Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Selain Dilarang Berpolitik, 10 Aturan Ini Wajib Dilakukan Oleh Seluruh Kru Formula One

Sebagai salah satu industri balap dengan banyak peminatnya. Terdasapt beberapa kewajiban yang harus ditaati oleh seluru pelaku industri mulai dari pembalap, mekanik hingga seluruh karyawan.

Kompetisi Formula One adalah salah satu kompetisi balapan yang paling bergengsi di dunia. HIngga saat ini, Formula One masih menjadi kompetisi roda empat kelas kakap. Baik dari pembalap sampai tim mekanik sama-sama bersaing untuk menjadi yang terbaik di kelasnya.

Dibalik kompetisi yang bergengsi, ada peraturan ketat yang ditaati oleh seluruh tim tanpa terkecuali. Mulai dari pembalap sampai mekanik harus menaati aturan dan berintegritas dalam pekerjaannya. Jika tidak, resiko terbesarnya adalah dipecat.

1. Utamakan keselamatan

autocarindia.com

Keselamatan adalah hal paling penting untuk seluruh tim Formula One. Khususnya tim mekanik yang selalu siaga di pit stop. Karena mobil selalu datang tiba-tiba maka semua kru harus selalu siap, serta mengutamakan keselamatan karena kecelakaan bisa terjadi di waktu tak terduga.

2. Masuk sembarangan ke garasi

hindustantimes.com

Selain aturan keselamatan, ada area yang nggak bisa dibuka untuk umum. Bahkan karyawan tim nggak diperbolehkan masuk. Hanya mekanik, keluarga pengemudi dan FIA  yang boleh masuk ke garasi. Hal ini bertujuan untuk memastikan keamanan mekanik dan pengemudi ketika balapan berlangsung.

3. Membocorkan isi dapur ke tim lain

autocarindia.com

Setiap tim Formula One telah mengeluarkan uang jutaan dollar untuk membuat mobil balap yang akan digunakan pada perlombaan. Hal ini tentu saja agar dapat meraup keuntungan demi memenangkan kompetisi.

Untuk kru, mekanik dan segenap tim harus memiliki etika yaitu dengan menjaga rahasia mobil mereka sendiri. Bagi tim/ orang yang melanggar akan dihukum keras ketika membocorkan hal-hal teknik ke tim lawan dalam bentuk apapun.

4. Bersikap diskriminatif, hukumannya adalah dipecat

mercedesamgf1.com

Industri Formula One nggak jauh berbeda dari industri pada umumnya, khususnya perilaku diskriminatif. Untuk semua kru haram hukumnya untuk bertindak diskriminatif dalma bentuk apapun.

Jika sampat terjadi, perilaku rasisme, seksisme, perundungan dan hal-hal berbau sara akan dipecat. Jadi industri Formula One sangat nggak cocok untuk orang rasis.

5. Hanya staff resmi yang boleh bicara kepada media

wheels24.co.za

Untuk wartawan yang mau meliput berita tentang tim Formula One, mereka hanya bisa mendapatkan informasi melalui staff remsi saja. Selebihnya pihak Formula One nggak memberi izin.

Untuk wawancara pembalap, biasanya dilatarbelakangi oleh perjanjian kontrak yang mewajibkan pembalap yang finish tiga besar harus menerima wawancara. Tetapi itu hanya terjadi ketika sudah ada perjanjian.

6. Menerima dan memberi suap

autoweek.com

Pelaku industri Formula One harus bersih dari suap-menyuap dalam bentuk apapun. Baik itu uang tunai hingga gratifikasi. Dan aturan tersebut sudah dikembangkan oleh pihak Formula One. Hal ini berlaku juga dengan memberi suap pada tim untuk kelancaran bisnis.

7. Posting sembarangan di sosial media

thenational.ae

Bukan hanya pejabat sana yang postingannya diperhatikan, seluruh tim Formula One mendapatkan aturan yang sama. Karena jejak digital itu kejam maka setiap orang yang kerja untuk tim harus bijak ketika bermain sosial media.

Jika kebablasan dalam bermain sosial media maka reputasi tim tersebut bisa terancam. Bahkan investor bisa mundur perlahan hanya gara-gara postingan sosmed. Karena industri ini membutuhkan uang jutaan dollar agar dapat bertahan.

8. Mau menuruti aturan adat di berbagai negara

thenational.ae

Kompetisi Formula One selalu diadakan di berbagai negara penyelengara. Dengan demikian, setiap kru wajib menaati aturan yang ada di negara tersebut. Tentu tujuannya demi kelancaran kompetisi dan menghindari masalah-masalah administrasi lainnya.

9. Wajib memakai seragam tim

formula1.com

Alasan logis dari seragam adalah karena permintaan sponsor. Setiap sponsor telah mengeluarkan uang banyak untuk tim tersebut, sebagai gantinya tim tersebut harus menaati permintaan sponsor sampai kontrak berakhir. Selain karena bisnis, seragam fungsinya untuk identitas tim.

10. Dilarang mengemukakan pandangan politik didepan politik

edition.cnn.com

Kompetisi Formula One sangat besar massanya, tak jarang mengundang berbagai politisi dunia untuk berpartisipasi. Namun untuk karyawan tim ada aturan sendiri tentang politik. Mereka nggak boleh menunjukan identitas politik di depan publik.

Walau hal politiknya nggak dicabut, tetap hal itu ditaati olehs eluruh tim. Baik itu mendukung anak katak sampai penghuni sarang Batman, jangan sekali-kali menunggah itu di sosial media. Hal ini untuk menjaga citra dari industri Formula One dan tim yang berpartisipasi.

Jika ingin berkarier di Formula One ada beberapa hal yang harus ditaati, jika sampai dilanggar resikonya adalah sanksi hukum hingga pemecatan.

Sumber : thethings.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”