Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Lebih Penting Hasil atau Proses Dalam Sebuah Usaha?

"Saya melihat seorang pemecah batu sedang memukul sebongkah batu padas sampai seratus kali tanpa kelihatan retak sedikitpun. Tapi, pada pukulan keseratus kali, batu itu pecah menjadi dua. Saya tahu bahwa bukan pukulan yang terakhir itu yang membelah batu tersebut, tapi semua pukulan yang sudah dilakukan sebelumnya." -Jacob Riis, Journalist And Social Documentary-

mana yang lebih penting, usaha atau hasil? Menurut saya lebih penting proses dibanding hasil. Karena tidak akan terjadi hasil tanpa adanya proses. Tentu kalian pernah mendengar kalimat ‘hasil tidak pernah menghianati usaha’. Nah usaha yang dimaksudkan disini adalah proses. Segala pencapaian yang telah dibuat tentunya membutuhkan proses untuk mendapatkannya. Kebanyakan orang hanya terpaku hanya pada hasilnya “wah dia kerena sekali, dalam sebulan dia berpenghasilan 4 milyar”, kebanyakan memang hanya melihat dari sisi depannya. Untuk mencapai hal itu tentu saja tidak dengan proses yang mudah. Untuk mendapatkan hasil yang bagus dibutuhkan prosesyang mumpuni juga. Jika memang hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan bukan prosesnya yang salah, hanya saja belum saatnya utnuk menuai hasil. Kegagalan adalah sukses yang tertunda. Tidak ada orang sukses tanpa gagal.

Tentu kalian mengenal Thomas Alva Edison. Thomas adalah orang yang yang menemukan lampu pijar. Kalian tahu berapa kali dia gagal dalam percobaannya? 10 kali? 100 kali? 1000 kali? Tomas telah gagal sebanyak 10083 kali dalam penelitiannya untuk menciptakan lampu pijar. Thomas tidak berpikir untuk menyerah walaupun mungkin dia dihujat oleh orang sekitarnya karena kegagalannya yang terlalu banyak. Bahkan dia dianggap gila karena itu. Tapi Thomas tidak putus asa, dia terus mencoba sampai percobaan ke 10083 kali nya ia berhasil menciptakan lampu pijar. Kalian bisa bayangkan bagaimana jika Thomas menyerah pada percobaan ke 10082? Mungkin hari ini kita masih menggunakan lampu minyak.

Jadi kenapa baru sekali gagal lalu berputus asa? Masih ada banyak kesempatan lagi untuk mencoba. Gagal? Well, that’s okay. Bukan hasil yang terpenting. Dari proseslah kita bisa merasakan pahit-ketirnya perjuangan. Ingat ini, hasil yang bagus bukan dari proses yang mudah. Jika gagal? Coba lagi. Gagal lagi? Coba terus sampai berhasil. Ingat kalimat yang saya sebutkan tadi “hasil tidak pernah menghianati usaha (proses)”

-Sebanyak apa kamu usaha, sebanyak itulah hasil yang kamu tuai-

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Nely Febrianti

Bengkulu university

Bengkulu

“Keberhasilan tidak akan dirasakan oleh orang-orang yang gagal :'v”