Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

5 Jurusan Teknik dan Anggapan Masyarakat, Pernah Jadi Korban Salah Kaprah ?

Jurusan teknik di Indonesia cukup banyak jenisnya. Ada teknik mesin, teknik sipil, teknik informatika dan lain-lain. Tapi terkadang masyarakat suka salah kaprah ketika mendengar jurusan kita. Salah kaprahnya itu gimana sih? apa kamu merupakan salah satu anak teknik yang juga pernah jadi korban salah kaprah dari masyarakat? simak artikel dibawah ini ya

1. Teknik Sipil

"ambil jurusan apa nak?"

"Teknik Sipil om"

"Wah bagus dong nanti tamat langsung jadi PNS (Pegawai Negeri Sipil)"

antek sipil : "@#*@#%, bu..bukan om itu udah beda"

Banyak banget antek sipil yang jadi korban salah kaprah dikira mereka PNS karena kata 'sipil' padahal teknik sipil itu yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun atau merenovasi gedung & infrastruktur, bukan hanya gedung  & infrastruktur tapi termasuk jalan, jembatan, bandara, bendungan dan banyak lagi. Biasanya lulusan teknik sipil ini bisa jadi kontaktor.

2. Teknik Mesin

"Setelah lulus nanti buka bengkel ya dek?"

"Kamu kan teknik mesin, bisa bagusin pompa air aku dirumah gak?'

"Kamu bisa benerin motorku gak?"

Karena namanya teknik mesin, masyarakat sering ngira anak teknik mesin jago ngutak-atik mesin apapun itu. Padahal, kenyataannya ilmu di teknik mesin sangat beragam.  Teknik Mesin pun terbagi lagi, ada yang teknik mesin produksi, maintenance dan konversi energi. Dalam kuliah teknik mesin gak cuma belajar tentang permesinan tapi juga belajar termodinamika, mekanika fluida, perpindahan panas, dan lain-lain. Jadi, belum tentu yang semua anak teknik mesin itu paham banget tentang dunia otomotif. Adapun yang jago otomotif itu bisa jadi karena memang hobi dengan otomotif.

3. Teknik Elektro

"Benerin TV ku dong zul? rusak tuh"

"Benerin AC ku dong, AC ku gak dingin lagi"

Karena jurusan yang berkaitan dengan listrik, antek elektro sering disuruh jadi servis alat elektronik sama masyarakat gaes. Bener gak sih semua antek elektro itu bisa benerin barang elektronik? menurutku gak semua sih bisa begitu. Karena antek elektro bukan berfokus untuk mempelajari cara memperbaiki barang elektronik, tapi lebih belajar tentang pendistribusian listrik untuk masyarakat, instalasi, pengukuran dan instrumentasi. Menurut antek elektro yang lain gimana?

4. Teknik Informatika

"Sil, kau bantu dulu aku hack in whatsapp nya pacarku, aku mau tau dia selingkuh atau gak, kalau ketauan dia selingkuh, retak empedunya ku buat"

"Kok internetku lemot ya"

"Benerin laptop aku dong"

"Tau laptop yang bagus tapi murah?"

Nah kalau anak teknik informatika sering juga dianggap sebagai tukang reparasi sama seperti teknik elektro dan teknik mesin, tapi masyarakat menganggap teknik informatika sebagai tukang reparasi gadget, seperti laptop, install ulang windows sampe disuruh ngehack akun sosial media orang lain. Padahal anak IT itu bukan belajar itu, mereka belajar membangun website, coding dan multimedia application.

5. Teknik Nuklir

"Jurusan teknik nuklir ya mas? mau buat bom ya?"

"Ih nuklir bahaya loh, kamu bisa mandul nanti"

Kalau dengar jurusan teknik nuklir masyarakat sering anggap kalau kuliah di teknik nuklir itu belajar untuk membuat bom, padahal di teknik nuklir itu belajar mengenai fenomena reaksi nuklir. Lulusan teknik nuklir biasanya bisa bekerja di bagian radiologi rumah sakit dan bisa juga bekerja di pembangkit listrik tenaga nuklir di luar negeri seperti USA dan Jepang karena di Indonesia pembangkit tenaga nuklir belum ada. Nah untuk anggapan masyarakat mengenai "mandul" itu gak kok gaess, semua jurusan itu pasti ada resiko bahayanya, selama kamu tetap memperhatikan K3 itu gak akan terjadi. Sama halnya dengan teknik mesin dan elektro yang bisa mengakibatkan kecelakaan pada diri sendiri kalau gak memperhatikan K3.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Dhea Gultom

Politeknik Negeri Medan

Medan

“do what you love and love what you do”