Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Wajib Tahu, 8 Kelebihan Telegram Jika dibandingkan dengan WhatsApp

Telegram merupakan salah satu aplikasi chatting dengan banyak pengguna di seluruh dunia. Walau masih kalah pamor dengan WhatsApp, Telegram memiliki banyak keunggulan. Salah satunya adalah bisa bikin grup lintas angkatan

Dewasa ini, komunikasi dapat dilakukan lebih mudah dengan memakai aplikasi chat. Setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan yang mengakibatkan pengguna bisa memiliki lebih dari satu aplikasi chat. Telegram merupakan salah satu aplikasi chat yang banyak dipakai saat ini.

Sebagian dari kita mungkin merasa asing dengan Telegram karena penggunanya kalah banyak dengan WhatsApp. Untuk masalah komunikasi, kita cenderung memilih WhatsApp dibandingkan Telegram. Walau kalah dengan WhatsApp, Telegram memiliki banyak keunggulan yang patut diperhatikan juga lho.

Untuk urusan keamanan, Telegram dengan fitur enkripsi end to end mampu melindungi privasi pengguna lebih baik jika dibandingkan WhatsApp. Hal ini sudah disetujui oleh para ahli keamanan teknologi.

1. Mampu menampung sebanyak 200.000 penguna dalam satu grup

poynter.org

Kehebatan Telegram dibandingkan aplikasi lainnya adalah menampung sebanyak 200.000 orang dalam satu grup. Angka ini lebih besar dibandingkan WhatsApp yang hanya mampu menampung sebanyak 200an orang. Dengan kapasitas besar, kamu bisa bikin grup kampus lintas angkatan.

2. Memiliki penyimpanan berbasis cloud

right-brothers.net

Telegram menjadi lebih asik karena file berupa gambar, lagu, animasi, video bahkan arsip tersimpan pada cloud. Kapasitas cloud mampu menyimpan setiap file sampai 1,5 GB.

Hebatnya lagi, ketika kamu dapat log in beberapa kali dari berbagai perangkat tanpa harus takut kehilangan file. Tentu saja ini sangat menguntungkan bagi kalain yang punya masalah dengan kapasitas penyimpanan.

3. Dapat mengirim gambar berukuran asli dan hasil kompres

foxbusiness.com

Jika kamu punya masalah ketika ngirim gambar lewat aplikasi chat seperti WhatsApp dan sejenisnya, kamu akan mengakali pengiriman lewat fitur dokumen.Hal tersebut nggak berlaku di Telegram, pasalnya kamu bisa ngirim gambar tanpa takut resolusinya berubah.

Selain resolusi gambar nggak berubah, kamu bisa ngirim file hasil kompres lewat Telegram. Tentu ini sangat menguntungkan ketika harus ngirim gambar dalam jumlah banyak.

4. Memiliki secret chat, fasilitas yang dapat menghapus pesan secara otomatis

wikihow.com

Telegram mendukung penggunanya untuk memberikan kenyamanan percakapan lewat fitur secret chat. Secert chat bisa kamu pakai jika ingin membuat percakapan yang lebih privat. Fitur ini nggak dapat diakses di perangkat lain dan nggak tersimpat di cloud.

Pesan kamu yang tersimpan di secret chat dapat menghilang secara otomatis setelah mencola log out dan log in kembali. Kamu dapat menghapus dengan timer, dan hebatnya lagi adalah pesan kamu nggak bisa dibajak.

5. Punya fitur chat bot

csoonline.com

Chat bot merupakan fitur dengan banyak keunggulan, walau pada dasarnya terlihat remeh. Kamu dapat mendapatkan notifikasi berita, menerima pembayaran lewat Telegram dan menerjemahkan bahasa lewat fitur chat bot.

Keuntungan lainnya adalah kamu dapat mudah terhubung dengan pengguna lain dengan minat yang sama. Hal ini tentu memudahkan kamu dalam menjalin relasi dan membentuk jejaring.

6. Memiliki profile picture lebih dari satu

hive.news

Pada saat kamu menggunakan WhatsApp, kamu hanya bisa mengunggah satu gambar saja sebagai profile picture. Jika ingin mengganti, kamu harus memindahkan yang lama terlebih dahulu. Berbeda dengan Telegram yang dapat mengunggah beberapa gambar sekaligus sebagai profile picture.

Ketika sedang mengunggah, unggahan yang lama masih bisa dilihat sembari unggahan baru bertambah. Kamu bisa melihat profile picture dengan menggeser layar.

7. Bisa ganti nomor tanpa khawatir kehilangan kontak

sea.pcmag.com

Apa yang kamu lakukan ketika ganti nomo? Apakah kamu ngirim broadcast ngasih tahu kalau kamu udah ganti nomor. Mungkin hal tersebut kamu lakukan ketika menggunakan aplikasi chat seperti WhatsApp. Namun berbeda dengan Telegram  karena ia memiliki fitur menarik yaitu dapat ganti nomor tanpa khawatir kehilangan kontak dan obrolan sebelumnya.

Cara ganti nomor di Telegram juga mudah, nggak ribet. Selanjutnya semua notifikasi akna masuk ke nomor yang baru dan semua kontak akan ditambahkan.

8. Typo? Masih bisa edit isi pesan

thetop10news.com

Telegram mampu mengedit pesan yang sudah terkirim sehingga menghindari typo atau salah kirim. Alhasil kamu nggak perlu capek-capek menghapus pesan. Hal ini sangat berbeda dengan WhatsApp yang harus menghapus pesan atau kirim ulang.

Dengan fitur menarik dari Telegram terdapat banyak keuntungan jika dibandingkan aplikasi lainnya. Kamu lebih suka fitur yang mana?

Sumber : idntimes.com | virenial.com | brilio.net

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Ishak Okta Sagita

Universitas Sanata Dharma

“”