Yuk berkontribusi, menjadi akselerator IPTEK anak bangsa !

Breaking News

Ilmu MIPA VS Ilmu Teknik

Apa sih bedanya ilmu di fakultas MIPA dengan ilmu di fakultas teknik? Pernah ga sih kamu bertanya-tanya apa sih bedanya jurusan Kimia dengan Teknik Kimia? Jurusan Fisika dengan Teknik Fisika? Nah disini aku akan kasih beberapa info agar kamu tau bedanya.

1. MIPA atau Sains Adalah Ilmu Murni

Ilmu murni? Emangnya ada tuh ilmu yang gak murni? Bukan guys. Maksudnya, ilmu sains adalah ilmu dasar dan mahasiswa jurusan MIPA belajar dasar-dasar dari ilmu tersebut. Lalu harus diingat, tujuan dari pembelajaran MIPA adalah untuk riset pengembangan ilmu sains.

2. Teknik Adalah Ilmu Terapan

Sementara itu, jurusan teknik adalah ilmu terapan . Dengan kata lain mahasiswa Teknik harus menerapkan dasar-dasar ilmu sains dan menghasilkan suatu hal. Misalnya, mahasiswa Kimia harus bisa mengolah bahan mentah menjadi produk jadi menggunakan proses kimiawi. Bisa dibilang, ilmu teknik adalah ilmu rekayasa untuk menciptakan sesuatu. Meski begitu, proses rekayasa ini menerapkan dasar-dasar ilmu sains. Gak mungkin dong, mahasiswa Kimia mengolah kelapa sawit menjadi sabun lewat proses kimiawi, tanpa paham dasar ilmu kimia? Atau gak mungkin dong mahasiswa Teknik membangun ruangan anti gema dari triplek, karena dia gak tau kalau triplek bukan peredam bunyi?

3. Meski Berbeda, Keduanya Saling Membutuhkan

Ilmu MIPA ibarat si cewek dan Ilmu Teknik ibarat si cowok, mereka saling membutuhkan jadi gak bertepuk sebelah tangan kayak kisah cinta kalian hehehe (ups maaf bagi yang merasa). Dalam membangun teknologi,teknik dasarnya menggunakan ilmu sains. Sementara itu, riset di bidang sains diarahkan agar seiring dengan perkembangan teknologi. Nih aku kasih contoh agar kamu lebih paham ya;

Misalnya, ada mahasiswa Fisika dan mahasiswa Teknik Fisika mau membuat microwave. Si anak Fisika paham tentang gelombang dan listrik di jurusannya, tetapi dia gak tau bagaimana prinsip perancangan alat. Untungnya, si anak Teknik Fisika paham gambar teknik dan design sistem di jurusannya. Nah mereka bisa saling melengkapi kan? kayak kamu sama doi saling melengkapi, unchhh :)

4. Mahasiswa MIPA Dituntut Selalu Penasaran, Mahasiswa Teknik Dituntut        Inovatif

Karena mahasiswa MIPA lebih banyak melakukan riset, maka rasa penasaran mereka sangat diperlukan. Memang, pada intinya sains adalah tentang mengeksplorasi alam semesta dan potensinya. Seorang ilmuwan harus selalu bertanya "Kenapa?"

Sementara itu mahasiswa Teknik harus selalu inovatif dan praktikal. Rasa penasaran tetap diperlukan, tetapi jiwa inovasi dan kreasi lebih diperlukan lagi. Hasil pembelajaran anak Teknik adalah alat atau prototipe.

Begitulah kira-kira penjelasannya guys. Kalau kamu tertarik untuk menciptakan suatu alat atau teknologi ya jurusan Teknik tempatnya. Kalau kamu lebih suka kegiatan eksplorasi, MIPA adalah tempatnya.

ARTIKEL TERKAIT

Profile Kontributor

Dhea Gultom

Politeknik Negeri Medan

Medan

“do what you love and love what you do”