Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Aspal Plastik Karya Bangsa Mulai Banyak Diminati ?

Banyak sekali inovasi karya anak bangsa di bidang sains dan teknologi khususnya green environment. Salah satunya daur ulang sampah plastik yang kini bisa digunakan untuk aspal jalan. Kok bisa ya?

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 di mana Indonesia akan membangun 2.600 km jalan nasional, 1.000 km jalan tol dan pekerjaan pemeliharaan di semua wilayah dengan kebutuhan aspal sekitar 1,5 juta ton/tahun.

Tiga Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia atau FTUI jurusan Teknik Metalurgi dan Material berhasil menciptakan aspal yang murah dan berkualitas dengan menggunakan limbah plastik.  Pemanfaatan limbah plastik sebagai bahan tambah pada campuran beraspal panas menjadi salah satu solusi bagi permasalahan limbah plastik yang merupakan wujud dari kepedulian terhadap lingkungan.

Berdasarkan penelitian yang telah mereka lakukan, modifikasi aspal yang mereka kreasikan memiliki ketahanan beban yang kuat serta tidak mudah retak. Keunggulan lainnya adalah biaya pembuatan yang ekonomis dan tidak kalah saing dari aspal dengan kualitas yang sama.

“Keunggulan lainnya adalah biaya pembuatan yang ekonomis dan tidak kalah saing dari aspal dengan kualitas yang sama," ujar Kepala Humas dan KIP Universitas Indonesia Rifelly Dewi Astuti.

Penelitian, kata Erlyna, dilakukan sekitar empat bulan. Hasilnya berupa sifat aspal yang baik di mana sifat kepolaran yang dimiliki oleh aspal dan plastik ini berbeda, tetapi penambahan lignin termodifikasi dapat meningkatkan sifat aspal, baik dari segi mekanik maupun ketahanan terhadap air.

Sebelumnya teknologi campuran aspal plastik juga pernah diujicoba di jalan lingkungan, oleh mahasiswa Universitas Udayana Bali sepanjang kurang lebih 700 meter.  Dengan teknologi campuran aspal plastik, 1 km jalan membutuhkan 2,5 sampai dengan 5 ton limbah plastik, tergantung lebar dan ketebalan jalan.

Selain itu, ada juga Kementerian Pekerjaan Umum dan Pekerjaan Rakyat (PUPR) yang pernah melakukan uji coba dan hasilnya memuaskan, yakni 2,5 - 5 ton sampah /km jalan atau kira-kira mampu mengaspal sepanjang 190.000 km.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

arka

Surabaya - Kupang

“#SuccessBefore30”