Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Sebelum Merancang, 7 Tips Pemilihan Pompa Ini Bisa Membantu

Pompa merupakan alat yang dapat memudahkan kita mendapatkan dan memindahkan air. Untuk kalian yang sedang TA tentang pompa, hal ini perlu diperhatikan

Pompa merupakan alat yang berfungsi memindahkan fluida dari satu tempat ke tempat lain dengan mengkonversi energi mekanik menjadi konetik. Energi mekanik digunakan untuk meningkatkan kecepatan, tekanan dan elevasi. Pompa banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan industri.

Banyak indikator yang menentukan pemilihan pompa. Saking banyaknya indikator, kita pasti kebingungan mau milih yang mana. Pada kesempatan ini kita akan membantu kalian ketika ingin membeli pompa, ada tujuh hal yang harus diperhatikan. Apa saja itu!

1. Process liquid properties

Langkah pertama ketika mencari pompa adalah sifat-sifat fluida apa yang mau dialirkan. Karakteristik fluida seperti apa yang hendak dipompa? Ada 8 karakteristik fluida yang harus dipertimbangkan yaitu suhu, viskositas, tekanan uap, gravitasi spesifik, sensitivitas geser, presence of solids, abrasive atau non-abrasive.

2. Bahan konstruksi yang digunakan

Selalin indikator, bahan yang digunakan juga harus diperhatikan. Apakah material tersebut kompatibel dengan cairan apa pun ketika disambung pompa dan termasuk cairan proses? Cara mengetahuinya adalah dengan melihat grafik kompatibilitas kimia untuk tahu apakah sesuai dengan konstruksi yang dibutuhkan.

3. Durasi pemakaian pompa

Ketiga merupakan durasi pemakaian pompa, kita tahu pompa berkerja dengan memindahkan dari tekanan tinggi ke tekanan rendah, atau sebaliknya. Jika pemakaian pompa membutuhkan waktu singkat dan mudah dilepas maka pilihkan pompa yang murah. Sebalinya jika penggunaannya untuk waktu lama dan permanan maka pilihkan pompa yang sedikit mahal.

4. Kondisi pompa masukan

Kondisi pompa masukan (inlet) mempengaruhi tekanan saluran masukan yang berasal dari tekanan pemasok air atau tekanan air yang diciptakan dari jika booster diambil dari tangki pecah. Tekanan saluran bisa bernilai positif atau negatif. Namun, tekanan masuk negatif terjadi ketika booster harus menyedot air dari tangki yang ditempatkan di bawah booster.

Untuk mengetahui tekanan pada pompa masukan dengan NPSH (Net Positive Suction Head). Fungsi NPSH untuk mengetahui jumlah tekanan masuk pompa dan tekanan uap cair. Selalu pastikan juga nilai NPSHa (Net Positive Suction Head available) melebihi nilai NPSH pompa.

5. Lingkungan pompa

Lokasi penggunaan pompa juga menjadi hal krusial, apakah itu ditempat terbuka atau tertutup. Jika penggunaan pompa di luar, maka perancangan atau konstruksi harus memperhitungkan nilai suhu beku. Jangan sampai pompa nggak bisa bekerja karena membeku akibat suhu rendah.

Apabila menggunakan pompa di area berbahaya yang mengandung debu atau gas yang mudah terbakar, maka perlu fitur motor khusus. Itu adalah beberapa pertimbangan pemakaian pompa di lingkungan tertentu.

6. Sumber daya

Sebagus dan semahal apapun pompa kalau nggak ada sumber daya maka dia nggak berfungsi. JadI perlu untuk meperhitungkan berapa kapasitas daya yang digunakan? Setiap negara punya kapasotas daya berbeda-beda.

Daya keluaran yang paling umum di AS sebesar 115 sampai 230 Volts / 1 fasa / 60 Hz atau 230 sampai 460 Volts / 3 fasa / 60 Hz. Di luar AS terdapat motor khusus yang digunakan dengan baterai DC. Selain itu, oli bertekanan hidrolik atau udara kompresibel bisa untuk menyalakan pompa.

7. Tekanan dan laju aliran

Volume total dan menentukan waktu yang dibutuhkan untuk memindahkan fluida akan menentukan laju aliran pompa. Untuk mengetahuinya dapat menghitung tekanan diferensial pompa dengan memperhitungkan peralatan sistem pompa (katup, filet, dll), kerugian akibat gesekan, ukuran pipa dan lift statis.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktro tadi, kita bisa mengetahui dan merancang pompa apa yang kita butuhkan. Karena dalam teknik, segala sesuatu perlu perencanaan sebelum perancangan.

Sumber : gineersnow.com | hydraulicspneumatics.com | pumpschool.com | grundfos.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”