Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Drone DJI MATRICE 200 - Drone Termahal DJI Untuk Kamu Sang Petualang Lapangan

Sebagai engineer di sebuah perusahaan kelistrikan negeri ini, saya aktif menggunakan Drone sebagai alat inspeksi peralatan diatas ketinggian khususnya tower. Dan di kesempatan kali ini saya ingin membahas keunggulan drone ini!

Kesan pertama ketika melihat tampilan drone ini adalah kesan macho. Tentu drone dengan ukuran yang lebih besar dari ukuran drone DJI lain. Saya menggunakan drone ini juga alasan pekerjaan. Tentu merupakan aset kantor, karna harganya yang fantastis. Di pasaran di banderol 100 jutaan, namun karena mekanisme pembelian di perusahaan kami adalah melalui sistem vendor. Maka harga yang didapat sudah dapat ditebak, 2 kali lipat lebih hehehe.

Tahan Air dan Angin Kencang

Drone ini memiliki performa dan stabilitas yang tinggi. Mengingat penggunaan dan segmentasinya juga untuk industri. Bukan perorangan. Sekalipun ada angin kencang, walaupun dengan kecepatan tinggi pun, hasil gambar yang dihasilkan sangatlah stabil dan halus.  DJI Matrice 200 memiliki performa kecepatan tempuh maksimal 65 km/jam yang disetting menggunakan mode sport, tidak tanggung-tanggung pilot drone jenis ini bisa dikendalikan dari jarak 7 km jaraknya.

Bahkan ketika ada objek atau halangan yang dideteksi oleh sensor, drone akan mampu memberikan lock atau pengereman secara otomatis. Mengingat sensor yang digunakan juga cukup banyak dan sensitif.

Khusus bagi para inspektor di area yang memiliki dampak interferensi magnetik, seperti jaringan SUTT/SUTET. Matrice 210 RTK (perangkat tambahan) dapat membuat penerbangan Anda lebih aman, dan tidak memiliki resiko fly-away alias hilang kontrol.

Kaya Opsi Kamera

Kamera Drone DJI Matrice 200 disukai videographer dan fotografer karena kamera ini tahan dalam banyak kondisi cuaca. Mulai dari cuaca hujan maupun panas, jadi ketika ingin membuat adegan film hujan, kamera ini tetap melanjutkan pengambilan gambar.

Selain itu, DJI Matrice 200 dapat disandingkan dengan beragam seri kamera Zenmuse, sesuai keperluan penggunaan, mulai dari X4S, X5S, Z30 Zoom,XT thermal, Flir Thermal. Pemilihan varian kamera akan sangat menentukan harga banderol yang Anda dapat, karena masing-masing kamera memiliki perbedaan harga yang sangat signifikan. Seperti kami dari Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk PLN, yang memerlukan alat untuk inspeksi peralatan di malam hari, kamera yang disarakan adalah Flir thermal.

Gimbal

Bukan satu, bukan dua, tetapi tiga konfigurasi gimbal yang dapat diterapkan dalam waktu bersamaan pada M200. Utilitas semacam ini sangatlah berguna untuk inspeksi infrastruktur, kilang minyak, atau area lain yang memerlukan tingkat inspeksi yang presisi, namun tanpa mengesampingkan kepraktisan dan keamanan dalam navigasi. Banyaknya sensor yang terpau seperti aktuator, gimbal, barometer, IMU, kompas terintegrasi. Dalam implementasinya, Pilot dapat melihat objek yang sama dari sudut pandang kamera-kamera yang berbeda dan minim resiko tertabrak objek sekitar.

Drone ini memiliki kamera 4K yang terpasang di gimbal 3-axis, kamera ini memiliki lensa sisi sebesar 78 derajat. Menariknya yang disukai oleh industri pembuat film pada kamera ini ketika digunakan untuk pengambilan gambar memiliki resolusi 20 MP ke dalam format RAW.

Performa Keren Lainnya

Baterai drone ini terbilang unik. Dengan baterai 3.830 mAh yang sanggup beroperasi sekitar 38 menit. Karena dengan sistem baterai ganda ia mampu mendinginkan drone sehingga mampu lebih tahan lama ketika terbang.

Drone ini juga mampu merekam lalu lintas yang dilaluinya menggunakan sistem ADS-B atau semacam data real time yang terintegrasi dengan GPS. Drone ini juga dilengkapi lampu sorot untuk memudahkan merekam di malam hari. Selain dapat merekam jalur yang dilalui, drone ini mampu berbagi data yang diperlukan pilot, seperti tempat menarik atau informasi tentang jalur tersebut.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

arka

Surabaya - Kupang

“#SuccessBefore30”