Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

5 Alasan Kenapa Perusahaan Lebih Mengutamakan Cowok Teknik Daripada Cewek Teknik

Hampir semua cewek teknik pasti merasakan ini, setiap lihat lowongan kerja di perindustrian/proyek atau yang berhubungan dengan jurusan teknik pasti perusahaannya lebih mengutamakan cowok, cuma sedikit cewek yang diminta. Itu yang membuat banyak cewek teknik juga gak bekerja sesuai bidangnya, Berikut 5 alasan kenapa perusahaan lebih mengutamakan cowok teknik daripada cewek teknik

1. Pria Lebih Kuat Fisiknya Dibanding Cewek

Rata-rata kekuatan pria pasti lebih kuat dibandingkan dengan wanita, maka dari itu perusahaan mengutamakan pria untuk mengerjakan pekerjaan yang beresiko tinggi dan membutuhkan tenaga yang besar. Bukan karena wanita gak mampu tapi perusahaan menganggap lebih efisien kalau pria di lapangan.

Tapi that's okay kok kalau kamu adalah cewek teknik yang bisa mengimbangi keefektifan bekerja seperti pria dan bisa menunjukkannya pada perusahaan, perusahaan pasti tetap memperkerjakan kamu. Itulah kenapa di lowongan kerja pada umumnya "diutamakan laki-laki" bukan berarti "wanita dilarang mendaftar"

2. Pria Biasanya Bekerja Dalam Waktu Lama dan Bisa Dimana Saja

Pekerjaan perindustrian atau proyek biasanya ditempatkan di tempat pelosok-pelosok dan itu juga dalam waktu yang cukup lama tidak berjumpa dengan keluarga. Biasanya wanita tidak sanggup untuk ditempatkan di pelosok dan gak jumpa keluarga dalam waktu yang cukup lama, apalagi wanita yang sudah berkeluarga.

Yang aku maksud pria bisa bekerja dalam waktu lama adalah pria bisa berpuluh tahun bekerja di perindustrian, sedangkan wanita pada umumnya akan resign jika sudah berkeluarga atau ingin menikah. Banyak wanita biasanya bekerja 7 atau 8 tahun saja lalu menikah dan memilih menjadi ibu rumah tangga.

3. Wanita Dianggap Lebih Cocok di Pekerjaan yang Membutuhkan Ketelitian

Perusahaan perindustrian atau proyek biasanya juga minta wanita kok tapi dikit banget dan itu pun bukan untuk diperkerjakan di lapangan namun mereka tetap ambil wanita yang background nya jurusan teknik. Biasanya cewek teknik di perindustrian/proyek bekerja sebagai document controller, penerjemah atau di laboratorium, karena wanita dikenal dengan ketelitian dan kerapian dalam bekerja. Tapi ada juga kok yang di lapangan (karena wanita nya sanggup dan bisa mengimbangi pria)

4. Wanita Banyak Cutinya

Wanita dalam bekerja biasanya bakal punya cukup banyak cuti, cuti menstruasi, cuti setelah melahirkan dan lainnya. Beda dengan pria yang tidak mempunyai cuti-cuti tersebut dan bisa tetap bekerja sesuai roster. Apalagi jika wanita tersebut melahirkan, maka tidak akan bekerja atau cuti dalam waktu yang cukup lama.

5. Pria Cenderung Pakai Logika, Sedangkan Wanita Cenderung Pakai Perasaan

Dalam bekerja tidak bisa dipungkiri kebanyakan pria lebih memakai logika daripada perasaan. Jika dalam bekerja pria biasanya berpikir logis dalam mengambil keputusan, tidak membawa masalah pribadi saat bekerja dan cenderung lebih tegas, sedangkan wanita pada umumnya menggunakan perasaan sehingga lebih halus dan biasanya jika wanita diajak bekerja sama dengan orang yang mempunyai masalah pribadi dengannya itu menjadi sulit, wanita sulit membedakan antara pekerjaan dan masalah pribadi.

6. Kalau Wanita Suka Kerja Sambil TikTok an

Kalau ini tanya aja ke diri masing-masing ya wkwk

Walaupun begitu kamu cewek teknik jangan berkecil hati, walaupun nantinya bekerja tidak sesuai bidangmu tidak apa-apa, itu tak sia-sia kok. Karena gak selamanya pekerjaan kita akan sesuai jurusan atau bidang kita. Selagi pekerjaan tersebut halal dan hasilin duit yang pas untuk kamu gas terusss.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Dhea Gultom

Politeknik Negeri Medan

Medan

“do what you love and love what you do”