Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Sering Salah Kaprah, Tanda E di Indikator Bensin Bukan Berarti Empty

Masih banyak yang berpikir kalau huruf E pada indikator bensin artinya Empty. Padahal bukan itu lho artinya, mau tahu apa artinya?

Kendaraan buatan pabrik terdiri dari kumpulan komponen yang digabung menjadi satu benda utuh dan di distribusikan ke konsumen. Setiap komponen pasti memiliki fungsinya tersendiri, bukan hanya pelengkap atau wujud artistik.

Salah satunya adalah tanda "E" pada spidometer. Dalam indikator bensin terdapat dua huruf yaitu "F" dan "E". Asumsi kebanyakan orang adalah tanda "F" berarti fuel dan "E" berarti empty. Anggapan ini nggak sepenuhnya salah, namun ada baiknya kita tahu lebih jauh soal rahasia dibalik tanda "E" supaya nggak salah kaprah lagi.

1. Huruf E bukan berarti empty, tetapi emergency

vatire.com

Siapa yang berpikir kalau huruf "E" artinya empty, harusnya adalah emergency. Pada sata jarum menuju ke "E", tangki bensin masih terisi sebanyak 10-15% dari total volume tangki. Kapasitas tangki berbeda-beda tergantung asal pabrikan.

Dalam perjalanan, kapasitas bensin motor kamu sudah menuju ke arah "E" artinya masih ada sisa sedikit dan masih bisa jalan selama beberapa kilometer aja. Selebihnya segera cari SPBU terdekat untuk ngisi bensin supaya tangki nggak kering.

2. Karena sudah emergency maka harus segera mengisi bensin

pexels.com/@pixabay

Mengingat tanda "E" adalah emergency, bukan berarti kamu nunggu tangki bensin kering. JIka tangki bensin terus kering maka pompa bahan bakar dapat rusak seiring berjalannya waktu. Sebaiknya segera tangki bensin ketika sudah emergency.

Sekarang sudah tahu kan arti dibalik kata "E" pada kendaraan bermotor. Semoga dengan ini, kita nggak salah kaprah lagi.

Sumber : jogja.idntimes.com | motorplus-online.com | jip.gridoto.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”