Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Program Magang untuk 25 Ribu Mahasiswa, Berkesempatan Jadi Pegawai BUMN

Menteri BUMN, Bu Rini mengaku bangga ada BUMN yang berpartisipasi dalam pemagangan, beliau menargetkan akan ada 20 ribu mahasiswa magang yang bisa diikuti oleh D3, S1 Hingga S2.

Dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2018 kemarin, Bu Rini Soemarno selaku Menteri BUMN meresmikan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat. Program di bawah Forum Human Capital Indonesia (FHCI) ini melibatkan BUMN sebagai tempat magang bagi mahasiswa perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia yang disesuaikan dengan disiplin ilmu masing-masing mahasiswa.

Menteri Rini mengatakan, program ini merupakan kerjasama yang saling menguntungkan antara pemerintah dan BUMN. Karena SDM yang unggul lahir dari program ini. Sebab mampu menjadi acuan alternatif dalam rekrutmen BUMN. Institusi pendidikan seperti perguruan tinggi yang terlibat dalam program ini akan mendapat manfaat berupa peningkatan wawasan, pengetahuan, dan keterampilan lapangan untuk semakin menyiapkan lulusan mahasiswa untuk memasuki dunia kerja.

Selain itu, Bu Menteri juga mengkritik sistem perekrutan tenaga kerja di perusahaan-perusahaan BUMN, yang tidak adil dalam memandang lulusan diploma. Sebab, kebanyakan perusahaan yang terlalu mengedepankan lulusan S1 dan S2.  Padahal, program pendidikan diploma 70 persen adalah praktik dan 30 persen adalah teori. Sedangkan program sarjana, 80 persen teori dan 20 persennya praktik. Sehingga diharapkan dengan program magang ini mahasiswa mampu mengetahui masalah-masalah yang ada di lapangan berkaitan dengan disiplin ilmu masing-masing.

Apalagi sumber daya manusia atau lulusan perguruan tinggi di Indonesia kebanyakan masih kurang memiliki ilmu praktik kerja, sehingga, tenaga-tenaga kerja lokal tidak bisa langsung siap pakai. Sehingga beliau ingin mengubah sistem tersebut untuk lebih memberikan peluang kerja kepada tenaga diploma, sejalan dengan program vokasi yang mulai digencarkan pemerintah.

Sementara ada 68 perusahaan BUMN dengan 2.734 posisi yang memberikan program magang.  Dan sebanyak 2.700 mahasiswa dari 25 Perguruan Tinggi Negeri/Swasta (PTN/PTS) di Indonesia yang mengikuti program ini.

Dimana ada lima kloter yang bisa diikuti. Kloter pertama pada Mei ini, kloter kedua pada Januari 2019, kloter ketiga pada Juli 2019, kloter keempat Januari 2020, dan sampai periode 2020 ditargetkan 20 ribu mahasiwa bisa bergabung dalam program ini.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

arka

Surabaya - Kupang

“#SuccessBefore30”