Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

4 Tips Supaya Gak Malas Ngerjain Tugas Akhir

Rasa malas sering kali menyerang mahasiswa semester akhir yang sedang mengerjakan tugas akhir atau skripsi. Kalau kamu tetap malas hati-hati guys bisa-bisa tugas akhir kamu selesai dalam waktu yang lama.

Aku mau bagi-in tips ala aku sendiri hehe, siapa tau juga berguna untuk teman-teman supaya gak malas lagi nih buat ngerjain tugas akhirnya.

1.      Cari Tempat Nyaman/Asik Buat Ngerjain Tugas Akhir

Biasanya ada mahasiswa yang kalau ngerjain tugas akhir suka dikampus karena lebih ngerasain atmosfer belajar daripada di rumah. Tapi sebaliknya ada juga mahasiswa yang suka ngerjain tugas akhirnya di rumah, karena lebih ngerasa nyaman dengan kamar atau suka nyalain musik sambil mengerjakan tugas akhir.

Kalau kamu malas nih buat ngerjain tugas akhir di rumah atau di kampus, kamu juga bisa cari tempat yang menyenangkan, misalnya kalau kamu suka ngopi atau ngemil kamu bisa pergi ke cafe-cafe yang menyediakan kopi atau makanan, nah terus cari tempat yang agak sepi jadi kamu bisa fokus buat ngerjain tugas akhir.

2.      Jangan Tergoda

Godaan yang kita alami saat mengerjakan tugas akhir itu cukup banyak. Godaan tersebut bisa berupa media sosial, sangking asiknya melihat media sosial atau chatting kadang membuat kita jadi males buat ngerjain tugas akhir dan akhirnya ketiduran. Godaan lain bisa juga ketika kamu yang tidak JOMBLO lagi berantem sama pacarmu, wadaw kalau gitu mulai deh kamu males karena kamu sibuk galau dan mikirin itu terus hadehh. Godaan selanjutnya bisa juga nih berupa masalah keluarga  dan sebagainya yang buat kamu jadi mikirin itu terus. Ya dibalik tanggung jawab yang besar terdapat juga godaan yang besar.

Untuk mengatasi itu kalau misalnya media sosialmu lagi ramai, segera jauhkan smartphone mu, atau bisa kamu buat mode pesawat. Kalau lagi ada masalah kamu bisa cari tempat dimana kamu tidak kepikiran atas masalah yang kamu hadapi.

Ingat guys dengan berhasilnya kamu menyelesaikan tanggung jawab pertamamu yaitu menyelesaikan tugas akhirmu dan akhirnya wisuda pasti jadi obat penawar untuk setiap masalah.

3.      Pasang Target

Nah kalau kamu terus santai jangan-jangan nanti pun bab 1 kamu bisa-bisa gak siap dalam waktu yang lama, terus pas udah mau dikumpul barulah kamu mulai buru-buru dalam pengerjaan tugas akhirmu. Setiap hal yang buru-buru pasti hasil nya tidak baik, ketika kamu buru-buru akhirnya kamu copy paste langsung dari internet tanpa paham isinya.

Lebih enak sih kalau tugas akhir itu ya bahasa kita sendiri walau sumbernya dari internet sebaiknya sambil kita koreksi juga. Maka dari itu kamu harus punya target nih dalam diri kamu, misalnya kamu targetin nih bab 1 harus selesai dalam 10 hari, bab 2 harus selesai dalam seminggu dan seterusnya sesuai kemampuanmu. Jadi semua nya tetap teratur dan tugas akhir kamu selesai sesuai deadline.

4.      Cari Motivasi

Sebenarnya motivasi itu datang dari diri sendiri. Membahagiakan orang tua atau keluarga itu pasti jadi motivasi setiap mahasiswa.

Ada mahasiswa yang kalau ngeliat foto-foto wisuda alumni jadi termotivasi, ada yang ketika melihat temannya yang rajin dia jadi termotivasi, dan lain sebagainya.

Tapi kalau aku pribadi sih caraku motivasi diriku ya dengan hal kecil, kadang aku nempel sticky notes di laptop/meja belajar ku bertuliskan “Hey dhea, kalau kamu berhasil selesain bab 1 kamu nanti bisa nonton episode drakor waikiki selanjutnya loh”, hehe menurutku ya ini kurang baik sih motivasinya tapi ini berhasil untuk pribadiku karena aku pengen nonton film itu jadi aku termotivasi buat ngerjain tugas akhirku dulu. Tapi ingat jangan kebanyakan waktu nonton ya, harus seimbang. Siapa tau ada yang cocok dengan pribadiku jadi aku pengen bagiin caraku mencari motivasi hehe, siapa tau bisa berguna juga buat kalian. Tapi itu semua tergantung kalian, setiap orang punya motivasi tersendiri dalam menggapai sesuatu.

Semoga tips-tips dariku bisa berguna bagi kalian wahai mahasiswa dunia lain yang sedang mengerjakan tugas akhir. Semangat !!!

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Dhea Gultom

Politeknik Negeri Medan

Medan

“do what you love and love what you do”