Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Tipe-Tipe Mahasiswa Teknik

Banyak orang berpikir mahasiswa teknik adalah mahasiswa yang memiliki kesibukan super padat terhadap rutinitas perkuliahan dibanding perkuliahan pada umumnya. Sehingga banyak yang mengira bahwa mahasiswa teknik adalah tipe-tipe mahasiswa yang kaku, anti sosial karena terlihat sibuk dan mantap mengejar masadepannya. Lalu apakah benar semua mahasiswa teknik seperti itu?

Jika dilihat-lihat, ada sebab dan akibat dari padatya rutinitas kuliah, tugas di kalangan Anak Teknik / mahasiswa teknik. Hal ini bisa dilihat dari segi penampilan, kebiasaan, pemikiran yang berbeda dibanding mahasiswa lain atau masyarakat pada umumnya. Apa saja? Mari kita ulas lebih dalam tipe-tipe mahasiswa teknik pada kesempatan kali ini.

1. Begadangers

Bukan mahasiswa teknik namanya kalo gak begadang. Melihat padatnya jadwal kuliah dan banyaknya tugas, project dan laporan dari dosen menambah deretan panjang derita Anak Teknik. Terlebih lagi bagi mahasiswa yang gemar mencari uang lewat project dari client. Tentu hal ini tidak bisa dikerjakan saat jam perkuliahan yang jadwalnya dari pagi sampai sore bahkan malam. Sehingga jalur begadang menjadi pilihan tepat untuk menyelesaikan tuntutan tersebut.

2. Anti Mandi-Mandi

Hal ini sangat berhubungan erat dengan point nomor 1, dimana para mahasiswa teknik yang biasanya begadang akan lebih sering bangun kesiangan. Padahal kuliah sering diadakan pada saat pagi, sehingga terburu-buru dan melupakan mandi menjadi pilihan yang tepat. Belum lagi kesibukan yang terus berlanjut hingga malam. Lalu kapan ya mandinya? hmmmm

3. Project/bisnis Everywhere

Adalah tipe mahasiswa yang jago cari uang dengan mengandalkan skill yang digeluti. Seperti contoh mahasiswa teknik informatika yang selalu mendapat tawaran pembuatan website, aplikasi dan perangkat software. Begitupun mahasiswa teknik mesin dan teknik sipil / arsitektur yang selalu menjadi desainer 3D. Dan mahasiswa elektro yang mampu membuat perangkat elektronik atau robotik untuk dijual belikan.

4. Mahasiswa Teknik-Sosial

Merupakan mahasiswa yang jago berorasi, kritis dan banyak memiliki teman.  Biasanya banyak bergabung di organisasi-organisasi kampus maupun luar kampus. Saking kritisnya dan mampu mempengaruhi orang, mereka sering membuat suatu diskusi dan kegiatan orasi di dalam maupun luar kampus terkait isu-isu sosial-politik. Lebih keseringan rapat ketimbang kerja kelompok bahas tugas dosen.

5. Gamers Sejati

Ditengah kepenatan tugas, laporan dan project, beberapa mahasiswa teknik selalu memilih games sebagai pelarian. Pasalnya game adalah barang yang marak dicari dan mampu membuat mereka sejenak melupakan segala beban pikiran.

6. Mahasiswa Teknik Romantis

Tak hanya anak sastra yang bisa membuat puisi indah dengan kata-kata yang mampu melelehkan pasangannya. Ternyata mahasiswa teknik juga bisa dan memiliki caranya sendiri. Contoh : "Kamu bagaikan pondasi bangunan dan tiang kolom dalam hatiku,yang selalu menopang secara vertikal dan menutupiku dari paparan matahari. Begitupun jumlah cintaku yang tak terkira seperti halnya angka dibelakang koma pada simbol phi. Sungguh besarnya cintaku seperti tegangan ekstra tinggi yang membentang antar gardu listrik dengan beban puncak melebihi daya mampu pembangkit listrik manapun." EAAAAAAA !!!!!!

7. Mahasiswa Teknik Selebgram

Menjadi selebgram khususnya bagi wanita di lingkungan fakultas teknik sangat berpotensi besar. Apalagi bagi kamu yang mempunyai paras cantik dan menawan. Tahu sendiri kana bagaimana lingkungan teknik yang gersang berisi lebih banyak cowok ketimbang cewek. Tentu akan menjadi keunikan tersendiri bagi kamu mahasiswi teknik.

8. Mahasiswa Teknik Inovasi

Mahasiswa teknik jenis ini akan lebih sering ditemukan di lab / bengkel jurusan. Bagaimana tidak, mahasiswa ini gemar sekali oprek atau meneliti dan membuat alat-alat inovasi. Mereka biasanya menjadi kebanggaan kampus dan jurusan karena sering menang di berbagai perlombaan inovasi dan karya tulis ilmiah.

9. Sok Didepan Adik Tingkat

Pengkaderan adalah momen integralistik antar angkatan di sebuah jurusan teknik. Biasanya momen ini menjadi ajang perkenalan kehidupan kampus dan jurusan oleh senior / kakak angkatan ke junior / adik angkatan. Dan biasanya pada momen ini akan muncul oknum-oknum kakak tingkat yang sudah merasa senior akan tiba-tiba muncul agar dikenal adik tingkatnya. Seperti lebih aktif kegiatan himpunan, sering muncul di kegiatan jurusan, dll padahal sebelumnya gak pernah.

10. Kunang-Kunang

Yakni Kuliah Nangkring- Kuliah Nangkring, entah nongkrong di warung, tidur di sekre, ninggal kuliah hingga titip absen karna males ketemu dosen killer atau hanya karna belum ngerjakan tugas.

Apapun tipe mahasiswa kalian, tetaplah laksanakan tanggung jawab dan kewajiban yang sudah ditangguhkan orang-orang yang menyayangi. Tak ada yang sulit, semua bisa diselesaikan jika kita mau menghadapi.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

arka

Surabaya - Kupang

“#SuccessBefore30”