Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Wajib Tahu, 6 Tips Untuk Maba Saat Menghadapi Kuliah

Untuk yang bentar lagi kuliah, ada baiknya kalian mempersiapkan diri untuk masuk dunia perkuliahan. Supaya ketika kuliah nggak kaget dengan budayanya.

Mengetahui bahwa kamu melanjutkan kuliah di fakultas teknik merupakan kebanggaan tersendiri. Apalagi yang sudah mempersiapkan diri agar lolos SBMPTN, senangnya nggak karuan. Bahkan fakultas teknik masih jadi rebutan banyak orang.

Persiapan untuk jadi mahasiswa teknik bukan sekedar mengisi pilihan ganda. Lebih dari itu, perlu ada kesiapan tentang informasi yang dapat mendukung perkuliahan. Sedikit bocoran aja, dunia perkuliahan mengharuskan kalian mengurus semua kebutuhan administrasi sendiri.

Masa transisi dari selolah menuju perguruan tinggi nggak bisa dicapai dalam waktu beberapa hari. Satu orang dengan lainnya punya waktunya sendiri untuk beradaptasi, khususnya maba yang hendak mulai kuliah. Tetapi masih ada cara yang dapat membantu kalian berproses menuju dunia perkuliahan.

1. Mengenal lingkungan kampus

Lingkungan kampus sangat berbeda dengan lingkungan sekolah. Kamu akan menemukan banyak hal yang nggak pernah kamu duga sebelumnya, khususnya kuliah teknik.

Sistem pembelajaran di perkuliahan menggunakan sistem SKS. SKS adalah satuan kredit semester, ini dapat menentukan berapa banyak mata kuliah yang bisa kamu ambil selama satu semester. Untuk jadwal kuliah juga nggak selalu mulai di pagi hari, bisa aja mulai dari siang atau sore.

Sedangkan untuk urusan studi, dosen hanya memberikan materi kuliah secara umum. Sisanya kamu harus belajar sendiri kalau rasa penasaranmu tinggi. Berbeda dengan guru, dosen nggak akan mengingatkanmu untuk ngerjain tugas atau nanyain kamu kenapa nggak masuk kelas. Jadi semua keputusan ada di tanganmu.

2. Belajar untuk tanggung jawab

Dunia perkuliahan sangat membebaskan orang untuk melakukan apa saja. Saking asyiknya, kebebasan ini sering disalah artikan oleh kebanyakan mahasiswa baru. Justru masa kuliahlah sikap tanggung jawabmu mulai diuji.

Hal sederhananya adalah bagaimana kamu menyelesaikan studi selama 4 tahun. Untuk lulus kuliah, kamu hanya bisa mengandalkan diri sendiri. Dosen hanya membantu kamu untuk menyelesaikan perkuliahan. Untuk dapat menyelesaikan kuliah, kamu harus ikut menyelesaikan ujian akhir, bikin skripsi, ngerjain laporan dan belajar.

Semua itu bisa kamu selesaikan dengan baik dan lancar selama mau belajar tanggung jawab. Belajar tanggung jawab bisa dimulai dengan cara kamu mengatur waktu supaya kuliahmu lancar.

3. Penting untuk mencari gaya belajarmu sendiri

Salah satu yang diuji waktu kuliah teknik adalah gimana caranya kamu belajar. Karena banyak istilah dan informasi tentang engginering yang nggak bisa diterjemahkan secara harafiah. Jadi penting untuk menemukan gaya belajarmu sendir.

Secara umum gaya belajar ada tiga yaitu visual, audio dan kinestetik. Tipe visual adalah tipe belajar yang mengandalkan penglihatan. Tipe kedua adalah audio yang mengandalkan pendengaran dan kurang nyaman dengan kebisingan. Sedangkan tipe ketiga adalah kinestetik yang mengandalkan aktivitas fisik agar mudah nyantol di kepala.

Jika kamu ragu dengan gaya belajarmu, bisa dateng ke psikolog untuk tes gaya belajar. Biasanya beberapa perguruan tinggi punya lembaga tersebut.

4. Kamu harus mengenali siapa saja dosenmu

Demi menunjang perkuliahanmu, ada baiknya kamu mengenal siapa saja dosenmu. Banyak manfaat yang kamu dapatkan ketika mengetahui karakteristik dosenmu nantinya.

Setiap dosen punya gaya mengajar, ritual dan gaya komunikasi yang berbeda-beda. Mengetahui gaya mengajarnya membuat kamu tahu bagaimana cara agar lulus mata kuliahnya. Mengetahui ritual dosen bisa membantumu kapan harus menemui beliau. Dan mempelajari gaya komunikasinya dapat membantumu bagaimana mengadapi beliau.

5. Mau belajar bahasa inggris

Banyak buku referensi engginering menggunakan bahasa inggris sebagai pengantar. Walau ada buku terjemahan dengan bahasa indonesia, namun tetap saja banyak istilah-istilah yang lost in translation. Alhasil buku terjemahan bahasa indonesia banyak materi-materi yang mengganjal dan nanggung untuk dibaca.

Mau nggak mau, suka nggak suka kamu harus punya buku referensi berbahasa inggris. Kalau punya uang, silahkan beli tapi kalau nggak punya uang bisa kok download e-book pakai Wi-Fi kampus. Buku tersebut akan berguna untuk menyelesaikan tugas akhir.

6. Menikmati proses perkuliahan

Hal terpenting dari perkuliahan adalah menikmati proses yang sedang berlangsung. Wajarlah kalau di awal-awal kamu mulai sambat, namanya juga manusia. Namun seiring berjalannya waktu, proses itu akan membentuk kamu menjadi seperti apa.

Banyak pengalaman yang bisa kamu dapatkan selama kuliah. Baik itu pengalaman organisasi, pengalaman karya ilmiah, pengalaman kepanitiaan atau pengalaman berkarya. Pengalaman tadi akan berguna ketika kamu masuk dunia kerja.

Biar bagaimanapun yang namanya kuliah itu sulilt, apalagi ambil teknik. Jadi nikmati aja prosesnya. Jangan membandingkan dengan orang lain, karena tiap orang punya prosesnya masing-masing.

Sumber : tutorial45.com | jagranjosh.com | educonnect.co.za

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”