Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Wajib Tahu, 13 Situs Referensi Untuk Para Pejuang Skripsi

Salah satu hambatan skripsi adalah bingung cari referensi. Umtuk mempermudah kalian, gak ada salahnya cari dari daftar berikut

Membuat skripsi merupakan kewajiban mahasiswa untuk mendapatkan gelar sarjana. Banyak sekali hambatan yang dihadapi selama proses pengerjaan. Mulai dari sulit japri dosen pembimbing sampai keterbatasan referensi adalah sebagian masalah yang sering ditemukan.

Jaman sekarang kita sudah terbantu dengan hadirnya internet. Jadi nggak alasan bilang nggak punya referensi. Banyak kok sumber referensi yang bagus-bagus di internet. Jika kalian merasa skrpisimu mandek karena referensi, maka kalian datang ke tempat yang tepat.

1. Ebooklobby.com

Ebooklobby.com adalah situs eBook gratisan dan aman untuk PC. Jika situs-situs lainnya menawarkan lebih banyak tam[ilan visual, Ebooklooby.com justru langsung menyodorkan dengan kategori buku yang kalian cari. Dengan begitu memudahkan kalian ketika pencarian

2. Gutenberg.org

Situs ini pada dasarnya dikenal sebagai  “Project Gutenberg”. Disini memiliki koleksi buku yang lengkap dan beragam. Mulai dari buku ilmiah sampai buku yang santai bisa kamu dapatkan.

3. Free-ebooks.net

Situs ini mungkin terdengar asing bagi orang Indonesia, Tetapi yang menarik dari situs ini adalah dapat mengunduh eBook dengan gratis, tapi registrasi dahulu. Gak udah khawatir dengan registrasi, karena waktu mendaftar juga gratis kok.

4. Google Scholar

Salah satu aplikasi dari Google untuk kamu yang ingin mencari referensi karya ilmiah. Google Scholar dapat membantumu mencari jurnal ilmiah yang bisa diakses secara gratis dan memudahkan untuk bahan tugas akhir.

5. Library Genesis

Library Genesis menyediakan e-book dengan format pdf, mobi, hingga ePub. Situs ini menyediakan berbagai referensi dari bermacam-macam disiplin ilmu. Tetapi kekurangan dari situs ini adalah yaitu harus teliti memasukan kata kunci karena filter-nya cenderung nggak akurat.

6. Microsoft Academic

Microsoft Academis bisa jadi solusi jika butuh referensi yang spesifik. Situs ini memiliki fitur yang menjurus ke bisang ilmu yang luas. Pencariannya juga tergolong lebih mudah dan sederhana daripada situs ilmiah pada umumnya.

7. Eureka Pendidikan

Situs ini yang memuat artikel berisi tentang opini dari para ahli. Apabila mau mendapatkan artikel dari situs ini, harus ijin dahulu ke penulis asli.

8. Academia

Academia adalah situs langganan untuk mencari referensi tugas. Banyak penelitian yang dimuat oleh orang lain. Menariknya dari situs ini adalah kita bisa meninggalkan jejak berupa komentar, karena dapat nyambung ke sosial media.

9. Research Gate

Research Gate hampir sama dengan Academia. Situs ini menampung penelitian dari seluruh dunia. Selain itu, ada juga forum yang bisa kalian pakai untuk diskusi dan sharing ilmu.

10. Wiley Online Library

Situs ini memiliki lebih dari enam juta artikel, 1.500 jurnal, 18.000 e-Book yang bisa kalian akses secara gratis. Dan sangat membantu untuk mengerjakan tugas akhir.

11.Indonesian Publication Index

Situs ini bisa kalian gunakan jika ingin mencari artikel ilmiah berbahasa Indonesia. Ini bisa jadi alternatif jika merasa lemah bahasa inggris atau sekedar males bacanya.

12. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Perpustakaan Nasional merupakan situs referensi limiah dari pemerintah Indonesia. Banyak jurnal ilmiah yang bisa kalian download secara gratis. Tetapi syarat pertama yang harus dipenuhi adalah mendaftar jadi anggota dahulu.

13. Science Direct

Science Direct merupakan salah satu situs karya ilmiah yang banyak pengunjungnya di seluruh dunia. Situs ini memiliki 34.000 buku dan 3.500 jurnal. Untuk bisa mengunduh hanya perlu mencari lewat kolom percarian.

Sumber :  idntimes.com | hipwee.com | teknologi.id

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”