Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Tahun 2019, Ilmuwan Mengubah Alat Ukur Satuan Kilogram

Tahun depan alat ukur kilogram sudah diganti dengan yang baru. Untuk yang sedang melakukan penelitian harap diperhatikan!

Mulai tahun 2019, para ilmuwan sudah menyepakati cara baru untuk menentukan satuan kilogram pada hasil rapat yang dilakukan hari jumat  (16/11).

Ilmuwan akan menggunakan pengukuran dengan menggunakan Kibble, alat untuk mengukur akurasi dengan menggunakan energi mekanik dan elektromagnetik. Hal ini dilatarbelakangi karena alat pengukur fisik,  Le Grand K atau K Besar mengalami perubahan atom atau menyerap molekul ke udara. Akibatnya adalah terjadinya perubahan massa sebesar puluhan mikrogram dalam satu abad terakhir.

Alat ukur K besar sudah digunakan sejak tahun 1898. K besar memiliki ukuran 4cm yang terbuat dari 90% platinum dan 10% iridium. Alat ini dibuat di London dan disimpan di Sevres, Paris di kantor pengukuran berat internasional, International Bureau of Weights and Measures (BIPM: Bureau International des Poids et Mesures).

Untuk pengukuran kilogram yang baru nggak menggunakan media fisik, yang artinya standar ukuran tak bisa berubah, rusak atau hilang.  Dengan ini, para ilmuwan di manapun  dapat mengukur kilo termasuk mereka yang tak punya akses standar logam K Besar di Paris.

"Pengukuran kembali SI merupakan momen bersejarah dalam pengukuran ilmiah," kata Theodoor Janssen, direktur penelitian laboratorium fisika nasional Inggris, badan yang bertanggung jawab untuk pengukuran berat di Inggris.

Namun perubahan alat ukur kilogram ini nggak akan menganggu aktivitas sehari-hari. Pengukuran ini hanya dipakai pada dunia industri dan ilmu pengetahuan yang membutuhkan pengukuran presisi.

Selain Kilogram, Ampere (untuk listrik), Kelvin (panas) dan Mole (ukuran partikel)  akan diperbarui dalam konferensi berat dan pengukuran, General Conference on Weights and Measures (CGPM), di Versailles, Paris.

Pengukuran kilogram terbaru akan resmi digunakan pada Mei 2019. Pengukuran ini akan menggunakan pompa elektron. Untuk pengukuran Kelvin akan digunakan termometer akustik dan Mole akan diukur dengan alat penghitung atom yang lebih presisi.

Sumber : bbc.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”