Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Apa Sih Bedanya Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik dan Akademi ?

Jenis perguruan tinggi di Indonesia dibagi jadi 5 bagian yaitu Universitas, Institut,Sekolah Tinggi, Politeknik dan Akademi. Udah pada tau perbedaan-perbedaannya?

Ini informasi penting terkhusus buat yg akan menjadi mahasiswa tahun ini, ini perlu kalian ketahui guys jadi bisa referensi dalam memilih kampusmu nantinya.

1.      Universitas

Universitas adalah jenis perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan. Hampir semua jenis ilmu pengetahuan ada di universitas. Misalnya rumpun ilmu humaniora (filsafat, sejarah, bahasa, dan sebagainya), rumpun ilmu sosial (sosiologi, psikologi, ekonomi, dan sebagainya), rumpun ilmu terapan (pertanian,  arsitektur, teknik, bisnis dan sebagainya).

2.      Institut

Institut hampir sama dengan universitas , namun bedanya institut rumpun ilmunya lebih terbatas dibanding universitas. Misalnya Institut Teknologi Bandung (ITB) hanya fokus pada rumpun ilmu alam sehingga fakultas-fakultas di ITB kebanyakan terkait dengan ilmu alam seperti ilmu angkasa, ilmu kebumian, ilmu fisika dan lain sebagainya.

3.      Sekolah Tinggi

Sekolah tinggi merupakan perguruan tinggi yang hanya menyelenggarakan pendidikan di satu rumpun ilmu pengetahuanatau teknologi tertentu. Misalnya, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi hanya menyediakan jurusan-jurusan dari fakultas komunikasi seperti penyiaran, periklanan, dan lain-lain.

4.      Politeknik

Politeknik adalah sekolah tinggi yang hanya menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam berbagai rumpun ilmu pengetahuan guys. Misalnya rumpun ilmu rekayasa (teknik elektro, teknik mesin, teknik konversi energi, dn lain-lain), rumpun ilmu tata niaga (akuntansi, banking, dan administrasi bisnis).Tujuan polteknik sendiri adalah agar lulusannya fokus mempraktikkan keahliannya.

5.      Akademi

Akademi adalah perguruan tinggi dalam pendidikan vokasi yang hanya menjalankan program pendidikan pada satu cabang ilmu saja. Misalnya, akademi kebidanan, akademi kepolisian, akademi keperawatan dan lain-lain.

Untuk yang akan menjadi mahasiswa tahun ini, ayo pilih yang mana nih guys? Sesuaikan dengan minat dan kemampuan kamu ya.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Dhea Gultom

Politeknik Negeri Medan

Medan

“do what you love and love what you do”