Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Pertama Di Dunia, Abu Dhabi Membuka Universitas Artificial Intelligence Pada Tahun 2020

Menyambut hadirnya AI di masa depan, Abu Dhabi membuat univesitas khusus AI yang akan dibuka apda tahun 2020. Universitas ini merupakan pertama di dunia.

Artificial Intelligence merupakan pembahasan menarik untuk keadaan saat ini. Karena di masa depan semua kegiatan manusia akan berbasis dengan artificial intelligence. Hal ini juga yang dilakukan oleh Abu Dhabi dengan membuka universitas artificial intelligence tahun 2020 dan menjadikan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis AI.

Mohamed Bin Zayed University of Artificial Intelligence (MBZUAI) adalah lembaga perguruan tinggi untuk penelitian AI tingkat pascasarjana di Abu Dhabi, dengan membuka program master dan PhD.

1. Universitas ini terbentuk dari hasil kerja sama dengan Institut di Abu Dhabi

thenational.ae0

Nama MBZUAI diambil dari nama Putra Mahkota Abu Dhabi, Syeh Mohamed bin Zayed Al Nahyan. Universitas ini dapat terwujud berkat kerja sama dengan Inception Institute of Artificial Intelligence di Abu Dhabi, yang bertugas sebagai penasihat untuk kurikulum akademik.

Sebagai universitas yang berfokus pada AI, tujuan MBZUAI adalah untuk menarik siswa di seluruh dunia untuk memajukan teknologi dan mendorong upaya divertifikasi ekonomi Abu Dhabi. Pihak pendiri menjanjikan fasilitas mengakses sistem AI tercanggih di dunia.

Untuk menggenjot daya saing dengan negara-negara maju lainnya, pihak universitas menawarkan beasiswa penuh, tunjangan bulanan, asuransi kesehatan dan akomodasi bagi seluruh siswa.

2. Pembentukan universitas dilandasi oleh pertumbuhan bisnis global

thenational.ae

Perusahaan analisis Industri Garner menyatakan nilai bisnis global yang berasal dari AI diprediksi mencapai $ 3,9 triliun pada tahun 2022. Dalam beberapa tahun kedepan, penggunaan AI akan berguna untuk mendukung data science dan aplikasi berbasis algoritma terdiri dari 44% dari total penggunaan. Dengan demikian, perlu dilakukan promosi pendidikan lewat AI.

Berdasarkan konsultan bisnis PwC, Pada tahun 2030, AI diperkirakan akan menambah 14% ke PDB dunia, yang nilainya setara $ 15,7 triliun. Sedangkan menurut Oxford Insights, Unit Emirat Arab menempati peringkat 19 dalam kesiapan penggunaan AI dalam pemerintahan.

3. Kampus MBZUAI menawarkan tiga jenis spesialisasi AI

thenational.ae

Walau berlokasi di Abu Dhabi, kampus ini terbuka untuk mahasiswa dari penjuru dunia yang ingin mendalami tentang AI. Kampus ini memiliki enam program Master dan Doktoral dengan menyertakan beasiswa penuh. Kampus ini memiliki program studi dengan tiga jenis spelisiasi yaitu Machine LearningComputer Vision, dan Natural Language Processing.

Pendaftaran sebagai mahasiswa akan dibuka pada Agustus 2020 dengan ijazah harus dilaporkan sebelum Agustus 2020. Dan kelas pascasarjana pertama akan dibuka pada September 2020.

Tenaga pengajar di MBZUAI merupakan orang-orang yang kompeten dalam bidangnya seperti Profesor Michael Brady, dosen pencitraan onkologis dari Universitas Oxford; Prof Anil Jain, dosen di Universitas Negeri Michigan; Dr Kai-Fu Lee, seorang eksekutif teknologi dan pemodal ventura yang berbasis di Beijing; dan Prof Daniela Rus, direktur Institut Ilmu Komputer dan Laboratorium Kecerdasan Buatan Massachusetts Institute, Profesor Andrew Chi-Chih Yao, Dekan Institut Ilmu Informasi Interdisipliner di Universitas Tsinghua di Beijing dan Peng Xiao, CEO Group 42.

4. Adanya kampus ini diharapkan mampu membuka peluang berkarier

thenational.ae

Universitas AI berbasis penelitian "akan membawa ilmu disiplin AI ke garis depan, membentuk dan memberdayakan para pelaku perintis kreatif yang dapat membawa ke era pemberdayaan AI yang baru" kata Sultan Ahmed Al Jaber, Menteri Negara UEA, sekaligus Ketua Dewan Pembina MBZUAI.

Menurut Prof Brady sebagai Plt Presiden MBZUAI, setelah berapa dekade melakukan penelitian tentang Machine Learning dan Artificial Intelligence membuat manusia berada dalam titik balik dalam penerapan kecerdasan buatan secara luas. Evolusi ini akan menciptakan peluang karier yang baru untuk seluruh sektor di masyarakat.

Karena perkuliahan dimulai tahun depan, jika ingin mendaftar maka persiapkan diri agar bisa belajar AI di Abu Dhabi.

Sumber : interestingengineering.com | themanufacturer.com | thenational.ae

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”