Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Robert Downey Jr. Mengumumkan Akan Membuat "Jarvis" Untuk Membersihkan Bumi

Setelah Endgame, ia kembali lagi menjadi Tony Stark dan ingin menghidupkan kembali JARVIS dengan memakai nanoteknologi.

Sukses sebagai Iron Man/Tony Stark, gak lantas membuat Robert Downey Jr. lepas begitu saja. Setelah menjadi fenomenal di Avengers:Endgame, ia mengumumkan ingin membuat A.I untuk membersihkan bumi.

Belum lama ini, Robert Downey Jr. (RJD) berbicara di konferensi Amazon Re: Mars di Las Vegas untuk mengumumkan penggunaan nanoteknologi dan robotika untuk membersihkan bumi.

RJD bekerja sama dengan yayasani bernama Footprint Coalition untuk membuat proyek tersebut. Sedangkan situs baru menampilkan pendaftaran untuk buletin di masa depan, tetapi RJD mendapatkan bantuan dari PBB sehingga yayasannya dapat mulai beroperasi pada April 2020.

Harapannya ia bisa fokus dalam proyek sosial ini, secara dalam beberapa tahun kedepan belum ada tawaran bermain film, apalagi film-film skala besar.

"Antara robotika dan nanoteknologi, kami dapat membersihkan planet ini secara signifikan, jika tidak sepenuhnya, dalam 10 tahun,"kata Downey Jr, menambahkan bahwa ia telah berbicara dengan para ahli tentang rencana tersebut, menurut Variety. "Ya Tuhan, aku mencintai para ahli. Mereka seperti Wikipedia dengan cacat karakter."

RJD menegaskan ia telah terinspirasi untuk meluncurkan inisiasif setelah merefleksikan dampak yang ia dapatkan selama di Bumi, ia menggambarkan dirinya seperti "one-man-carbon-footprint-nightmare-colossus"

Lalu yang menjadi pertanyaan bagaimana nanoteknologi dapat memperbaiki lingkungan?

Para peneliti sedang mengeksplorasi bagaimana caranya nanoteknologi dapat memanipulasi dirinya pada level atom dan molekul untuk melindungi serta mengatasi perubahan iklim berlebihan.

Beberapa contoh diantaranya adalah meningkatkan efisiensi panel surya, menghasilkan lebih sedikit polusi selama pembuatan, membersihkan tumpahan minyak dan membuat material yang lebih kuat dan ringan.

Salah satu aplikasi yang paling potensial yang paling menarik untuk nanoteknologi, yang berhubungan dengan lingkungan ialah bagaimana mengubah CO2 menjadi produk dengan bahan nano.

Arun Chattopadhyay, anggota fakultas kimia di Pusat Nanoteknologi, Institut Teknologi India Guwahati, mengatakan kepada Scientific American, "Nanomaterial dapat mengubah karbon dioksida menjadi produk yang bermanfaat seperti alkohol."

"Bahannya bisa berupa katalis kimia sederhana atau fotokimia di alam yang bekerja di hadapan sinar matahari."

Forbes mencatat kekayaan "Tony Stark" mencapai  $ 81 juta, cukup untuk memulai untuk merapikan dunia.

Jadi tunggu saja bagaimana RJD kembali berperan jadi Tony Stark dan menyelamatkan dunia tanpa memakai infinity gauntlet.

Sumber : goodnewsnetwork.org | bigthink.com | independent.co.uk

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”