Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Sebelum Masuk Dunia Profesional, 5 Skill Komputer yang Harus Dikuasai untuk Bekal Ketika Bekerja

Selain IPK, salah satu modal untuk kerja adalah kemampuan menggunakan aplikasi perkantoran. Percuma kalau akademik bagus, aktif organisasi tapi gaptek.

Setelah menyelesaikan jenjang sarjana, kita pasti mikir mau kerja seperti apa dan dimana? Untuk bisa mendapatkan pekerjaan, selain IPK tinggi juga harus didukung skill penggunaan komputer. Saat ini hampir semua pekerjaan manusia dilakukan dengan komputer.

Kita nggak bisa menampik jika sekarang semua aktivitas dapat dilakukan secara digital. Bahkan bagi kalian yang bukan anak TI sekalipun. Karena trend beberapa perusahaan besar ialah fleksibilitas, yang artinya semua pekerjaan bisa diakses secara remote.

1. Microsoft Outlook

bleepingcomputer.com

Microsoft Outlook merupakan aplikasi yang mengolah jadwal pribadi seperti email dan jadwal aktivitas harian. Walau nyatanya sering digunakan untuk mengirim pesan elektronik, tapi bisa juga buat mencatat informasi-informasi penting.

Dengan menggunakan Microsoft Outlook, kamu bisa luwes untuk urusan mengirim email ke klien, bikin jadwal harian dan mencatat hal-hal yang penting. Kamu nggak mesti jadi admin untuk mempelajari software ini, orang awam juga bisa karena ada skill dasarnya.

2. Microsoft Excel

lifewire.com

Microsoft Excel juga harus kamu kuasai ketika masih kuliah. Aplikasi ini sangat berguna ketika berurusan dengan penelitian yang memuat banyak data. Mulai dari tabel, grafik dan pengolahan data. Apalagi kamu yang mahasiswa teknik, nantinya ketika pengambilan data mau nggak mau harus diolah dengan aplikasi ini.

Maka dari itu, Excelnya dibuka lagi dan pelajari rumus-rumus yang sering digunakan supaya nggak kaku kalau diminta makai Excel. Karena nantinya semua kalkulasi digunakan dengan Excel, bukan nyontek jawaban teman sebelahmu.

3. Google Suite

9to5google.com

Jika kamu suka dengan pekerjaan yang fleksibel maka Google Suite merupakan aplikasi yang membantu. Salah satu fiturnya yang banyak dipakai adalah Google Drive. Google Drive merupakan aplikasi penyimpanan data berbasis awan yang tersimpan di google server.

Google Drive dapat membantu ketika mau ngerjain skripsi tapi lupa bawa laptop dan flashdisk. Ketika kamu menyimpan data di Google Drive, kamu bisa buka kembali datanya di manapun selama ada sinyal internet. Apalagi kalau urusannya dengan pekerjaan penting, Google Drive bisa membantu.

Selain itu, Google Suite juga dilengkapi dengan fitur-fitur lainnya seperti Google Doc, Google Calender, GTalk dan aplikasi lainnya dari Google.

4. Search Engine Optimization (SEO)

business2community.com

Semua perusahaan menginginkan nama mereka berada di top survey pencarian. Masuk pada halaman pertama saja berpotensi banyak dikunjungi oleh netizen. Untuk itu, perlu menentukan kata kunci yang kemungkinan dipilih ketika melakukan pencarian dengan mempelajari SEO.

SEO adalah ilmu, artinya bisa dipelajari oleh semua orang. Caranya adalah dengan mengikuti pelatihan dan mencari informasi tentang SEO.

5. Penggunaan Sosial Media

pexels.com

Selain untuk komunikasi, sosial media bisa juga digunakan untuk keperluan bisnis dan self branding. Kita harus tahu kapan waktunya untuk mengunggah konten, membaca tren dan fungsi hastag, cara membuat konten dan cara membagikan konten.

Kemampuan ini bisa dipelajari dengan membaca tentang penggunaan sosial media. Ketika bisa mengolah sosial media dengan baik maka secara nggak langsung kita mendapatkan banyak keuntungan.

Ternyata kemampuan yang kita dapat semasa kuliah masih belum cukup untuk bekal kerja. Hardskill dan softskill masih belum kuat apabila belum bisa menguasai lima aplikasi tersebut. Perlu diingat, jaman sekarang aktivitas pekerjaan bisa diakses secara online, dan banyak kantor menawarkan jam kerja fleksibel dan remote.

Sumber : hipwee.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”