Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Tembus Badai, Gerbong Kereta Baru MRT Asal Jepang Tiba Di Jakarta

Setelah mengarungi lautan selama hampir 30 hari, dan sedikit molor dari jadwal kedatangan, dua trainset atau r12 rangkaian kereta MRT Jakarta akhirnya tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta kemarin, Rabu, 4 April 2018. Kereta MRT yang dikirim dari Pelabuhan Toyohashi di Jepang itu tiba di Priok pada subuh pagi tadi.

Dua rangkaian kereta MRT Jakarta yang terdiri dari 12 gerbong kereta tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta hari ini, Rabu, 4 April 2018.  Gerbong kereta tersebut diantarkan langsung dari Jepang menuju ke Indonesia menggunakan kapal Ellensborg. Proses penurunan kereta itu dari kapal kargo akan dilakukan hari ini pada Kamis, 5 April 2018.

Kemudian dilanjutkan untuk proses pengiriman ke Depo Lebak Bulus dengan menggunakan multi-axle trailer menuju ke Depo Lebak Bulus, Jakarta Selatan.Pengiriman selanjutnya akan dilanjutkan pada 8 April 2018 karena kepadatan lalu lintas.

Kereta MRT Jakarta adalah kereta baru yang dibuat oleh perusahaan kereta api Nippon Sharyo, Jepang. Untuk empat belas set rangkaian berikutnya akan mulai dikirim pada akhir Juni dan ditargetkan pada akhir Oktober seluruh enam belas set rangkaian kereta MRT Jakarta akan tiba di Jakarta dan disiapkan untuk mengikuti rangkaian proses uji coba pengoperasian.

Pada fase 1 ini, PT MRT Jakarta menyiapkan enam belas set rangkaian kereta di mana empat belas set rangkaian akan dioperasikan dan dua set akan disiagakan sebagai cadangan. Total ada 22 gerbong yang tiba di pelabuhan tersebut.

Untuk diketahui, MRT Jakarta akan beroperasi pada pukul 05.00 pagi hingga 24.00 WIB dengan rentang waktu antar kereta lima menit pada jam sibuk. Harapannya, dengan hadirnya MRT Jakarta adalah terobosan baru bagi transportasi publik di kota. Tidak hanya untuk meningkatkan mobilitas, MRT juga akan memberikan manfaat tambahan, seperti perbaikan kualitas udara karena mengurangi polusi dan salah satu solusi mengatasi kemacetan.  Dengan adanya perubahan gaya hidup masyarakat Jabodetabek yang beralih dari penggunaan kendaraan pribadi ke transportasi publik.

.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

arka

Surabaya - Kupang

“#SuccessBefore30”