Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Bisa Gak Makan Mie Instan Saat Sahur ?

Kita udah gak asing lagi kan sama mie instan, hampir semua orang suka banget dengan mie instan, selain aroma dan rasanya yang enak, mie instan juga gampang disajikan apalagi pas sahur saat mata lagi berat banget buat bangun dan masak. Tapi apa bisa gak sih sahur pakai mie instan? Simak artikel dibawah ini.

1. Mie Instan Buat Kita Cepat Haus

Mie instan itu mengandung kadar garam yang tinggi, nah kadar garam yang tinggi dapat membuat kamu cepat haus dari biasanya, apalagi mie instant mempunyai penyedap MSG yang makin membuatmu cepat haus. Karena sifat garam itu menarik cairan. Semakin haus, semakin dehidrasi dong kamu saat puasa.

2. Mie Instan Cuma Bikin Kenyang Sementara

Mie instan itu kan terbuat dari tepung, sedangkan tepung adalah jenis gula sederhana yang mudah banget dicerna sama tubuh, kamu cuma kenyang sebentar aja, kemudian itu akan membuatmu lapar lagi dalam waktu yang singkat. Bayangin aja puasa 12 jam pasti kamu ada keluarin tenaga, sedangkan yang kamu makan saat sahur cuma mie instant, yang ada kamu bakal lemas nahan lapar.

3. Kalori dalam Mie Instan Lebih Tinggi dari Nasi

Mie instan juga tinggi banget loh kalori nya. Mie instan dengan berat 70 gram itu mengandung 370 kalori, sedangkan dengan berat yang sama nasi hanya mengandung 91 kalori. Berarti jelas banget dong ya kalori mie instan empat kali lebih tinggi dari kalori pada nasi. Kalori yang terlalu tinggi itu gak bagus gaes, kalori tinggi bisa menyebabkan obesitas, penyakit jantung, dan lain-lain. Kalau kamu sering makan mie instan bisa-bisa berat badan kamu gak terkontrol.

4. Jadi Boleh Gak Konsumsi Mie Instan Saat Sahur ?

Jawabannya boleh-boleh saja tapi ada syaratnya gaes. Syaratnya kamu lagi dalam keadaan mendesak dan kamu bisa memasak mie instan dengan menambah bahan lainnya untuk mencukupi nutrisi yang akan membantumu tetap fit selama menjalani puasa. Bahan lainnya yaitu yang mengandung zat besi, vitamin, mineral dan antioksidan seperti sayuran sawi, wortel, mentimun, tomat, bayam dan lainnya, jika kurang kamu bisa menambah ikan, daging sapi atau daging ayam, telur untuk memenuhi kebutuhan lemak dan proteinmu. Tapi utamakan sayuran ya, itu penting banget berkhasiat untuk menjaga kesehatanmu. Jadi puasa kamu bisa lebih efektif.

Tapi ingat gaes walaupun kamu mengkonsumsi mie instant dengan sayuran dan lain-lain, tetap gak baik kalau kamu konsumsi mie instant terlalu sering atau berlebihan. Karena setiap sesuatu yang berlebihan itu gak baik, termasuk mencintai orang berlebihan, abis itu ditinggal, sakit coeg huhuhu.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Dhea Gultom

Politeknik Negeri Medan

Medan

“do what you love and love what you do”