Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Ciri-Ciri Mahasiswa Teknik Berdasarkan Jurusannya

Mahasiswa teknik selalu memiliki ciri khas yang berbeda dibanding mahasiswa lain. Seperti penampilannya yang kurang modis dan berkantong mata tebal akibat kurang tidur, selain itu ada ciri yang lebih khas bila dilihat di setiap jurusannya.

Mahasiswa teknik memiliki beberapa kesamaan dalam hal rutinitas, ciri fisik yakni disekitaran mata akibat sering begadang, atau bahkan kucel karna jarang mandi, hingga kesibukan super padat akibat tugas, praktikum dan mata kuliah yang tidak berperikemahasiswaan. Namun ada perbedaan mendasar dari ciri khas tiap mahasiswa teknik berdasarkan jurusannya. Apa saja?

1. Teknik Mesin

Mahasiswa di jurusan ini kebannyakan didominasi kaum laki-laki. Namun tak jarang saat ini wanita juga berbondong-bondong ingin masuk jurusan ini karena maraknya emansipasi wanita. Namun sebenarnya lingkungan di jurusan ini lumayan hardcore dan keras. Bagaimana tidak, kesehariannya dihadapkan dengan praktikum ngelas, bubut, soldering, gambar teknik mesin dan perkuliahan yang 80 % nya hitungan. Makanya banyak didominasi laki-laki yang identik dengan macho dan berpikiran kritis analitis. Serta  mahasiswa di jurusan ini rata-rata memiliki ciri fisik yakni ; rambut botak ketika maba dan gondrong ketika menjadi senior, agak kucel dan jarang mandi, mata panda dan berkantong, selalu membawa peralatan bengkel, suka bergerombol, gemar jargon solidarity forever dan gemar tawuran hehehehe...

2. Teknik Elektro

Mahasiswa di jurusan ini hampir mirip dengan teknik mesin yang didominasi dengan kaum laki-laki. Namun mahasiswa elektro tidak disibukkan dengan kegiatan praktikum ngelas dan bubut / permesinan. Melainkan lebih terfokus pada rangkaian listrik dan elektronika, sehingga sebagian besar dari mahasiswa elektro selalu membawa perangkat-perangkat seperti voltmeter dan amperemeter, PCB, solder dan berbagai jenis kabel. Apalagi ketika momen project akhir semester yang selalu dihadapkan untuk membuat perangkat elektro yang mengharuskan membawa  peralatan dan komponen elektro. Ciri fisiknya sama dengan mahasiswa teknik lain, yakni berkantong mata panda.

3. Teknik Sipil dan Arsitektur

Mahasiswa di jurusan ini tidak terlalu "gersang" akan wanita. Pasalnya di jurusan ini masih memiliki prosentase jumlah 50% wanita dan 50% laki-laki tergantung kampusnya. Soal kegiatan mereka dilapangan, mahasiswa sipil dan arsitektur dihadapkan dengan praktikum struktur beton dan baja, gambar teknik bangunan. Sehingga barang-barang seperti tabung gambar dan segala macam peralatan gambar wajib ada bagi mahasiswa sipil dan arsitektur. Selain itu mereka juga sering praktek mensurvey dan pengukuran dengan menggunakan theodolit di lapangan dengan kondisi panas terik ataupun hujan. Sehingga mereka biasanya setiap praktikum atau praktek lapangan sering menggunakan helm proyek, wearpack dan safety shoes untuk menunjang K3 kegiatan di lapangan.

4. Teknik Multimedia & Broadcasting

Mahasiswa ini justru yang paling berbeda diantara ketiga jurusan diatas, pasalnya jumlah mahasiswa wanita nya  lebih banyak ketimbang mahasiswa laki-laki. Karena di jurusan ini tak begitu banyak membutuhkan kegiatan lapangan yang hardcore seperti jurusan mesin dan sipil. Di jurusan multimedia, mahasiswa nya lebih sering berkegiatan didalam ruangan ber-AC. Praktek mereka lebih kepada skill mengedit video dan gambar serta teknik-teknik fotografi dan rekaman. Sehingga mahasiswa ini kebanyakan membawa kamera kemana-mana.

5.  Teknik Informatika

Mahasiswa informatika juga merupakan salah satu jurusan yang tidak begitu didominasi dengan kaum adam. Di jurusan informatika juga memiliki banyak kaum hawa, karena sesuai dengan spesialisnya, mahasiswa disini lebih mementingkan kekuatan otak ketimbang otot. Bagaimana tidak, setiap hari dihadapkan pada coding, coding dan coding. Dengan bahasa C, Java, html dll. Hingga orang awam menganggapnya dengan bahasa alien. Dan ciri lain dari mahasiswa informatika selain selalu membawa barang wajib yakni laptop dan modem (kalo wifi kampus lagi ngadat) adalah kegemarannya projectan. Project an yang dimaksud adalah menjadi freelancer dengan bakatnya yang jago bikin aplikasi dan web. Sehingga skillnya menjadi ladang penghasilan, bahkan kebanyakan lulusan mahasiswa teknik informatika selain menjadi karyawan perusahaan, mereka justru bisa membuka lapangan pekerjaan sendiri. Seperti kisah sukses Ahmad Zakiy CEO Bukalapak dan William Tanuwijaya CEO Tokopedia.

6. Arsitektur

Jurusan ini masih memiliki kategori jumlah cewek lumayan banyak, dimana prosentasinya 50% cewek - 50% cowok. Tapi jangan salah, jurusan ini tidak kalah ekstrim nya dengan tugas dan lembur. Karna kebanyakan mahasiswanya memiliki kantong mata seperti panda hehehe. Bagaimana tidak, tugas gambar teknik, gambar bangunan, bikin maket bisa jadi makanan sehari-hari bagi mahasiswa arsitek. Dimana-mana selalu bawa alat gambar, pensil dan peggaris segala ukuran. Tapi jangan salah setelah lulus nanti, mereka bisa menjadi orang penting karna berjasa mendesain sebuah bangunan dan kota dengan aspek seni. Bahkan banyak yang menjadi kaya dengan berbagai proyek-proyek yang nantinya mereka kerjakan.

7. Teknik Perkapalan

Jurusan ini adalah termasuk jurusan yang lumayan hardcore. Bagaimana tidak mahasiswa-mahasiswanya yang sering memakai wearpack dan sepatu safety membuat mereka lebih terlihat fearless. Apalagi jika dihadapkan pada praktikum dan praktek, mulai dari mengelas, mendesain hingga kegiatan-kegiatan lain yang membutuhkan keahlian otak dan fisik. Apalagi kapal adalah angkutan yang perlu perhatian khusus dari segi desain, berat, otomasi dan berbagai hal didalamnya. Sehingga tanggung jawab sang insnyur kapal begitu besar untuk memastikan bahwa kapal buatannya tidak menenggelamkan penumpangnya. Tertarik dengan mahasiswa teknik kapal?

Untuk mahasiswa teknik jurusan lain menyusul yaa :)

Ditunggu kelanjutannya disini...

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

arka

Surabaya - Kupang

“#SuccessBefore30”