Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

4 Dampak Negatif Covid-19 Terhadap Mahasiswa Teknik

Karena pandemi covid-19 semua mahasiswa gak bisa ngampus seperti biasa gaes. Semuanya jadi serba online demi kesehatan agar tetap terjaga dan tidak terpapar virus, tapi kalau mahasiswa teknik kuliah online gimana jadinya ya? efektif gak ya kira-kira? apa aja sih dampak negatifnya covid-19 terhadap mahasiswa?

1. Gak Bisa Praktikum Atau Ngebengkel

Ini pasti jadi dampak negatif yang sangat utama nih semua mahasiswa teknik. Biasanya mahasiswa teknik pasti padat jadwal praktikum atau ngebengkel seperti ngelas, ngikir,dan lain-lain. Pastinya kurang efektif kan karena kita gak bisa ngelakuinnya secara langsung, gak mungkin ngelas online :D

Apalagi mahasiswa yang lebih suka praktik daripada teori pastinya tersiksa banget deh karena harus belajar teorinya doang tanpa praktik.

2. Gak Bisa Diskusi Langsung dengan Dosen dan Teman-Teman

Biasanya nih kalau kita belajar di kampus seperti biasa, apalagi kalau ada soal perhitungan atau mengenai prinsip kerja suatu alat dari dosen pasti kita sering diskusi bareng teman-teman sekelas untuk menyelesaikannya nanti tuh ada yang beda-beda hasilnya

"loh, kamu kok dapat 17 Kpa hasilnya, aku dapat 10 Kpa nih tekanannya"

"cara kamu ngerjainnya gimana kok bisa dapat 10 Kpa?"

"Turbin uap itu prinsip kerjanya gimana sih pak?"

Nah jika ada yang kurang paham kita bisa tanya langsung ke dosen. Sensasinya memang beda gaes, lebih lempang rasanya kalau diskusi langsung rame-rame bareng dosen.

3. Banyak Godaan

Kalau belajar online itu rasanya banyak godaan ya mulai dari game, sosial media seperti instagram, facebook, whatsapp dan lainnya. Kalau yang gak tahan godaan bakalan susah nih untuk fokus belajar. Jadi kadang ada tuh beberapa mahasiswa cuma absen doang pas kuliah online.

Coba kalau di kampus kan ada dosen yang mengawasi jadi setidaknya frekuensi tergoda terhadap game dan sosial media bakalan berkurang, apalagi kalau jumpa dosen killer beuhh pegang hp aja gak berani. Pokoknya beda deh sensasinya.

4. Nyusun Tugas Akhir/Skripsi Gak Efektif

Nah kalau ini khusus mahasiswa teknik tingkat akhir, kalian harus semangat hehe. Biasanya kalau mau nyusun TA itu sibuk banget kayak kadang bolak-balik ke tempat PKL untuk mastikan atau minta data yang kurang lengkap. Mau diskusi ke dosen pembimbing secara online juga kurang klop, kenapa gak klop? TA anak teknik itu pasti lekat dengan perhitungan, nah kurang klop kan diskusi tentang perhitungan lewat online. Apalagi nih kalau skripsi/TA nya itu bukan analisa tapi membuat alat (rancang bangun) duh gak kebayang deh ribetnya.

Mau cari referensi TA ke perpustakaan juga gak bisa, padahal di perpustakaan banyak banget buku referensi yang gak bisa dicari di internet, terhalang banget ya :(

Itu dia 4 dampak negatif covid-19 terhadap mahasiswa teknik. Walaupun begitu mahasiswa teknik harus tetap semangat yakk. Semoga wabah ini cepat berakhir dan bisa ngampus seperti biasanya.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Dhea Gultom

Politeknik Negeri Medan

Medan

“do what you love and love what you do”