar, scatter)

⁣⁣- Menggunakan fungsi untuk membuat program interpolasi sederhana pada MATLAB

⁣⁣- Membuat aplikasi sederhana dengan MATLAB GUI

⁣⁣ "YA SAYA INGIN JOIN, BERAPA INVESTASINYA?"

Cukup dengan 95 Ribu saja OTOMATIS pertemananmu dan CARA PANDANG kamu berubah!  ⁣⁣⁣⁣Coba ingat kembali berapa uang yang anda habiskan untuk nongkrong gak jelas.⁣⁣

Masih mau nunda?

Kami hanya batasi 150 peserta tercepat saja! Dan saat ini kami sudah umumkan ke puluhan ribu orang diluar sana!!!Sebelum Menyesal, ⁣⁣AMANKAN SEAT Anda dengan isi Biodata dibawah !!!

Langsung KLIK DISINI <<<== sebelum tempatmu direbut sama orang lain!

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”