Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

10 Kampus Politeknik Terbaik di Indonesia

Begitu banyak jumlah kampus politeknik yang ada di Indonesia, baik kampus politeknik negeri maupun swasta. Lalu kampus politeknik apa saja yang termasuk 10 besar terbaik di Indonesia?

Berikut 10 politeknik terbaik di Indonesia menurut Kemenristekdikti :

1. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)

PENS terdapat di Surabaya, Provinsi Jawa Timur. PENS berakreditasi A. PENS adalah satu-satunya politeknik yang mengkhususkan diri dalam bidang teknik elektro. PENS terkenal karena keunggulannya di bidang robotika terbukti dengan prestasinya dalam Kontes Robot Indonesia yang berhasil memenangkannya  berturut-turut hingga 12 kali.

2. Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri)

Politeknik Negeri Sriwijaya, adalah politeknik negeri yang terdapat di kota Palembang,Sumatera Selatan,Indonesia. Politeknik ini adalah Perguruan Tinggi yang termasuk dalam kategori bagus karena masuk dalam rank 56 versi webomatric.  Politeknik Negeri Sriwijaya saat ini berkerjasama dengan Departemen Kimpraswil membuka kelas kerjasama Program Diploma III dan Diploma IV Konsentrasi Perancangan jalan dan Jembatan (PJJ), dengan Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan membuka kelas kerjasama Jurusan Teknik Elektro Program Studi Teknik Listrik Konsentrasi Pembangkit Tenaga Listrik

3. Politeknik Negeri Semarang (Polines)

POLINES terdapat di Semarang, Jawa Tengah. POLINES berakreditasi A. Tersedia banyak pilihan jurusan di Polines yang dapat disesuaikan passion serta minat. Salah satu nilai plus Polines adalah pengadaan jalur kerjasama antara Polines dengan MSU (Management Science University) di Malaysia pada program studi teknik informatika dan program studi manajemen pemasaran.

4. Politeknik Negeri Malang (Polinema)

Polinema terdapat di Malang. Terdapat 7 pilihan jurusan dengan 19 program studi (untuk jenjang D3 dan D4) yang ditawarkan Politeknik Negeri Malang. Selain itu, Politeknik Negeri Malang juga menawarkan jalur masuk kerjasama dengan PT PLN Persero yang akan membantu kamu menjadi karyawan PT PLN langsung setelah lulus.

5. Politeknik Negeri Jakarta (PNJ)

Politeknik Negeri Jakarta telah tumbuh dan berkembang seiring dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan selalu melakukan evaluasi diri dan pengembangan kemitraan dengan berbagai lembaga, merupakan suatu komitmen kelembagaan sehingga setiap perubahan baik di sisi internal maupun eksternal. Politeknik Negeri Jakarta merupakan politeknik negeri yang menyelenggarakan program vokasi yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan SDM profesional di industri, baik industri jasa maupun industri manufaktur.

6. Politeknik Negeri Jember

Politeknik Negeri Jember menyelenggarakan pendidikan vokasional, yakni pendidikan yang mengarahkan kegiatan belajar mengajar pada pembentukan keahlian, keterampilan dan standar kompetensi yang spesifik, sesuai dengan kebutuhan pasar kerja, serta mempunyai kemandirian dalam berkarya dan berwirausaha dengan berdasar pada ilmu yang diperolehnya. Saat ini, Politeknik Negeri Jember memfokuskan diri terhadap pendidikan vokasional di bidang agribisnis / agroindustri.

7. Politeknik Negeri Bandung (Polban)

Politeknik Negeri Bandung sudah dipegang dosen berkualifikasi S1 hingga S3, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas pendidikan yang dihasilkan, apalagi Politeknik Negeri Bandung menjadi salah satu dari top 10 politeknik di Indonesia.  Politeknik Negeri Bandung juga membuka jurusan yang diperuntukkan bagi alumni D3 dengan pengalaman kerja minimal satu tahun untuk meneruskan studi pada program D4 PPL. Perkuliahan yang terdiri dari kuliah tatap muka dan pembelajaran berbasis elektronik tersebut akan membantu Anda mencapai gelar yang lebih tinggi.

8. Politeknik Negeri Lampung (Polinela)

Sejak 2 Agustus 2004 Politeknik Pertanian Negeri Lampung resmi berubah nama menjadi Politeknik Negeri Lampung, hal ini di karenakan rencana pengembangan Politeknik yang di masa datang dimana bidang studi yang di selenggarakan tidak lagi hanya di bidang pertanian namun juga dibidang lain seperti jurusan akuntasi, manajemen informatika, dan lain-lain.

9. Politeknik Negeri Medan (Polmed)

Politeknik Negeri Medan atau yang dahulu dikenal sebagai Politeknik Universitas Sumatera Utara (Politeknik USU) adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang terdapat di Kota Medan, Sumatera Utara, Indonesia. Politeknik Negeri Medan ini memiliki kampus yang bersebelahan dengan Universitas Sumatera Utara.  Politeknik ini menawarkan jalur masuk kerjasama dengan PT PLN Persero dan GMF Aeroasia yang akan membantu kamu menjadi karyawan di perusahaan tersebut langsung setelah lulus.

10. Politeknik Negeri Pontianak (Polnep)

Politeknik Negeri Pontianak atau biasa disingkat Polnep adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang terdapat di Kota PontianakKalimantan BaratIndonesia. Politeknik Negeri Pontianak merupakan sistem Pendidikan tinggi jalur profesional yang menekankan penguasaan dan pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk mendukung era industrialisasi. Beberapa jurusan yang ditawarkan seperti teknik elektro, arsitektur, teknik mesin, akuntansi dan lain-lain.

Yang harus diperhatikan sebelum memilih politeknik mana yang tepat yang akan kamu pilih lebih baik mulailah dengan mencatat apa yang kamu inginkan dan karir ke depannya. Hal tersebut tentu penting loh agar kamu bisa memiliki pandangan realistis tentang diri pribadi, motivasi dan apa yang ingin dicapai. Jadi tidak asal-asalan.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Dhea Gultom

Politeknik Negeri Medan

Medan

“do what you love and love what you do”