Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Penemu Kalkulator Telah Meninggal Dunia, Berikut Perjalanan Karier Jerry Merryman

Jerry Merryman memang nggak punya gelar sarjana tetapi ia mampu membuat banyak insinyur di Texas Instruments hormat padanya. Dan penemuannya masih bisa kita rasakan sampai sekarang

Dunia teknologi kembali berduka karena Jerry Merryman, salah satu penemu kalkulator telah wafat. Beliau menghembuskan nafas terakhir di usia 86 tahun pada tanggal 27 Februari di rumah sakit daerah Dallas. Ia meninggal karena komplikasi penyakit jantung dan gagal ginjal.

Ia dengan dua orang temannya ditetapkan sebagai penemu kalkulator dan mendapatkan penghargaan Nobel. Rancangan purwarupa kalkulatornya sekarang tersimpan di Museum Nasional Sejarah Smithsonian, Washington . Jerry Merryman sendiri lahir pada tanggal 17 Juni 1932 di Hearne, Texas Tengah.

1. Sejak kecil sudah bisa mengutak-atik benda elektronik

Jerry Merryman Jerry Merryman sejak usia 11 tahun sudah bisa mereparasi radio dan mencari uang dari situ.  Dia membaca buku berjudul Radio Engginering karya Frederick Terman dan mempelajarinya secara otodidak.

"Dia akan mengumpulkan uang untuk pergi ke bioskop di sore dan malam hari dan polisi akan membawanya keluar ... karena radio mereka rusak dan dia memperbaikinya," kata istri Merryman, Phyllis Merryman.

Ia juga pernah duduk di bangku kuliah di falkutas oseanografi dan meteorologi, Texas A&M University. Sayangnya ia nggak menyelesaikan studinya. Sebelum berkarier di bidang teknologi, ia bekerja di pangkalan minyak di Teluk Meksiko sebagai pengukur kekuatan angin topan.

2. Masuk Texas Instruments pada usia 30 tahun

Karier teknologi ia mulai pada usai 30 tahun ketika diterima kerja di Texas Instruments. Texas Instruments adalah perusahaan teknologi terbesar di dunia yang sudah berdiri selama tahun 1930an. Pada tahun 1965, ia bersama James Van Tassel dan Jack Kilby diminta oleh petinggi perusahaan unutk membuat kalkulator praktis dan mudah dibawa kemanapun.

Dia selesai merancang sirkuit dasarnya kurang dari tiga hari dan Texas Instruments meluncurkan produknya dua tahun kemudian. Inilah momen yang mengubah cara pandang orang tentang aplikasi matematika sehari-hari.

Merryman mengatakan kepada NPR "All Things Considered" pada 2013, "Saat itu akhir 1965 dan Jack Kilby, bos saya, mempresentasikan ide kalkulator. Dia memanggil beberapa orang di kantornya. Dia mengatakan, ingin memiliki semacam perangkat komptasi, mungkin untuk menggantikan aturan slide. Akan lebih baik jika itu adalah buku kecil yang saya miliki di tangan saya. "

"Saya pikir waktu itu kita hanya membuat sebuah kalkulator, tapi ternyata kami membuat revolusi elektronik," tambah dia.

3. Kalkulator pertama yang diberi nama CAL-TECH memiliki 18 kunci

Kalkulator pertama yang dibuatnya bersama dua orang lainnya memiliki 18 kunci dan dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan mencetak hasil hitungan dengan kertas kecil. Barang ini masuk pasar pada tahun 1970 setelah mendapat lisensi dari Canon, berlabel seharga $400.

Kalkualtor yang dibuatnya sekarang menjadi koleksi di Museum Nasional Sejarah Smithsonian, Washington. Dan paten pertama diajukan pada tahun 1967. Setelah beberapa dekade, kalkualtor berevolusi menjadi perangkat yang lebih sederhana dan sudah dibuat versi digital oleh perusahaan ponsel.

Itu merupakan kalkulator mini pertama yang memiliki kekuatan komputasi yang sama dengan mesin hitung jaman dahulu, yang sebesar mesin tik, mahal dan harus dicolokkan ke sumber daya. Kalkulator kecil menjadi di mana-mana dan bagi banyak orang itu adalah alat genggam pertama yang pernah mereka miliki

4. Jerry Merryman memutuskan pensiun pada tahun 1994

Setelah bekerja selama 30 tahun, Jerry Merryman memutuskan untuk pensiun dari Texas Instruments. Walau sudah pensiun, ia masih dimintai tolong untuk memberi konsultasi pada Texas Instruments.

Semasa hidupnya, Jerry Merryman dikenal sebagai orang yang humble. Ia selalu merasa dirinya dibawah bayang-bayang teman-temannya, khususnya Jack Kilby. Bahkan dibalik kapasitasnnya sebagai engineer, ia juga memiliki selera humor yang bagus.

Saya memiliki gelar Phd. dalam ilmu material dan saya kenal ratusan ilmuwan, profesor, pemenang hadiah Nobel dan sebagainya. Jerry Merryman adalah pria paling cerdas yang pernah saya temui selama ini. Benar-benar luar biasa cemerlang, ”kata Vernon Porter, mantan kolega dan teman TI. "Dia memiliki ingatan yang luar biasa dan dia memiliki kemampuan untuk mendapatkan formula, informasi, pada hampir semua bidang."

Sumber : kumparan.com | nytimes.com | bloomberg.com | edition.cnn.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”