Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Tips Cara Membuat Hand Sanitizer Rumahan, Jaga-Jaga Kalau Toko Kehabisan Stok

Kehabisan pembersih tangan akibat wabah corona tapi kamu juga butuh? Terus gimana solusinya, ya bikin sendiri aja. Bahan-bahannya gampang dicari dan mudah pembuatannya.

Mengingat wabah corona yang semakin luas, pemerintah mulai memberlakukan pembatasan gerak demi mengatisipasi penyebaran virus Covid-19. Kebijakan tersebut antara lain ialah membatasi pemakaian fasilitas umum, perkuliahan dilakukan secara daring dan menjaga jarak ketika berinteraksi dengan orang lain.

Akibat dari wabah ini meningkatnya kebutuhan hand sanitizer. Hand sanitizer jadi daftar kebutuhan yang harus ada selama wabah berlangsug. Dengan asumsi jumlah produksi tetap, banyak permintaan menyebabkan kelangkaan barang.

Walau begitu, kita masih bisa menyiasiastinya dengan membuat hand sanitizer sendiri. Bahan-bahannya juga mudah dicari. Dan pastinya berguna ketika kehabisan stok hand sanitizer.

Alkohol merupakan bahan aktif dari hand sanitizer dengan kandungan sediktinya 60% dari total agar menjadi desifektan yang efektif. Untuk resep ini dapat menggunakan 99% isopropil alkohol atau etanol. Selain itu, jangan gunakan jenis alkohol lain karena beracun, dan ketika menggunakan persentase alkohol lebih rendah, khasiat dari hand sanitizer akan kurang efektif.

1. Mempersiapkan bahan dan alat

thespruce.com/

Sebelum membuat hand sanitizer sendiri, tentu harus ada bahan dan alat yang digunakan. Jangan sampai mau membuat tapi kurang bahan dan peralatan. Maka persiapkan bahan dahulu

Untuk bahan-bahan :

  • 2/3 gelas isopropil alkohol 99% atau etanol
  • 1/3 cangkir gel lidah buaya
  • 8 sampai 10 minyak esensial

Sedangkan peralatan yang harus disiapkan adalah

  • Mangkuk dan sendok
  • Corong
  • Botol dengan dispenser pompa/ semprotan

2. Campurkan bahan-bahan

thespruce.com

Ketika bahan-bahan sudah tersedia, campurkan semuanya ke dalam mangkok. Lalu gunakan sendok dan aduk hingga rata.

3. Tuangkan ke dalam botol

thespruce.com

Tuangkan hand sanitizer buatanmu ke dalam botol dengan bantuan corong, lalu mengencangkan botol dan mulai bisa digunakan.

Sumber : thespruce.com | wired.com

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”