Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

5 Aplikasi Wajib Untuk Para Mahasiswa

Rasanya akan sangat rugi apabila kamu tidak bisa memanfaatkan smartphone demi menunjang aktivitas akademismu, terlebih bagi kamu para mahasiswa.

Di zaman yang serba canggih seperti saat ini, hampir semua kalangan memiliki yang namanya smartphone. Tak terkecuali para mahasiswa. Harga smartphone yang terjangkau, membuat mahasiswa bisa dengan mudah membeli smartphone kapan saja.

Tak hanya untuk bergaya, dengan smartphone kamu juga bisa melakukan kegiatan akademis dengan mudah hanya melalui ponsel. Contohnya, smartphone dapat membantumu menyelesaikan tugas-tugas dengan lebih cepat.

Lantas, apa yang membuat smartphone begitu berguna untuk para mahasiswa? Berikut ini daftar aplikasi yang wajib dimiliki para mahasiswa!

1. iPusnas: Perpustakaan Digital Indonesia

iPusnas adalah aplikasi perpustakaan digital persembahan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia bekerja sama dengan Aksamaraya selaku pengembang aplikasi. Aplikasi ini dapat diakses melalui smartphone dan laptop.

Aplikasi ini benar-benar membantu para mahasiswa dalam mengumpulkan refrensi dan bahan-bahan perkuliahan. Banyak buku dengan berbagai kategori seperti fiksi, kumpulan puisi, psikologi, agama dan lain-lain.

2. CamScanner

Boleh dibilang CamScanner merupakan salah satu aplikasi scanner Android terbaik saat ini. Dengan aplikasi scanner, kamu bisa men-scan dokumen, tulisan dosen di papan, hingga catatan kuliah melalui HP.

Caranya juga mudah, tinggal foto lalu sesuaikan, dan print. Dengan aplikasi ini kamu tidak perlu repot-repot kembali ke kantor hanya untuk scan dokumen.

3. WPS Office and PDF

Sebagai civitas akademika, mahasiswa tidak luput akan yang namanya dokumen. WPS Office merupakan aplikasi untuk membuka berbagai format dokumen yang minimalis.

Sehingga tidak perlu khawatir penyimpanan smartphone habis. Selain untuk membuka dokumen, WPS Office juga bisa untuk membuat dokumen.

4. Memrise

Tak perlu membawa kamus tebal, aplikasi Memrise bisa membantu kita mempelajari ratusan bahasa dari seluruh dunia. Memrise merupakan aplikasi untuk mempelajari bahasa mulai dari arti kata, grammar, kosa kata, hingga listening.

Kita akan diajak belajar lewat native speaker dan game. Selain itu, kita juga bisa mencoba berbagai fitur, seperti Visual Learning, Review & Strengthen, Rapid Recall dan lainnya.

Memrise ini sangat membantu kamu untuk menguasai bahasa-bahasa dari seluruh dunia. Mulai Korea, Prancis, Jepang, China dan masih banyak lagi.

5. Evernote

Aplikasi pencatat memo ini sungguh praktis karena dengan aplikasi ini, kamu bisa menulis apapun. Tak hanya mencatat teks, Evernote bisa digunakan untuk merekam segala aktivitas di setiap rapat, karena bisa merekam audio dan video, serta mengambil foto.

Bahkan, Evernote bisa mendikte apa yang kamu ucapkan menjadi teks. Kemampuan Evernote memang sangat membantu untuk merekam ide-ide besar. Evernote bisa diunduh secara gratis di Google Play untuk perangkat Android dan App Store untuk perangkat iOS.

Artikel ini juga tayang di Teknologi.id.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Teknologi.id

“”