Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Sembari Mengisolasi Diri, 9 Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan dari Rumah Aja

Daripada gabut karena beberapa tempat ditutup akibat Corona, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan cuma #dirumahaja

Hadirnya wabah covid-19, WHO memberi himbauan pada warga dunia untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, menghindari kontak fisik dan menjaga jarak dengan orang lain. Kebijakan ini juga dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Langkah ini diambil untuk melawan virus Corona.

Salah satu keputusan yang dibuat adalah meminta warga untuk mengisolasi diri dan melakukan aktivitas dari rumah seperti kerja, kuliah, ibadah dan bimbingan skripsi. Tetapi bagi orang zaman sekarang, kelamaan di rumah bisa membosankan karena hanya berdiam diri doang. Supaya nggak terasa bosan selama masa isolasi, ada daftar-daftar kegiatan yang bisa kamu lakukan sampai wabah ini berakhir.

1. Tetap menyelesaikan tanggung jawab seperti biasa dengan membuat jadwal harian

pexels.com/@fauxels

Akibat dari virus Corona, pemerintah memberlakukan kebijakan kerja dari rumah atau work from home. Tujuannya untuk mengurangi penyebaran virus dan membantu petugas kesehatan yang seharian kerja ngurusin pasien.

Walau banyak aktivitas seperti kuliah dan tempat publik dihentikan atau dibatasi, bukan berarti perkuliahan berhenti. Perkuliahan terus berlangsung sampai jadwal Ujian Akhir Semester. Maka dari itu tetaplah beraktivitas seperti sedia kala dan tetap produktif.

Sudah bukan rahasia umum bahwa beraktivitas di rumah banyak godaannya, ada baiknya buat jadwal harian selama masa isolasi berlangsung. Dengan membuat jadwal, kemungkinan besar kamu terhindari dari virus rebahan yang berujuang penundaan tugas.

2. Bersih-bersih rumah

pexels.com/@olly

Jika biasanya kamu jarang menjaga kebersihan karena sering keluar rumah, saat ini bisa kamu manfaatkan untuk bersih-bersih rumah. Mengingat untuk membatasi diri demi pengurangan risiko covid-19.

Pisahkan barang-barang yang masih dipakai sama yang sudah nggak terpakai. Jika perlu, atur ruangan sedemikian rupa sehingga nggak terlihat membosankan. Serta buka jendela agar sinar matahari masuk dan membuat udara segar masuk ke dalam rumah.

3. Marathon nonton film atau serial tv

techcrunch.com

Untuk membantu menghabsikan waktu selama masa isolasi, tonton film, serial tv dan layanan streaming lainnya yang selama ini nggak sempat karena kesibukan. Ajak teman dan keluarga untuk nonton bareng agar nggak mati gaya.

4. Menghubungi teman dan keluarga

pexels.com/@olly

Masa-masa seperti ini bisa kamu manfaatkan untuk menghubungi keluarga atau teman yang sudah lama nggak saling berkabar. Manfaatkan momen ini untuk silahturahmi dan saling bertukar kabar. Kamu bisa ajak video call atau sekadar chatting.

5. Main sama orang rumah

pexels.com/@pixabay

Selain menghubungi orang teman, kamu bisa ajak orang rumah untuk main bareng. Permainananya bebas tergantung apa yang ada, bisa push rank bareng, catur, main kartu atau apapun yang bisa dilakukan oleh banyak orang.

Walau main bareng, tetap juga waspada dan jaga diri sendiri. Jika ada yang sakit atau memperlihatkan gejala sakit, beri mereka jarak untuk istirahat.

6. Belajar skill-skill baru

pexels.com/@julienblt

Masa isolasi bisa kamu manfaatkan untuk belajar hal-hal baru. Lakukan aktivitas yang kamu inginkan sebelumnya dan cari hobi baru. Tutorialnya bisa kamu cari di internet atau mendaftar kelas online.

Khususnya mahasiswa teknik, kalian bisa gunakan masa isolasi untuk belajar software gambar seperti AutoCad, SolidWork dan lain-lain. Tentu kegiatan tersebut bikin waktumu nggak mubazir.

7. Manfaatkan waktu untuk membaca buku

pexels.com/@ariel-castillo-1848921

Dulu kesibukan di luar rumah adalah alasan kamu nggak bisa baca buku. Sekarang alasan tersebut nggak bisa kamu pakai karena covid-19. Dengan kata lain, kamu punya banyak waktu untuk membaca buku.

Manfaat waktu tersbeut untuk membaca buku, khususnya buku yang udah dibeli tapi belum sempat dibaca. Karena membaca buku dapat menambah wawasan. Sekarang banyak variasi buku mulai dari e-book sampai audio book.

8. Olahraga

pexels.com/@olly

Kebanyakan rebahan juga nggak bagus untuk kesehatan karena badan jarang bergerak. Maka kita perlu menggerakan badan setiap hari dengan berolahraga, dan nggak harus pergi ke gym, cukup lakukan gerakan sederhana.

Untuk jenis gerakan olaharaga bisa kamu cari di youtube atau artikel tentang workout. Ada kok gerakan olahraga yang nggak butuh banyak peralatan dan nggak memakan banyak tempat.

9. Tetapi ikuti berita terkait perkembangan virus Corona

pexels.com/@kaboompics

Sembari melindungi diri, tetapkah mengikuti perkembangan terkini tentang covid-19. Karena informasi tersebut penting untuk diikuti. Tetapi tetap juga kritis yaitu dengan melihat sumber yang terpercaya dan selalu mengecek dua kali untuk menjaga keaslian berita.

Yang terpenting bagi kita sekarang adalah tetap santai dan selalu menjaga diri. Perkara main dan nongkrong bisa ditunda sampai pandemi ini reda.

Sumber : idntimes.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”