Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Salah Satu Topik Obrolan yang Bisa Menyatukan Orang Mesin, Sipil dan Elektro Ketika Sedang Ngumpul Bareng, Apakah itu?

Kalau sedang ngumpul, kamu biasanya ngomongin hal apa? Karena sekarang lagi sudah ngumpul, kita mau kasih bocoran satu topik yang bisa dipakai untuk ngobrol sama orang mesin, sipil dan elektro. Topik apakah itu?

Ketika ngumpul bareng, banyak informasi dan topik obrolan yang keluar pada saat itu. Obrolan bisa bergulir seperrti bola salju. Yang pada awalnya ngobrolin pertemanan bisa melompat sampai pemerintahan hingga masalah percintaan. Namun ada topik obrolan tertentu yang dapat menyatukan berbagai macam lapisan.

Dalam ilmu rekayasa terdapat satu topik yang mampu menyatukan berbagai macam aspek. Namanya adalah MEP (Mechanical Electrical Plumbing). MEP merupakan disiplin ilmu yang melibatkan sistem perpipaan, HVAC, fire fighting, sulpai air dan alat transportasi dalam gedung.

1. MEP melibatkan pemain dari berbagai macam disiplin ilmu

abovegroupinc.com

Pembahasan MEP nggak semata-mata melibatkan orang sipil dan arsitek. Keberhasilan MEP juga melibatkan obrolan dari mesin dan elektro. Biar bagaimanapun, sebuah gedung dapat berfungsi apabila dapat memenuhi kebutuhan manusia.

Seorang investor nggak mungkin menghamburkan uang dan membayar kontraktor untuk mendirikan gedung kosong tanpa fungsi. Sebuah gedung dikatakan dapat berfungsi ketika terdapat sistem listrik, saluran udara serta sistem aliran air. Tanpanya, gedung tersebut hanyalah setumpukan beton yang tersusun rapi.

2. Obrolan soal MEP masih sedikit

tlc-engineers.com

Salah satu alasan mengapa MEP jarang jadi topik obrolan adalah popularitasnya masih kalah pamor dengan industri pertambangan serta migas. Kedua industri tersebut masi menjadi primadona karena menawarkan gaji fantastis dan terlihat prestisius. Sebagai informasi, industri pertambangan dan migas berani ngasih gaji sampai dua digit untuk fresh graduate.

Walau MEP sepi pemain tetapi kehadirannya nggak bisa disangkal. Alasannya adalah karena manusia membutuhkan air untuk minun, udara untuk bernafas dan cahaya untuk membantu pekerjaan. Semua kebutuhan tersebut hanya dapat diwujudkan oleh pemain MEP.

3. MEP bisa jadi peluang karier bagi kalian yang gagal kuliah sipil

bergmannpc.com

Walau teknik sipil sering diidentikan dengan kontruksi gedung, bukan berarti kalian nggak bisa berkarier di bidang konstruksi. Kembali lagi, sebuah gedung dapat berfungsi apabila dapat memebuhi kebutuhan manusia. Mengingat sipil memiliki keterbatasan, maka mereka mengundang orang mesin dan elekkto untuk mengisi kekosongan tersebut.

Dalam konteks mesin (mekanikal) dapat menyediakan suplai air, saluran udara, fire fighting dan alat transportasi dalam gedung. Sedangkan elektro membarikan suplay daya listrik agar semua komponen mekanikal tadi dapat beroperasi dengan baik. Bisa dipastikan gedung tersebut bisa dikatakan berfungsi dan memiliki arti.

Mengingat akan pentingnya MEP untuk kelangsungan kehidupan manusia, Anak Teknik lewat Anak Teknik Academy menyediakan tempat untuk kamu yang tertarik belajar tentang MEP. Selama dua minggu, kamu bisa belajar dan mengenal lebih jauh soal MEP dan bagaimana cara bermainnya.

Pada kelas bernama MEP Plumbing & HVAC with AutoCAD akan didampingi oleh Jaka Samudra, Untuk kelas online ini kamu diajak untuk menyelami dunia MEP serta mengenal bagaimana lingkungan kerja dan membuat desain MEP dengan AutoCAD.

Kenapa aku harus ikut kelas ini??

Sebagai salah satu kelas online teknik terbesar di Indonesia, kami memberikan wadah untuk kamu belajar tentang MEP agar wawasanmu semakin luas. Bisa membangun jejaring dengan professional maupun amatir. Sepanjang kelas selalu full praktek.

Apa Keuntungan yang aku dapatkan kalau ikut kelas ini??

Enaknya mengikuti kelas ini adalah materi pembelajaran berupa video dan dapat diputar ulang sewaktu-waktu. Kamu akan dikumpulkan dalam satu grup untuk saling sharing dan menbangun relasi. Selain itu, kamu bisa konsultasi langsung serta memiliki e-book tentang MEP sehargga 200k

Mengingat e-book MEP sangat terbatas, kami hanya menyediakan untuk 100 pendaftar pertama.

Kalau mau daftar harus kemana dan berapa biayanya?

Kamu hanya perlu berinvestasi sebesar 130 ribu saja sudah bisa bergabung kelas online ini. Apabila kamu sudah yakin untuk bergabung dengan kelas ini, segeralah mendaftar! Persediaan terbatas hanya untuk 150 orang.

Untuk informasi lebih lanjut dan registrasi, bisa klik DISINI

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”