Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

7 Orang Inilah Yang Merevolusi Tenaga Listrik

Ini adalah superhero tenaga listrik sungguhan. Semua teknologi yang kamu gunakan saat ini tidak akan berfungsi jika bukan karena pengembangan listrik . Perangkat dan mesin yang kita miliki sekarang adalah produk dari studi yang berkembang tentang teknik listrik, yang berasal jauh sebelum revolusi industri pertama dimulai.

Ini adalah superhero tenaga listrik sungguhan. Semua teknologi yang kamu gunakan saat ini tidak akan berfungsi jika bukan karena pengembangan listrik . Perangkat dan mesin yang kita miliki sekarang adalah produk dari studi yang berkembang tentang teknik listrik, yang berasal jauh sebelum revolusi industri pertama dimulai.

Siapa saja orangnya, mari kita lihat uraian dibawah ini;

1. Thomas Davenport

Karena rasa keingintahuannya dengan elektromagnet yang tinggi setelah melihat di sebuah pabrik besi di Crown Point, New York, Thomas Davenport beerpikir dan berpikir dan kemudian menjadi seorang penemu dari Amerika yang menghasilkan motor listrik pertama yang sukses secara komersial pada tahun 1834.

Ia mengembangkan motor yang terdiri dari roda, dioperasikan oleh daya baterai. Setahun kemudian setelah pengembangan perangkatnya, ia menggunakan motor listrik untuk memasang mobil kecil di sekitar lintasan melingkar, yang dianggap sebagai peristiwa pertama yang tercatat dalam kereta api listrik.

2. Benjamin Franklin

Dia terkenal dengan idenya yang menghubungkan listrik dan kilat. Dia mengamati bahwa keduanya menciptakan cahaya, membuat tabrakan keras ketika mereka meledak, tertarik pada logam, dan memiliki aroma tertentu.

Dia membuktikan teorinya dengan menerbangkan layang-layang dalam badai. Franklin juga membuat penangkal petir dan membedakan bahan isolator dari konduktor. Dia juga bertanggung jawab atas persyaratan biaya, pengosongan, pemadatan, dinamo, listrik, dan lainnya, dan membuktikan hukum kekekalan muatan listrik.

3. Michael Faraday

Dia membangun dua perangkat untuk menghasilkan perputaran pada elektromagnetik, yang merupakan gerakan melingkar terus menerus akibat dari gaya magnet melingkar di sekitar kawat.

Pada tahun 1831, ia menemukan induksi elektromagnetik menggunakan cincin induksi. Percobaan yang dia lakukan sekarang menjadi dasar dari teknologi elektromagnetik modern. Dalam eksperimen selanjutnya, ia menemukan induksi magneto-listrik. Pada akhirnya, penemuannya adalah ide pendiri motor listrik modern, generator dan transformator.

4. Alessandro Volta

Seharusnya ia menjadi pendeta seperti yang diinginkan orang tuanya, tetapi minatnya yang terus menerus terhadap listrik yang membuatnya merasa hidup. Pada tahun 1800, ia mengumumkan perangkat listrik baru bernama Voltaic Pile, yang sebelumnya merupakan "organ listrik buatan", yang terbuat dari piringan seng dan tembaga bergantian dengan masing-masing pasangan dipisahkan oleh kain yang direndam air asin.

Ini adalah baterai arus searah pertama, yang juga mengakhiri teori listrik hewan di Galvani. Ini memberinya hak untuk dinamai dengan satuan gaya gerak listrik yang sekarang dikenal sebagai volt.

5. André-Marie Ampère

Dia yang membuat penemuan revolusioner bahwa kawat yang membawa arus listrik dapat menarik atau mengusir kawat lain. Dia adalah salah satu pendiri ilmu elektromagnetisme klasik, sekarang disebut elektrodinamika.

Meskipun dia bukan penemu perintis hubungan listrik-magnet, dia mampu menjelaskan secara teoretis dan secara matematis menggambarkan fenomena tersebut. Nama belakangnya sekarang menjadi unit pengukuran yang dikenal yang menunjukkan arus listrik.

6. Georg Ohm

Jika bukan karena ahli fisika dan matematika Jerman bernama Georg Ohm. Dia telah membuktikan bahwa aliran arus melalui konduktor berbanding lurus dengan perbedaan potensial (tegangan) dan berbanding terbalik dengan hambatan, yang sekarang menjadi dasar dari analisis rangkaian listrik.

7. Nikola Tesla

Dianggap sebagai bapak listrik, Nikola Tesla adalah penemu yang produktif. Paten dan pekerjaan teoretisnya membentuk dasar dari sistem tenaga listrik arus bolak-balik (AC) modern, termasuk sistem distribusi daya polifase dan motor AC.

ada tahun 1890-an, Tesla menemukan osilator listrik, meter, lampu yang lebih baik, dan transformator tegangan tinggi yang dikenal sebagai kumparan Tesla, dengan eksperimen pada sinar-X dan komunikasi radio.

Semua prestasi dalam teknik elektro ini - lebih dari 700 paten - tidak disorot pada masanya karena ia dianggap orang gila. Mungkin karena gila terhadap imajinasi yang diterapkan menjadi kenyataan.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Wulan

“Budak Korporat”