Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Jangan Sampai Terlewat, Ini 7 Tips Penting Membuat CV!

Membuat CV memang terasa gampang gampang susah. Terkadang gampang jika hanya menata data diri, pengalaman kerja hingga portofolio. Namun, tingkat kesulitan mulai meningkat ketika berbicara soal estetika seperti desain grafis dan pengemasan kreatif yang baik.

Resume atau CV adalah media bagi Anda untuk menunjukkn identitas serta potensi diri—bisa juga catatan pengalaman kerja. Berperan besar diterima sebuah instansi, membuat CV yang baik adalah upaya mempromosikan diri secara efektif jika berhasil dikemas secara padat dan menarik.

Saat Anda melamar kerja ke salah satu perusahaan, bukan tak mungkin kalau persaingan yang ada begitu ketat. Kompetisi tersebut makin terasa sengit jika Anda adalah seorang fresh graduate, sementara pelamar lainnya adalah pekerja yang sudah berpengalaman.

Begitu persaingan ini terjadi, satu hal yang dapat Anda andalkan setidaknya adalah CV. Jangan salah, peran CV begitu vital sehingga dapat menggambarkan kesan pertama pelamar di mata HRD. Supaya proses lamaran berjalan lancar, ikuti 7 tips penting membuat CV sebagai berikut:

1. Singkat, Padat, Jelas

Biasanya CV harus tidak lebih dari dua halaman. Perusahaan biasanya menghabiskan waktu rata-rata hanya 8 detik untuk melihat satu resume. Maka dari itu, membuat CV yang singkat, padat, dan tetap jelas adalah kunci penting. Sisanya maksimalkan saat wawancara berlangsung.

2. Sesuaikan dengan Perusahaan

Biasakan untuk membuat CV berbeda setiap mengirim pada satu perusahaan ke perusahaan lain. Teliti jenis pekerjaan yang Anda kirim ke instansi tertentu, cari tahu informasi sebelum melamar, tak lupa isi keterampilan-keterampilan pendukung. Semakin cocok, semakin besar peluangnya.

3. Sertakan Pernyataan Pribadi

Saat membuat CV, cantumkan pernyataan pribadi dalam format singkat untuk menjelaskan mengapa Anda adalah orang yang tepat untuk perusahaan tersebut. Hal itu harus tercermin dalam surat pengantar Anda secara to the point dan tidak bertele-tele. Tulis sebaik mungkin!

4. Perbarui Data

Perbaru data yang ada saat membuat CV. Baik sedang bertugas di sebuah perusahaan, menjalani pekerjaan lepas, menganggur, atau seorang fresh graduate, tulis data terbaru dan sejujur-jujurnya. Sekali berbohong, tentu dampaknya akan terasa meski Anda diterima kerja kelak.

5. Teliti Saat Membuat CV

Sebuah perusahaan tidak mengharapkan adanya  kesalahan sekecil apapun pada resume. Itulah mengapa Anda harus teliti saat membuat CV. Kesalahan fatal dapat menjadi alasan seorang HRD menolak lamaran. Jika tidak yakin, ajaklah seseorang yang telah ahli untuk meninjau kembali.

6. Isi Data dengan Jujur

Seperti yang telah dijelaskan pada poin 4, Anda harus memperbarui dan benar-benar menulis segala data dalam CV apa adanya. Tak sedikit perusahaan yang bakal menelusuri jejak digital Anda, baik itu media sosial dan lain-lain. Jika ketahuan bohong, nama kita bisa buruk!

7. Kemas Secara Menarik

Kita hidup di dunia di mana gambar adalah segalanya, dan itu juga berlaku untuk CV Anda. Gunakan poin-poin singkat, padatkan kalimatnya. Pakai trik desain grafis untuk menyisakan banyak ruang putih di sekitar teks untuk membuat tata letak mudah dilihat.

Ingin menggunakan platform desain pendukung? Cobalah mengakses cara membuat CV kreatif di Canva demi mempermudah pengemasan resume. Selain praktis, Anda akan disuguhkan berbagai macam tools menarik yang siap mewadahi imajinasi liar saat CV dikemas.

Itu tadi 7 tips penting membuat CV yang tak boleh diabaikan oleh Anda. Sisanya, kembangkan resume tersebut sesuai selera namun tetap menarik. Selamat mencoba!

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

arka

Surabaya - Kupang

“#SuccessBefore30”