Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Seorang Ilmuwan Menemukan Wujud Danau Kuno di Planet Mars

"Mars kuno adalah dunia yang berair tetapi ketika iklim planet itu berubah, air ini mundur ke bawah permukaan untuk membentuk genangan dan air tanah," ujar pemimpin dari Universitas Utrecht, Belanda, Francesco Salese.

Beberapa ilmuwan yang berasal dari Universitas Utrecht Belanda telah mengungkapkan bukti geologis pertama tentang sistem danau kuno yang saling berhubungan atau berkaitan, berada jauh di bawah permukaan planet Mars. Lima di antaranya dianggap mengandung mineral yang penting bagi kehidupan.

Namun sebelumnya para ilmuwan meyakini pada dasar permukaan planet Mars terpantau tanda-tanda yang sangat kuat, bahwasanya air dalam jumlah besar pernah ada di planet tersebut. Lalu, pada 2018, ekspedisi Mars Express mendeteksi genangan air di bawah kutub selatan Mars.

"Mars kuno adalah dunia yang berair tetapi ketika iklim planet itu berubah, air ini mundur ke bawah permukaan untuk membentuk genangan dan air tanah," ujar pemimpin dari Universitas Utrecht, Belanda, Francesco Salese.

"Kami menelusuri air karena skala dan perannya masih dalam perdebatan, dan kami menemukan bukti geologis pertama dari sistem air tanah di Mars," sambungnya.

Salese dan sejumlah rekannya menjelajahi 24 kawah yang tertutup yang berada di belahan utara Mars, kedalaman kawah tersebut berkisar antara 4.000 hingga 4.500 meter. Kedalaman kawah itu menandakan bahwa pernah terisi oleh genangan dan aliran air yang kemudian surut seiring berjalannya waktu.

"Kami berpikir bahwa lautan ini mungkin telah terhubung ke sistem danau bawah tanah yang menyebar di seluruh planet ini," kata rekan penulis temuan lainnya Gian Gabriele Ori. Teras bergerigi di dalam dinding kawah, terbentuk oleh genangan air serta endapan sedimen berbentuk seperti kipas dibentuk oleh aliran air.

para ilmuwan menggunakan radar pengorbit Mars Express untuk menyelidiki bentuk menyerupai topi yang menutupi es di bagian selatan Mars. Sementara pada tanggal 19 Februari lalu, beberapa ilmuwan yang terkumpul dari tim penelitian lainnya, mengatakan bahwa ada kemungkinan besar danau tersebut terbentuk akibat dari aktivitas gunung berapi dari dalam kerak planet Mars. Munculnya danau di bawah permukaan Mars itu dimungkinkan dapat mendukung kehidupan.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

ADAM MAULANA

Uneversitas Negeri Surabaya

Pasuruan

“KAPITALIS DERMAWAN.”