Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Selain Vibranium, Inilah 10 Material Termahal di Bumi

Material-material ini ada yang berasal dari alam dan ada juga dibuat oleh manusia. Material yang termahal, harganya bisa menyentuh triliunan dollar

Di film Black Panther, T'challa adalah raja Wakanda yang memiliki kekayaan melimpah berkat vibranium. Dalam Marvel Cinematic Universe, Vibranium adalah material terkuat dan termahal, harganya mencapai triliunan. Vibranium dimanfaatkannya untuk jadi alat perekonomian Wakanda dan baju perang Black Panther.

Bumi juga memiliki material termahal yang pernah ada. Yang membuat mahal adalah barang yang sulit ditemukan. Untuk satu gram saja harganya mencapai triliunan dollar. Beberapa matarial ada yang langsung diberikan alam dan dibuat oleh manusia. Kira-kira material apa yang nilainya begitu fantastis?

1. Plutonium

Plutonium merupakan material dari hasil peluruhan nuklir Uranium tapi juga bisa dari alam, walau jarang ada kasus seperti itu. Plutonium dapat ditemukan di dalam jantung reaktor nuklir dan satelit penggerak yang membutuhkan pasokan energi jangka panjang. Plutonium menyumbang kira-kira sepertiga dair energi fusi nuklir.

Kekuatan plutonium dapat digunakan untuk perjalanan ruang angkasa. Voyager 1 adalah satelit memakai baterai plutonium yang bisa beroperasi sampai 2025. Untuk harga satu gram plutonium sekitar $6,000.

2. Painite

Harga painite dapat mencapai $ 9.000 hingga $ 300.000 per gram. Material ini merupakan yang terlangka yang pernah ada. Pertama kali ditemukan oleh orang inggris bernama Arthur C. D. Pain di Burma pada tahun 1950.

Painite menjadi material termahal karena memiliki 4 hal yaitu karat, warna, kejelasan dan potongan. Benda ini juga banyak menghiasi busana-busana mewah karena keindahan batu tersebut. Batu ini memiliki daya tahan yang baik sehingga cukup keras untuk menahan abrasi dari pasir dan debu di udara. Selain itu, painite tidak mudah dipatahkan atau dibelah pada bidang permukaan rata.

3. Grandidierite

Grandidierite adalah material terlangka lainnya yang dapat ditemukan dalam batuan metamort dan plutonik. Untuk batu kualitas terburuk saja harganya mencapai $10,000, apalagi kalau kualitasnya bagus. Alfred Grandidier adalah orang pertama yang menemukan batuan ini di Madagaskar pada tahun 1902.

Batu ini memiliki tingkat kekerasan 7,5 yang membuatnya tahan goresan dan cocok untuk dibuat perhiasan. Grandidierte memiliki potongan yang sempurna sehingga sulit dibelah. Warna kebiruannya diperoleh dari banyaknya kandungan zat besi (Fe).

4. Soloris

Soliris adalah salah satu obat termahal yang pernah ada. Untuk satu gram saja bisa mencapai $ 13.880. Negara Inggris dalam setahun mengeluarkan £ 340.200 (sekitar $ 450.000) untuk perawatan. Obat ini sering dipakai untuk mengobati penyakit-penyakit langka.

Soliris atau eculizumab adalah antobodi monokronal. Soloris fungsinya mengikat protein dalam darah yang dapat menghancurkan sel-sel darah merah pada orang dengan kondisi pertahanan sel darah merahnya terganggu. Selain itu, bisa digunakan untuk mencegah pemecahan sel darah merah pada penderita paroxysmal nocturnal hemoglobinuria (PNH).

5. Batu Taaffeite

Taaffeite merupakan batuan langka idaman kolektor. Pertama kali diperkenalkan oleh ahli permata Richard Taaffe pada tahun 1945 di Dublin, Irlandia. Batuan ini hanya ada di Tanzania dan Sri Lanka. Pasokan batu ini sangat terbatas karena tidak cocok untuk faceting.

