Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Tingkatan "hardcore" Jurusan-Jurusan di Teknik

Fakultas Teknik memiliki tradisi yang gak dimiliki oleh fakultas lain. Tentu tradisi ini ada baik dan ada buruknya. Namun yang kita bahas disini baik-baiknya aja yaa :D

Tentu sudah jadi rahasia umum kuliah di Teknik itu keras dan bisa dibilang "hardcore"

Apa yang bikin hardcore? Tentu banyak, yakni dari perkuliahannya, tugasnya, praktikumnya, laporannya, kegiatan pengkaderannya (ini yang paling bikin momok) dan tubesnya.

Lalu apakah tingkat hardcorenya tiap jurusan sama saja? Tentu beda. Tingkat hardcore ini sangat ditentukan jurusan-jurusannya. Karena selain karena tuntutan pekerjaan nantinya setelah lulus, juga karena tradisi yang dibawa oleh pendahulu-pendahulunya.

1. Teknik Mesin

Sudah terkenal dikalangan kampus, jurusan ini yang paling bikin geram anak jurusan-jurusan lain. Bahkan ga hanya anak fakultas lain seperti hukum, mipa, ekonomi, tetapi jurusan di fakultas teknik sendiri juga suka "cekcok" dengan jurusan dengan logo M ini. Bagaimana tidak, kekompakan dengan atribut-atributnya terkadang membuat jurusan lain iri dan panas setiap anak mesin jargon dan yel-yel lagu sarkas. Hal ini tidak kebetulan, sebab tuntutan perkuliahannya juga cukup hardcore. Mulai dari praktikum bengkel hingga tugas dan laporan nya yang gak akan pernah berhenti. Sehingga kegiatan ini terkadang bikin mental mereka jadi gak manja dan keras kalo diluar. Ditambah lagi jumlah cowoknya yang lebih banyak ketimbang ceweknya yang perbandingannya 10:1. Sehingga banyak yang bilang, cewek di teknik mesin seperti halnya ratu ditengah hutan rimba.

2. Teknik Elektro

Jurusan kedua Ter-hardcore ditempati oleh teknik elektro. Mengapa? Karena jurusan ini yang paling sering cek-cok dengan jurusan teknik mesin. Haha. Ya selain itu jurusan ini memikiki budaya yang tak jauh beda dengan teknik mesin. Sebab jika anak elektro tak memahami mekanik bisa dibilang buta. Begitupun anak mesin kalo gak paham elektrik dibilang tuli. Itulah mengapa budaya mereka hampir sama. Begitupun budaya kerjanya di lapangan dan bengkel yang lumayan keras. Mereka berkutat dengan listrik baik arus dan tegangan. Belum lagi projek-projek yang mengharuskan mereka bekerja di malam hari hingga pagi hari karena tak ada waktu lain diluar kuliah.

3. Teknik Pertambangan

Jurusan ini terkenal hardcore karena kegiatan lapangannya yang lumayan keras. Bagaimana tidak, mereka harus sering panas-panasan praktikum diluar kelas baik di tambang terbuka atau tambang bawah tanah. Apalagi ketika Praktik Lapangan yang harus mengoperasikan mesin-mesin tambang yang besar, begitupun alat-alat beratnya yang super besar. Mulai dari excavator, dump truck, wheel loader, belt conveyor hingga dragline. Sehingga pengkaderannya pun juga keras. Mereka  diharamkan manja dan diharuskan memiliki mental yang kuat dengan berbagai tekanan dan masalah. Tapi jangan salah, anak tambang bakal jadi orang sukses setelah lulus nanti. Apalagi gajinya yang terkenal gede dan mapan walaupun masih freshgraduate.

4. Teknik Sipil

Jurusan ini adalah jurusan paling favorit di kalangan Teknik. Karena peminatnya juga seimbang antara laki-laki dan perempuannya. Namun jangan salah, jurusan ini juga terkenal hardcore. Bagaimana tidak, di sipil terkenal dengan mahasiswa zombie yang selalu berkutat dengan gambar teknik dan gambar bangunan. Tiap kuliah bawaannya alat gambar dan tabung gambar. Bahkan tuntutannya gak hanya disitu, mereka juga diharuskan berkutat dengan pekerjaan lapangan seperti mengukur bangunan, mulai dari pengukuran kordinat, elevasi pondasi, tiang pancang, dll. Jadi jangan heran kalo mereka sering ditemui di jalan-jalan membawa theodolit atau waterpass.

5. Teknik Informatika

Sudah rahasia umum anak jurusan teknik informatika sering diibaratkan anak termelek teknologi. Anak IT sering dianggap yang serba bisa. Mulai dari bahasa (java, c, php, html, python), jaringan hingga tukang servis (laptop, komputer, hp bahkan kulkas). Sehingga persepsi anak IT terbawa sebagai anak serba bisa, orang-orang selalu menyalahkan dengan kata pamungkasnya "lu kan anak IT"

Padahal sangat berbeda anak IT dengan tukang servis. Streotip inilah yang bikin anak IT kesel. Apalagi tuntutan perkuliahannya yang sangat padat. Tiada hari tanpa coding, tiada hari tanpa laporan. Pergi pagi pulang pagi.

6. Teknik Perkapalan

Teknik perkapalan ini juga terkenal hardcore dikalangan anak teknik. Apalagi ketika praktek di lapangan yang harus berkutat dengan bangunan kapal hingga permesinan kapal. Bisa dibilang jurusan ini sangat kompleks karna harus paham struktur perkapalan, mesin kapal hingga elektrik kapal. Mahasiswa jurusan ini juga berkutat dengan gambar teknik sama halnya dengan jurusan lain. Walaupun kuliahnya perkapalan, prospek kerja anak kapal juga bisa di alat berat lain bahkan di pesawat lho. Karena selain mampu menguasai berbagai bidang jurusan, basic mahasiswa di jurusan ini terkenal ulet, teliti, detil dan rasional. Tertarik dengan anak kapal?

7. Teknik Geologi & Geofisika

Di jurusan ini banyak orang yang salah mempresepsikan kalo jurusan ini sama. Padahal berbeda walaupun mirip. Urusannya sama-sama ngurusin bumi. Tapi bedanya kalo teknik geofisika ini mempelajari bumi dengan menggunakan pengukuran fisika di permukaan bumi. Trus apa bedanya dengan teknik Geologi ? Perbedaan utamanya terletak pada jenis data yang diperoleh. Di Geologi termasuk ilmu yang mempelajari bumi dengan melakukan penelitian langsung terhadap batuan , baik dari singkapan ataupun dari pengeboran, serta meneliti gambaran tentang struktur, komposisi, dan sejarahnya yang dapat dilakukan dengan beberapa analisis. Betapa beratnya ngurusi bumi ? Padahal perut bumi masih belum banyak dieksplore tapi sekarang lebih banyak ilmuwan yang meneliti luar angkasa. Pasti kedepan engineer geologi dan geofisika sangat dibutuhkan.

Mungkin itu dulu ya opini dan sudut pandang saya sebagai penulis. Jika ada yang kurang silahkan komen ya guys 😎

Source foto : ig @anakteknikindo

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

arka

Surabaya - Kupang

“#SuccessBefore30”