Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

5 Strategi Menyusun Resolusi Tahun Baru 2020

Sering diantara kita yang memiliki resolusi, angan-angan, cita-cita, harapan yang begitu tinggi. Tak salah memang, namun ketika sesampainya di akhir tahun kita malah bingung sekaligus kaget. Banyak to do list yang masih belum kesampaian. Bahkan hanya jadi angan semenjak tahun-tahun sebelumnya. Lalu bagaimana sih caranya agar kita bisa mewujudkan resolusi ini dengan tepat sasaran?

Banyak yang mengira membuat resolusi itu mudah. Tinggal tulis apa-apa saja yang menjadi keinginan dan cita-cita kita setahun hingga 5 tahun kedepan. Pajang di dinding kamar. Beres. Padahal gak semudah itu aliandro! Butuh perencanaan yang matang agar kita bisa mewujudkan resolusi tersebut! Nah pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tips nih menurut pengalaman pribadi. Ya walaupun masih ada beberapa yang belum kesampaian sih.

Buat Spesifik !

  • creativeeducator

Dalam menentukan cita-cita, tak bisa kamu buat dan tulis singkat. Butuh penjabaran detail tentang point cita-cita mu tersebut. Seperti contoh : "berlibur ke luar negeri". Buatlah tujuannya menjadi detail, seperti lokasinya, waktunya, budget yang dibutuhkan, bahkan dengan siapa kamu akan pergi. Hal ini akan membuatmu lebih realistis dengan tujuan tersebut. Kamu juga bisa membayangkan lebih jelas cita-cita tersebut dan merinci apa-apa saja yang kamu butuhkan untuk mewujudkannya.

Buat Skala Prioritas !

  • images : earlytorise

Kita terkadang muluk-muluk menuliskan cita-cita dan harapan, hingga kita lupa bahwa ada agenda / kewajiban lain yang harus dilakukan terlebih dahulu. Seperti contoh : "Memiliki tabungan diatas 100 juta di bulan Juni". Padahal posisi saat itu masih belum punya bisnis, kerjaan juga gajinya pas-pasan, belum lagi hutang kartu kredit yang gak tahu kapan lunasnya. Nah dari masalah tersebut, kita harus membuat skala prioritas untuk mendahulukan mana-mana yang harus kita capai terlebih dahulu. Jadi tetap realistis ya!

Buat Jadi Hiasan Kamar !

  • dekorasikamar

Tips yang satu ini wajib kamu lakukan. Karena dengan kamu menuliskannya dan menempelkannya di dinding kamar, kamu bisa melihat dan membacanya setiap bangun dan akan tidur. Dengan begitu kamu akan lebih ingat dan termotivasi untuk segera mewujudkannya!

Buat Nyaman !

  • five-five-plus

Resolusi adalah untuk mewujudkan cita-cita dan manfaat bagi diri, bukan untuk mempersusah diri. Sebab tak jarang temen-temen yang terlalu imbisius mengorbankan banyak hal untuk mewujudkan resolusi. Seperti menabung keras hingga mengorbankan makan dan kesehatan, rela melakukan berbagai cara yang merugikan orang lain, dll. Jadi pastikan buat senyaman mungkin perjuanganmu dengan menyesuaikan karakter dan kepribadianmu.

Buat Refleksi

Di akhir tahun ini, buat perjuanganmu di tahun 2019 menjadi pelajaran. Baik pelajaran baik dan pelajaran buruk. Jangan dilupakan, sebab hal itu akan menjadi lompatan yang baik untuk resolusi kedepan. Selain itu refleksi ini bisa kamu jadikan motivasi dan semangat baru dalam menyongsong tahun baru agar bisa lebih baik dari tahun sebelumnya!

Tambahan lain adalah optimis! Sebab dengan optimis kita akan selalu berpikir positif di setiap langkah yang akan kita ambil. Seperti masalah-masalah yang akan kita hadapi. Semangat kawan-kawan! Kalian pasti bisa mewujudkan mimpi kalian!

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

arka

Surabaya - Kupang

“#SuccessBefore30”