Taaffeite memiliki rentang warna dari merah ke ungu dan ada yang nggak dianggap dari 10 jenis merah yang ada. Material ini memiliki tingkat kekerasan 8 sampai 8,5 Skala Kekerasan Mosh yang artinya memiliki daya tahan tinggi. Harga taaffeite bisa mencapai  $20.000 untuk satu gramnya.

6. Tritium

Tritium didapatkan dari proses penempaan di dalam jantung reaktor nuklir dengan menyiari logam lithium atau kerikil keramik yang mengandung lithium. Ini juga merupakan nitrogen yang sangat berat. Tritium banyak digunakan untuk bahan bakar senjata nuklir. Tetapi juga banyak dipakai pada benda-benda yang dapat menyala dalma gelap.

Tritium secara umum terbentuk dari dua jenis yaitu alami dan buatan. Secara alami, tritium terjadi karena interaksi sinar kosmik dengan nitrogen atau deuterium di atmosfer lapisan atas, hasilnya adalah tritium dan karbon. Karena gravitasi, Trotoum jatuh ke bumi dan daerah yang terkena hujan tritium memiliki zat radioaktif alami. Sedangkan proses lainnya adalah dengan membombardir nitrogen dalam neutron dengan akselerator atau reaktor nuklir.

Tritium adalah material dengan zat radioaktif kecil yang artinya aman bagi manusia. Sinar beta dari tritium nggak dapat menembus kulit. Untuk satu gram tritium harganya mencapai £ 30.000 (sekitar $  39.270).

7. Berlian

Berlian merupakan material padat dengan tingkat kekerasan 10 skala moh. Berlian banyak dijadikan perhiasan oleh segelintir orang. Untuk satu gram berlian, harganya mencapai $ 55.000 hingga $ 108.000, tergantung bentuk dan karat.

Proses terbentuknya berlian terjadi di dalam kerak bumi dengan diberi tekanan sebesar 725.000 PSI (5.000 MPa) dan perlakuan panas dengan suhu 2.200˚F (1204˚C) pada kedalaman 100 mill (160 km) yang penuh karbon. Karbon juga menjadi bahan untuk membuat batu bara dan intan, hanya struktur kimianya yang berbeda.

8. Californium

Californium dibuat dengan cara membombardir curium dengan partikel alfa. Reaksi ini menciptakan unsur kimia radioaktif dengan nomor atom 98. Harga pasaran californium adalah  $ 10 hingga $ 27 Juta per gram.

Californium banyak dipakai untuk keperluan medis, pendeteksi emas perak dalam bijih serta minyak residu dalam resevoir yang hampir habis. Selain itu, Amerika disinyalir negara yang aktif menggunakan californium untuk keperluan militer.

9. Fulleren Endohedral

Fulleren Endohedral adalah fullerene normal dengan atom, ion atau kluster tambahan di bagian dalam bola. Benda ini pertama kali dibuat pada tahun 1985. Sederhananya, fulleren endohedral adalah sarang atom karbon dengan atom nitrogen yang terjebak.

Fulleren Endohedral harganya sangat mahal karena proses pembuatannya butuh waktu berminggu-minggu untuk 50 miligram saja. Untuk satu gram, kamu harus mengelaurkan uang $ 160 Juta.

10. Antimateri

Antimateri adalah material termahal yang ada di bumi karena hanya bisa memproduksi dalam jumlah kecil. Sampai sekarang ini belum ada cara untuk menyimpan partilkel anti materi. CERN merupakan tempat dimana kita bisa mempelajari antimateri, karena antimateri hanya bisa dibuat di tempat yang memiliki fasilitas teknologi mutahir.

Para ilmuwan percaya antimateri terbentuk dari peristiwa big bang, dari big bang tadi terciptalah massa materi dan antimateri yang sama dengan muatan listrik berlawanan. Ketika kdua partikel bersentuhan, mereka saling menghancurkan diri dan meninggalkan energi dalam jumlah besar. Saat ini, satu gram antimateri harganya berkisar Antara $ 62,5 hingga 100 triliun. Bahkan pernah terjual sampai Antara $ 80 triliun.

sumber : interestingengineering.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”