Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

5 Jurusan Teknik yang Jarang Dipublish

Berikut 5 jurusan teknik yang jarang dipublish atau jarang diketahui oleh masyarakat, namun mereka sangat dibutuhkan. Apa saja itu? Check this out!

1. Teknik Biomedik

Teknik Biomedik atau Biomedical Engineering adalah suatu teknik terapan dalam bidang medis/kedokteran yang membutuhkan berbagai macam disiplin ilmu dalam penguasaan terhadap materi-materinya yang meliputi pengaplikasian teknik dan prinsip teknik dalam bidang medis atau kedokteran. Jurusan ini menggabungkan kemampuan desain dan pemecahan masalah seorang insinyur terhadap ilmu medis dan biologis, karena menggabungkan beberapa jenis elemen-elemen teknik dan kedokteran yang bertujuan untuk meningkatkan tingkat kesembuhan pasien dan kesehatan seseorang secara umum. Pada jurusan ini akan mempelajari ilmu pengetahuan serta teknik-teknik dasar, yang meliputi hal hal sebagai berikut: ilmu dasar elektronika dan komputer, anatomi tubuh, ilmu faal, ilmu fisika medis, biomedical tranduser serta instrumentasi, desain sistem dan proyek biomedical. Teknik Biomedik juga melibatkan pembelajaran seputar dunia biologi dengan cara yang baru dan diharapkan sekali untuk d apat mengembangkan peralatan atau metode-metode baru untuk memudahkan diagnosis dan ilmu pengobatan, serta untuk memperbaiki organ/ bagian badan yang sakit pada tubuh manusia.  Jurusan ini bisa kamu jumpai di UI, ITB, UNAIR dan ITS.

2. Teknik Pertanian dan Biosistem

Pada program studi Teknik Pertanian dan Biosistem kamu akan belajar pertanian dari sisi engineering nya, yang artinya, disini kamu akan mempelajari alat-alat permesinan yang digunakan dalam kegiatan pertanian. Pastinya jika sudah menyangkut "teknik" akan berkaitan dengan gambar teknik, instrumentasi, dan pemrograman. Pastinya juga nggak akan lepas dari ilmu agronomi. Intinya ilmu keteknikan ini nantinya akan diterapkan dalam dunia pertanian. Disini kamu akan mempelajari, mengembangkan, bahkan menciptakan teknologi yang bisa mempermudah dan meningkatkan hasil pertanian. Contoh inovasi dalam teknik pertanian adalah teknik hidroponik seairbagai media baru dalam penanaman, transplanter untuk penanaman padi agar lebih cepat, hingga sumber energi hayari yang berasal dari tumbuh-tumbuhan untuk memecahkan krisis energi. Jurusan ini bisa kamu jumpai di UGM, UNPAD, USU, IPB dan masih banyak lagi.

3. Teknik Pengairan

Program studi Teknik Sumberdaya Air atau yang juga dikenal dengan nama Teknik Pengairan adalah sebuah prodi yang mempelajari ilmu-ilmu teknik sipil dalam perencanaan, desain, pengoperasian, serta pemeliharaan bangunan air yang berkaitan dengan sumberdaya air. Contoh bangunan air yang dimaksud adalah pembangkit listrik tenaga air, bangunan irigasi dan drainasi pada persawahan, sistem drainase perkotaan dan bangunan, waduk, dan lainnya. Di prodi ini kita juga akan belajar tentang teknik pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya air yang benar, dan pengelolaan dampak lingkungan dan pencemaran sumberdaya air. Program studi ini bisa dibilang multidisiplin karena meliputi ilmu Teknik Sipil, Planologi, Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG), termasuk Pertanian. Jurusan ini dapat kamu jumpai di ITB dan UNIBRAW.

4. Teknik Pengecoran Logam

Teknik Pengecoran Logam adalah teknik pembuatan produk dimana logam dicairkan dalam tungku peleburan kemudian di tuangkan kedalam rongga cetakan yang serupa dengan bentuk asli dari produk cor yang akan dibuat. Apalagi zaman sekarang ini nih logam itu sangat dibutuhkan dalam pembuatan benda. Jurusan ini dapat kamu jumpai di Politeknik Manufaktur Bandung (POLMAN).

5. Teknik Perpipaan

Program studi Teknik Perpipaan adalah sebuah prodi di bidang teknik yang mempelajari bidang rekayasa perpipaan serta aplikasinya di bidang maritim dan industri. Mahasiswa program studi ini secara spesifik mempelajari pipa, mulai dari material, desain, analisa desain dan manajemennya. Belajar tentang perpipaan bisa jadi sangat menarik lho, gaes. Kamu nggak cuma hanya akan mempelajari seluk-beluk sistem pipa untuk bangunan kecil, tapi kamu juga akan mengkaji bagaimana penerapannya di industri besar seperti industri perminyakan dan maritim. Bayangkan sebuah sistem pipa yang kompleks di bawah laut, bagaimana cara merancangnya, bagaimana cara merawatnya, hingga bagaimana cara menanggulangi masalah yang kemungkinan akan terjadi terhadap sistem pipa tersebut. Jurusan ini dapat kamu jumpai di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Dhea Gultom

Politeknik Negeri Medan

Medan

“do what you love and love what you do”